Home / Tempat Wisata / Kecantikan Tersembunyi Sangihe

Kecantikan Tersembunyi Sangihe

Kepulauan Sangihe adalah sebuah kepulauan yang merupakan salah satu kabupaten bentuk dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000, yang terletak di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini adalah Tahuna. Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao (Filipina), serta berada di bibir Samudera Pasifik. Wilayah kabupaten ini meliputi 3 klaster, yaitu Klaster Tatoareng, Klaster Sangihe, dan Klaster Perbatasan. Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi 14 Kecamatan dan 123 Desa, berbatasan langsung dengan Republik Filipina disebelah utara, Kabupaten Kepulauan Talaud di sebelah timur, Kabupaten Minahasa di sebelah selatan, dan Laut Sulawesi di sebelah barat.

SANGIHE PULAU
Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang menambah eksotisnya wilayah ini sebagai destinasi wisata

Kabupaten Kepulauan Sangihe yang memiliki luas daratan 736,97 Km2 dan luas lautan 11.126,61 Km2 memiliki beragam obyek dan daya tarik wisata bagi wisatawan mancanegara (Wisman) maupun domestik yang ditawarkan untuk berkunjung. Sangihe memiliki beraneka potensi wisata alam, bahari, sejarah, budaya, agro industri yang dapat menjadi magnit untuk menarik wisatawan datang ke daerah daerah Kepulauan ini,.

Kekayaan potensi wisata Sangihe tidak kalah dibandingkan daerah lainnya di Sulawesi Utara seperti Manado dengan keindahan Taman Laut Bunaken dan Danau Tondano di Kabupaten Minahasa. Sejumlah pesona wisata menarik dimiliki dintaranya Gunung Api bawah Laut di Pulau Mangahetang, salah satu obyek wisata yang langka dan merupakan keajaiban dunia.

SANGIHE PANTAI
Ketenangan air laut di beberapa tempat di Kabupaten Kepulauan Sangihe membuat daerah ini menjadi lokasi wisata bahari yang tepat

Obyek wisata alam yang terletak sekitar 18 mil laut dari Kota Tahuna, dapat ditempuh dengan perahu sekitar dua jam dari Ibukota Sangihe itu, memiliki daya tarik tersendiri. Obyek lainnya adalah keindahan taman laut Pulau Kahakitang, memiliki berbagai jenis terumbu karang dan ikan yang berwarna warni dengan pantainya yang berpasir putih.

Gunung Sahendarumang terletak di Kecamatan Tamako, yang merupakan kawasan ekowisata dengan keunikan enam jenis burung endemik Sangihe dari sekitar 114 jenis burung di wilayah itu.

tabukan

Lokasi wisata Bahari Nusa Tabukan, selain pantainya berpasir putih, juga memiliki terumbu karang serta taman laut indah yang tidak kalah dengan Bunaken.

habitat burung kum kum

Di sekitar lokasi tersebut terdapat Pulau Bukide, tempat habitat Burung Maleo serta Pulau Liang, dimana wisatawan dapat menyaksikan habitat burung Kumkum putih.

kadadima

Wisatawan juga dapat melihat potensi wisata, Air Terjun Kadadima, Danau Kawah Gunung Awu, Gua Burung Walet, Makam Raja Bataha Santiago, Rumah Raja Mocodompis, serta beragam seni budaya seperti upacara adat Tulude yang dilaksanakan pada setiap 31 Januari.

Acara adat tersebut untuk mensyukuri berkat Tuhan sepanjang tahun yang telah dilewati, serta memohon berkat dan pengampunan dosa sebagai bekal hidup untuk tahun baru.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id РJika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...