Home / Animal / Pesona Danau Sentani Di Bumi Papua Indonesia

Pesona Danau Sentani Di Bumi Papua Indonesia

Danau Sentani berposisikan di Pulau Papua, Indonesia,Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di papua luasnya mencapai   9.360 hektar yang membentang dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua.kerna posisi nya yang ada bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclop ini membuat Danau Sentani menarik dan sangat indah bila di lihat.Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

keindahan danau yang percis di bawah lereng bukit
keindahan danau yang percis di bawah lereng Gunung

Kata Sentani pertama kali di sebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898 yang berartikan “Di Sini Tinggal Dengan Aman”.

Danau Sentani merupakan Danau Vulkanik.Dan Sumber air Danau Sentani berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai yaitu Jaifuri Puay.

danau-sentani-papua-_150611112157-282

Wilayah perairan Danau Sentani mempunyai kedalaman yang berbeda-beda dengan kedalaman rata-rata sekitar 24,5 m. Di wilayah barat yaitu Doyo Lama dan Boroway, kedalamannya sangat curam. Di sebelah timur dan tengah yaitu Puay dan Simporo, kedalamannya landai dan dangkal. Di wilayah perairan yang dangkal ditumbuhi oleh tanaman pandan dan sagu. Terdapat ekosistem hutan rawa yang berada di daerah Simporo dan Yoka.

Danau ini memiliki kekayaan biota laut yang cukup beragam,sehingga masyarakat setempat memanfaatkanya untuk membudidayakan ikan air tawar,cukup lengkap memang karena di danau sentani terdapat sekitar 30 spesies ikan air tawar dan 4 spesies diantaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi Sentani, ikan pelangi merah dan hiu gergaji.

spesies asli Danau sentani"hiu gergaji"
spesies asli Danau sentani”hiu gergaji”

Danau sentani di jadikan obyek wisata di karenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Jayapura kurang lebih 50 kilometer dari kota.jangan khawatir dengan fasilitas,karena di sana sudah di sediakan perahu wisata untuk berkeliling di Danau Sentani yang jumlah nya cukup banyak.selain berkeliling anda bisa berenang, memancing, menyelam, ski air dan berwisata kuliner di kawasan Danau Sentani.

Di sekitar Dananu Terdapat sekitar 24 kampung yang tersebar di pesisir dan pulau-pulau kecil yang berada di tengah danau. Pulau-pulau kecil tersebut berjumlah 21 buah.

 

Jika anda ingin berwisata ke Danau sentani sebaiknya di lakukan pada bulan Juni,karena di pertengahan bulan juni selalu di adakan festival Danau Sentani yang rutin di gelar pada pertengahan bulan Juni di setiap tahunya. Tujuan nya adalah untuk lebih memperkenalkan Danau Sentani kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

126469_620

festival danau sentani
festival danau sentani

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...