Home / Sejarah / Sabang Punya Museum Abad Kejayaan

Sabang Punya Museum Abad Kejayaan

sabang-punya-museum-abad-kejayaan-MPPmjjAN0B

ACEH kini memiliki museum baru yang menceritakan sejarah Sabang. Museum yang diberi nama Museum Abad Kejayaan itu akan segera dioperasikan.

Museum  Abad Kejayaan yang berlokasi di Jalan O Surapati, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya itu sekarang sudah rampung dibangun Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

“Saat ini kita tengah mempersiapkan dekorasi atau penataan barang-barang yang akan dipamerkan,” kata Kepala BPKS, Fauzi Husen dalam keterangan tertulis diterima Okezone, Sabtu (7/11/2015).

Menurutnya museum itu nantinya akan menyajikan informasi dan pengetahuan tentang masa kejayaan Sabang tempo dulu.

“Sejumlah barang-barang yang akan kita pamerkan sudah kita tempatkan di museum, tinggal finalisasi saja. Mudah-mudahan tidak lama lagi akan kita buka,” ujar Fauzi.

Dia meminta berbagai pihak termasuk kolektor untuk memberikan saran dan masukannya, serta sumbangan dalam bentuk dokumentasi, benda antik atau lainya yang berhubungan dengan historis masa kejayaan Sabang saat dikenal dengan nama Kolen Station (1881-1942).

” Mudah-mudahan ke depan museum ini dapat bermanfaat bagi generasi yang akan datang, sehingga tidak hanya sebagai objek wisata baru tetapi museum ini dapat dijadikan sarana edukasi,” tukasnya.

Direktur Investasi BPKS,Fauzi Daud menambahkan, museum ini menitikberatkan tentang sejarah Sabang.

“Sehingga apa yang ditampilkan nantinya merupakan kilas balik abad kejayaan Sabang,” sebutnya.

(ndr) Sebelumnya
Sumber: Okezone – Travel Via BaBe

Lihat Juga

Thumbnails

ini dia 5 Pantai Menakjubkan di Sekitaran Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, kekayaan alam dan budaya Surabaya sering diabaikan karena ...