Home / Dunia / Wow. Ini dia 5 jalan tol yang melintasi lautan di dunia

Wow. Ini dia 5 jalan tol yang melintasi lautan di dunia

Jalan tol adalah suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai gerbang tol.
Dalam perkembangannya, jalan tol tidak hanya dibangun di atas daratan saja, berbagai terobosan baru pun dilakukan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Kini jalan tol sudah ada yang dibangun di atas laut. Seperti jalan tol Bali, Mandara yang merupakan jalan tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia. Berikut ini WisataPriangan.co.id sampaikan 5 jalan tol yang melintasi laut terpanjang di dunia
1 : Jembatan Jiaozhou Bay China

b1f24705aa326f78e7faafbe84089c20byj9xn6pw2s3jjuh

Jembatan Jiaozhou Bay ini ada di china yang berlokasi di Qingdao, China timur Provinsi Shandong. dibangun pada 30 juni 2011 Jiaozhou Bay merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia dengan panjang 42 kilometer atau 26,4 mil.

Untuk menyelesaikan proyek ini memakan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun. Jembatan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang. Pengerjaan jembatan selesai dalam 4 tahun. Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan, butuh 30 menit sebuah kendaraan untuk bisa melintasi tol ini.

2 : Lake Pontchartrain Causeway

201009-w-bridges-pontchartrain

Lake Pontchartrain Causeway bridge ini ada di amerika serikat. dalah sebuah jembatan tol panjang dan terdiri dari dua jalur, yang dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika.

Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.

3 : Chesapeake Bay Bridge

Chesapeake Bay Bridge, Maryland
Chesapeake Bay Bridge, Maryland

Jalan tol jembatan ini memiliki panjang 24,140 Km melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika. Jembatan ini menghubungkan pedesaan negara kawasan Pantai Timur dengan Barat Shore lebih perkotaan.

Rentang asli dibuka pada tahun 1952 dan, pada waktu itu, dengan panjang 6,9 km, itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja. Rentang paralel ditambahkan pada tahun 1973.

4 : Jembatan Tol Penang, Malaysia

jalan-tol-laut-penang-malaysia-e1413117652627
Jembatan tol ini dibuka pertama kali pada 14 September 1985 dengan panjang mencapai 13, 5 km. Jembatan yang berada di Malaysia ini merupakan jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Selain itu, jembatan tol tersebut juga menghubungkan jalan lintas utara-selatan di Prai dan jalan tol Jelutong di Bayan Lepas. Kemudian pada tahun 2004, jembatan tol ini diperluas menjadi 6 jalur untuk melayani lalu lintas yang semakin meningkat dan diresmikan pada 13 Agustus 2009.

5 : Jalan tol Madara Nusa dua Bali

tol madara bali

Jembatan tol ini merupakan proyek yang disebut-sebut layak mendapat apresiasi lantaran merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana 10 km di atas laut. Selain itu dari segi waktu, pengerjaan jalan tol ini cukup singkat yakni hanya 14 bulan.

Nilai investasi jalan tol ini mencapai Rp 2,4 triliun. Dana tersebut menggunakan dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan dalam negeri dengan komposisi 30 persen dana perusahaan dan 70 persen dari pinjaman sindikasi perbankan dalam negeri.

Sekian kami sampaikan postingan tentang 5 jalan tol diatas laut terbanjang di dunia

 

Aris/