Home / Tempat Wisata / Pantai Rancabuaya – Pantai yang Berstruktur Bebatuan Karang

Pantai Rancabuaya – Pantai yang Berstruktur Bebatuan Karang

img_9252

Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata bahari yang ada di Jawa Barat, tepatnya berada di Kabupaten Garut di Desa Purbayani Kec. Carigin. Pantai ini berbatasan dengan desa-desa tetangga disekelilingnya, yaitu berbatasan dengan Desa Indralayang disebelah Selatan. Disebelah Timur terdapat desa Sinarjaya, dan tepat disebelah Barat berbatasan Samudra Hindia.

Pantai ini terkenal dengan ombak nya yang sangat besar, karena berbatasan langsung dengan Smaudera Hindia, sehingga untuk aktivitas berenang di pantai ini tidak bisa dilakukan, ditambah dengan dasar tepi pantai berstruktur bebatuan karang yang cukup besar dapat melukai pengunjung yang memaksa untuk berenang.

lokasi-pantai-rancabuaya-garut-ada-curugnya

Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun atau dikatakan dalam bahasa Sunda adalah curug, yang langsung menghadap ke pantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak.

Banyak pula jenis hewan laut lain yang dapat ditemui di sektar curug seperti  kerang, kepiting laut, bintang laut yang ikut terdampar dan sebagainya. Pantai yang sekaligus merupakan pantai pelabuhan ini, dapat menambah daya tarik wisatawan yang ingin membeli ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan atau dari warung-warung di sekitaran pantai. Ikan-ikan yang tentu masih segar dapat dinikmati bersama keluarga. Dengan dibakar di tepian pantai sambil menikmati suasana pantai yang indah maupun dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Rancabuaya-Garut

Pengelolaan tempat wisata daerah ini saat ini dipegang oleh tim Kompepar ( Kelompok Penggerak Pariwisata ) yang di bentuk oleh warga masyarakat setempat. Status hak milik tanah di area pantai 70% milik warga, kemudian sisanya tanah milik desa. Sayangnya Pemerintah Daerah  setempat kurang melakukan promosi ke berbagai media, sehingga tempat yang indah ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun begitu pantai ini memiliki potensi yang cukup baik mengingat jalur masuk menuju lokasi cukup nyaman di tempuh dengan kendaraan. Jalan yang lebar dengan aspal yang mulus menjadi salah satu faktor utama  suatu objek wisata dapat dikembangkan potensinya.

Rute

Jalur Garut – Jalur ini memiliki kondisi jalan yang cukup baik. Bisa anda tempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, yaitu melewati kota Garut, kemudian Pemeungpeuk, kemudian Ranca Buaya.

Jalur bandung – Jalur ini cukup bagus kondisinya karena telah di hotmix disebagian jalannya, yaitu melewati Bandung kemudian Pangalengan kemudian Ranca Buaya.

Jalur Bandung Selatan – Menggunakan jalur lintas selatan jawa barat yang bersebelahan dengan pantai selatan di wilayah jawa barat. Yaitu melewati jalur Bandung kemudian Ciwidey kemudian Cidaun kemudian Ranca Buaya.

Anda juga dapat menempuh jalur tersebut dengan transportasi umum berupa minibus/elf dari arah kota garut, atau dari arah kota Pangalengan. Untuk menimati keindahan alami suasana Tempat wisata Pantai Ranca Buaya yang indah ini.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...