Home / Tempat Wisata / Pulau Sumbawa, Surga bagi Pencinta Pantai Sepi

Pulau Sumbawa, Surga bagi Pencinta Pantai Sepi

img_5961a_maluk_small

Keindahan Tana Samawa atau Pulau Sumbawa sangat mengagumkan. Di pulau ini terdapat pantai-pantai cantik yang berpasir putih dengan suasana sepi serta alami. Selain pantai, ada juga air terjun, goa dan pulau-pulau kecil di lepas pantainya yang menawan. Berikut salah satu destinasi wisata paling menarik di Pulau Sumbawa ini:

Pantai Maluk

img_6137a_maluk_small_0

Birunya langit dengan awan berarak sebiru lautnya dengan pantai pasir putihnya yang seolah menyatu dalam bentang cakrawala yang indah. Begitulah pemandangan yang dilihat pengunjung ketika menginjakkan kaki pertama kali di pantai Maluk. Pantai ini terletak di kawasan kecamatan Maluk kabupaten Sumbawa barat, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pantai yang membentang luas ini sejatinya adalah sebuah teluk, sehingga ombaknya tidak telalu besar dan sangat menyenangkan untuk berenang di lautnya yang jernih atau bermain kano yang disewakan di pantai ini. Kegiatan yang tak kalah nikmatnya adalah duduk santai di pinggir pantai sambil mengagumi pemandangan. Menu masakan laut yang dihidangkan di tepian pantai ini juga memberikan sensasi tersendiri bagi yang menikmatinya.

Fasilitas di teluk Maluk sudah tertata rapi, Anda bisa menjumpai beberapa warung makan yang menggunakan olahan hasil laut. Bagi yang khawatir dengan WC umum, kondisi toilet di pulau ini bersih namun jumlahnya masih sedikit. Di pulau ini juga ada mushola, bangku-bangku buat duduk di pinggir pantai, penyewaan kano dan papan surfing.

Pantai Lawar

img_6082_sekongkang_small

Selain Pantai Maluk, Sumbawa barat juga punya Pantai Lawar yang masih cukup sepi dan sangat alami. Pantai Lawar berada di kawasan kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat. Pantai ini bisa dicapai dalam waktu 10 hingga 20 menit dari pantai Maluk. Pantai ini diapit oleh bukit di sisi kirinya sedangkan di sisi kanannya terdapat tebing menjulang. Terlihat beberapa perahu nelayan di teluk kecil ini dan menurut keterangan warga setempat, itu adalah perahu para pencari lobster. Tidak jauh dari pantai ini kita akan mendapati sebuah pantai pasir putih lain lagi yang membentang panjang (sekali) dan bersih dan dikenal dengan Pantai Rantung.

Pantai Rantung

9f3e5695d269fcbd241f8aac1557a898_671_404_50_c1_c

Begitu menginjakkan kaki pertama kali di pasir putih Pantai Rantung rasanya kok sayang jika kita menikmatinya dengan alas kaki, untuk itu disarankan untuk melepaskan alas kaki dan menikmati sentuhan airlaut serta pasir pantainya langsung di telapak kaki, hamparan pantai yang indah terbentang panjang yang jika diamati dari atas kelihatan seperti sebuah Teluk. Selain indah pantai ini juga masih alami dan eksotis, bahkan pada saat siang bolong pun sangat sedikit yang menikmati pantai indah itu. Pantai ini benar-benar masih sepi, bak perawan pantai ini masih murni dan belum terjamah, masih jarang turis lokal mengetahui keberadaan pantai ini, so… siapkan kamera dan abadikanlah momen indah di depan mata ketika berkunjung ke pantai ini.

Cara Menuju Pulau Sumbawa

Ada sejumlah pilihan untuk menuju pulau Sumbawa. Cara paling mudah adalah melalui Lombok karena banyak pilihan dan jadwal penerbangan tujuan bandara internasional Lombok di Mataram. kemudian dari Lombok Anda dapat menyewa perahu menuju pelabuhan Poto Tano di Sumbawa.

Sumber:skyscanner.co.id

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...