Home / Dunia / Gunung di Planet Pluto Terapung dan Tebentuk dari Es

Gunung di Planet Pluto Terapung dan Tebentuk dari Es

pluto-punya-gunung-apung-dari-es-Dj7MHMhvZY

Penelitian NASA untuk Pluto si planet kerdil terus membawa kejutan baru. Kali ini, para peneliti di Ames Research Center Badan Antariksa AS (NASA) yang diwakili Jeff Moore mengumumkan bahwa Pluto memiliki gunung-gunung dari es yang mengapung.

Pluto memiliki gunung yang besarnya tak jauh berbeda dari pegunungan di Bumi atau Mars. Hingga kini, peneliti meyakini dua gunung besar Wright Mons dan Piccard Mons yang berada di dekat kutub selatan Pluto itu diduga terbuat dari air es membeku hingga membentuk batuan.

Pegunungan tersebut benar-benar mengapung di atas lautan nitrogen dari puncak hingga bagian bawah yang mulai mencair. Hal inilah yang membedakannya dari pegunungan di Bumi yang berdiri di atas daratan atau dasar laut. Gunung ini memiliki tinggi dan lebar hingga ratusan kilometer.

Hasilnya adalah sesuatu yang menyerupai lempeng tektonik, namun berbentuk potongan es, bukannya batu. Pluto memiliki banyak celah yang menunjukkan material yang memaksa mencari jalan keluar sehingga menjadi kawah yang disebut cryovolcanoes.

Kendati demikian, ilmuwan masih belum mengetahui apa yang membuat planet ini bisa memuntahkan isinya. Isi gunung pun bukanlah lava panas, melainkan es yang berisi nitrogen, karbon monoksida, dan material lain dari bawah laut.

Moore belum menyimpulkan secara pasti bahwa gunung ini termasuk gunung berapi seperti di Bumi. Jika iya, gunung ini akan menjadi gunung berapi pertama di luar Tata Surya.

Sumber:The Daily Beast

Lihat Juga

Thumbnails

10 Hewan Paling Luar Biasa yang Hanya Dapat Ditemukan di Afrika

Dunia dipenuhi dengan beberapa makhluk terhebat yang dikenal manusia, dan sebagian lagi masih menunggu untuk ...