Home / Dunia / Bekonscot – Miniatur Perkampungan Tertua di Dunia

Bekonscot – Miniatur Perkampungan Tertua di Dunia

bekonscot-perkampungan-miniatur-di-inggris-15

Bekonscot adalah sebuah miniatur perkampungan yang terletak di sebuah kota di Inggris Beaconsfield, distrik Buckinghamshire. Dibangun pada lahan seluas 1,5 hektar, bangunan pada miniatur ini dibuat dengan bahan dari kayu, batu, logam dan kaca mirip dengan rumah sesungguhnya namun dengan skala yang lebih kecil. Selain bangunan rumah, miniatur ini memiliki ruang publik seperti taman dan model alat transportasi kereta api dan kapal-kapal yang sangat mengesankan. Miniatur perkampungan Bekonscot telah menarik para pengunjung selama lebih dari 80 tahun. Model miniatur perkampungan ini dipercaya adalah model asli miniatur tertua di dunia.

Seluruh miniatur perkampungan digagas dan dibuat oleh penduduk setempat di Beaconsfield. Ide aslinya berasal dari seorang penduduk yang cukup terpandang saat itu, Roland Callingham di tahun 1920. Awalnya Callingham berencana membuat miniatur ini untuk menghiasai taman di rumahnya, menghibur para tamu yang berkunjung terutama tamu-tamu pejabat dan orang-orang penting lainnya. Seiring dengan perjalanan waktu, taman ini justru menarik perhatian dari berbagai kalangan dan media pers mulai meliput miniatur perkampungan unik ini.

bekonscot-perkampungan-miniatur-di-inggris-14

Terdapat enam model desa yang ada di miniatur perkampungan. Model ini sepenuhnya adalah perkampungan imajiner, gaya arsitektur bangunan yang terdapat di dalamnya terinspirasi oleh bentuk bangunan Inggris di era 1930. Bangunan dirancang oleh para arsitek bangunan, lansekap dan pengrajin kayu, meninggalkan sebuah karya indah yang tertuang dalam sebuah miniatur perkampungan dengan desain arsitektur vernacular – mencerminkan kearifan lokal masyarakat setempat.

Kota-kota dihuni oleh model orang-orang setinggi empat inci. Mereka terlihat sedang melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari ibu-ibu yang tampak menggosip, pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api, pemuda yang berkumpul di sebuah ruang publik, pelayan bar yang sedang melayani tamu, hingga adegan polisi yang sedang mengejar pencuri.

bekonscot-perkampungan-miniatur-di-inggris-09

Bekonscot juga dilengkapi dengan model kereta api yang cukup besar, merupakan salah satu model terbesar di Inggris. Menariknya kereta ini sudah dikendalikan oleh komputer. Kereta api sudah beroperasi selama lebih dari 50 tahun, jika dihitung kereta ini sudah menempuh jarak sekitar 3.200km setiap tahunnya.

Dari sejak awal beroperasinya, keuntungan dari Bekonscot digunakan untuk amal. Hingga saat ini diperkirakan Bekonscot telah berhasil mengumpulkan uang setara dengan 5 juta Poundsterling dan telah menginspirasi daerah lainnya untuk membuat model miniatur perkampungan.

bekonscot-perkampungan-miniatur-di-inggris-02

Keunikan Miniatur Beconscot telah menjadi daya tarik bagi wisatawan baik di Inggris maupun di luar Inggris. Beconscot adalah gambaran menarik bagaimana perpaduan tradisi dan budaya masyarakat lokal menyatu dalam sebuah miniatur perkampungan yang unik. Penduduk Beconscot menyadari bahwa warisan ini menjadi daya tarik wisata yang tetap dijaga secara turun temurun.

Sumber: Bekonscot

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...