Home / Sejarah / Ratusan Pelajar Serbu Museum Vredeburg

Ratusan Pelajar Serbu Museum Vredeburg

Museum Vredeburg121213334343
Foto: Ilustrasi (Dok.Okezone)

YOGYAKARTA – Museum Benteng Vredeburg di Jalan Ahmada Yani,Gondomanan, Yogyakarta diserbu ratusan pelajar. Pelajar tingkat SD sampai SMA tersebut hadir dalamevent Vredeburg Fair, yang dibuka hari ini hingga 12 Oktober 2015.

Para pelajar tampak kagum melihat koleksi yang dipajang dalam museum. Apalagi, pemandu museum menceritakan historis koleksi yang dilihat, serta alur cerita sejarah perjalanan para pahlawan pejuang kemerdekaan.

Pameran Vredeburg Fair ini dibuka Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kacung Marijan. Dia menyampaikan, museum memiliki peran multifungsi, yakni sebagai pelestarian, penyajian, pemanfaatan, hingga pengembangan sejarah dan budaya.

“Pameran ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan museum yang sekaligus sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi dan promosi keberadaan museum kepada masyarakat,” kata Kacung, Kamis (8/10/2015).

Khususnya, lanjut dia, bagi generasi muda seperti pelajar. Perlu ada kerja sama yang baik antara pengelola museum dengan semua lapisan masyarakat, baik itu dari pemerintahan maupun nonpemerintah.

“Selain menyajikan, tugas dan fungsi museum sebagai sumber informasi dalam dunia pendidikan, sehingga dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda dalam meneruskan perjuangan,” tuturnya.

Dia mengimbuhkan, yang tak kalah penting agar masyarakat dan para pelajar dapat mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, juga museum lainnya.

Sementara itu, tujuan lain dari gelaran ini, yakni untuk menyambut Hari Nasional Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2015. Selain pengelola dari Vredebrug, beberapa pengelola museum juga turut ambil bagian dalam memamerkan koleksi-koleksinya, seperti dari Museum Lukis Basoeki Abdoellah Jakarta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, dan Museum Sumpah Pemuda Jakarta.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate juga unjuk gigi dalam pameran, kemudian dari Museum Bank Indonesia, Monumen Pers Nasional Surakarta, serta Museum Olahraga Nasional TMII Jakarta. Tak ketinggal juga Komunitas Sepeda Tua ‘Podjok’, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka menyajikan yang terbaik dari koleksi yang dipajang. (ira)

(rfa)
Sumber: Okezone – News Via BaBe

Lihat Juga

Thumbnails

Ini dia… Tempat Terbaik Untuk Berlibur di Yogyakarta

Sorotan alam, budaya, dan sejarah Yogyakarta telah lama menarik berbagai jenis wisatawan ke permata wisatanya. ...