Home / Berita / Bumi Diselimuti ‘Rambut’ Materi Gelap?

Bumi Diselimuti ‘Rambut’ Materi Gelap?

bumi-diselimuti-rambut-materi-gelap-EFs7dqrYOx

Bumi kemungkinan diselimuti “rambut” dari materi gelap. Seorang ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory di NASA Pasadena, California, berteori bahwa planet menghasilkan pengaruh gravitasi pada materi gelap dan pengaruh itu dapat menyebabkan materi gelap melewati alam semesta kita untuk bertindak dengan cara tertentu.

Dilansir dari ApexTribune, teori yang ditulis Gary Prézeau ini menyatakan bahwa planet seperti Bumi masih mengandung filamen materi gelap di dalamnya karena kekuatan daya tarik yang menjadi inti planet.

Ini akan menjadi terobosan besar dalam pencarian materi gelap karena materi tersebut belum pernah ditemukan dalam alam semesta sebelumnya. Lokasinya hanya perkiraan karena ilmuwan belum berhasil membuktikan eksistensinya.

Banyak teori tentang adanya materi gelap yang telah muncul selama bertahun-tahun. Salah satu teori tersebut menyatakan bahwa materi gelap dapat terbentuk dalam partikel-partikel yang mengorganisir diri mereka sendiri di aliran tipis dan mengorbit galaksi di seluruh alam semesta.

Tapi Prézeau berargumen bahwa ketika aliran-aliran ini berinteraksi dengan gaya gravitasi seperti planet Bumi selama pembentukan galaksi, partikel dalam aliran akan terus melakukan perjalanan pada kecepatan yang sama seperti yang mereka lakukan sebelumnya dan bahwa aliran itu sendiri melintasi galaksi secara tak kasat mata.

Menurut studinya, aliran-aliran materi gelap ini dapat menjadi jauh lebih besar dari tata surya dan mereka bisa menyeberang melalui galaksi di mana mereka berada. Prézeau berpikir bahwa ketika aliran berinteraksi dengan planet seperti Bumi, partikel materi gelap di aliran fokus menjadi ‘rambut’ yang sangat padat atau filamen.

Ini disebabkan gaya gravitasi dan suhu tinggi pada inti Bumi. Artinya, rambut materi gelap seharusnya tumbuh dari planet-planet di tata surya.

Lihat Juga

Thumbnails

10 Hewan Paling Luar Biasa yang Hanya Dapat Ditemukan di Afrika

Dunia dipenuhi dengan beberapa makhluk terhebat yang dikenal manusia, dan sebagian lagi masih menunggu untuk ...