Home / Tempat Wisata / Wisata Extreme Danau Ciharus sang Replika Ranukumbolo di Jawa Barat

Wisata Extreme Danau Ciharus sang Replika Ranukumbolo di Jawa Barat

Photo-0310

Garut memang menjadi destinasi wisata alam yang menjanjikan. Sebut saja tiga gunung besar di sana yaitu Papandayan, Guntur, dan Cikuray, pemandian air panas di Cipanas, dan kini Danau Ciharus, pesona Ranukumbolo di Garut.

Danau Ciharus terletak di Desa Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Garut. Danau Ciharus ini dijuluki sebagai Ranukumbolonya Jawa Barat. Pesona Ciharus memang tidak kalah dibandingkan dengan Ranukumbolo.

Untuk mencapai Danau Ciharus terdapat dua cara. Cara pertama adalah cara yang sulit dan harus menempuh perjalanan yang jauh, yaitu dengan melewati Gunung Rakutak di Bandung Selatan, terus melewati puncak dan menuruni lembah. Dan cara yang kedua adalah melewati Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Kamojang, Garut. Danau Ciharus ini memang merupakan perbatasan antara Bandung dan Garut. Untuk menuju Kamojang lebih mudah dicapai dari Bandung. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda dapat langsung meluncur menuju Kamojang. Namun jika anda menggunakan kendaraan umum anda dapat menggunakan rute sebagai berikut:

pertama dari Kota Bandung anda dapat menuju Terminal Leuwi Panjang dan mencari angkutan berupa angkot atau mini bus dengan jurusan Bandung-Majalaya, setelah sampai di Majalaya, carilah angkutan dengan rute Majalaya-Ibun, sesampainya di Kecamatan Ibun, dilanjutkan dengan menggunakan satu angkutan lagi yaitu Ibun-Kamojang dengan angkutan yang dimodfifikasi, bukan angkutan carry biasa, namun mobil pick up yang diberi atap. Untuk masing-masing angkutan dikenakan ongkos sekitar 10-15 ribu rupiah untuk sekali jalan.

Sesampainya di Kamojang anda dapat langsung menuju ke Pembangkit Lisrtik Tenaga Panas Bumi. PLTPB ini merupakan yang pertama kalinya didirikan di Indonesia. Sepanjang jalan menuju Kamojang anda akan menemui pipa pipa yang berfungsi untuk mengalirkan gas dari PLTPB tersebut. Setelah melewati PLTPB anda akan menemukan sebuah warung sebelum masuk menuju jalanan menuju Danau Ciharus. Di warung ini anda dapat menitipkan kendaraan, untuk kendraan roda dua cukup untuk 5-6 motor, namun untuk roda empat nampaknya hanya cukup untuk satu saja.

img_20151025_134139
Pipa sumber panas bumi di spanjang jalan gambar via undick.wordpress.com

Menuju Danau Ciharus terlebih dahulu harus melewati jalanan aspal. Di sepanjang jalanan aspal akan ditemui pipa besar dan sumur-sumur yang menjadi sumber panas bumi yang nantinya akan menghasilkan listrik. Di sepanjang jalur aspal ini banyak terpampang larangan untuk merokok, karena menyebabkan resiko kebakaran atau banyak gas yang dapat memicu kebakaran jika anda merokok. Dari pipa-pia ini juga banyak terlihat kepulan-kepulan asap.

Setelah berjalan selama sekitar satu jam di jalan aspal, anda akan menemukan pos penjaga. Pos penjaga ini adalah perbatasan antara jalan aspal dan jalan tanah menuju Danau Ciharus. Dari sini anda akan menemui jalur tanah yang akan sangat licin dan becek jika di musim penghujan. Jalur tanah ini sebenarnya merupakan jalur motor trail yang biasanya menuju Danau Ciharus. Jalur tanah akan didominasi oleh pepohonan dan hutan yang tidak terlalu lebat. Dari jalur tanah ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk menuju Danau Ciharus.

Setelah berjalan sekitar 45 menit sampai satu jam maka anda akan menemukan jalan yang bercampur dengan kubangan lumpur, sangat dituntut kehati-hatian saat melewati jalur ini, atau anda bisa sedikit memutari kubangan dan mencari jalan yang agak kering. Tidak jauh dari kubangan tersebut anda akan sampai di Danau Ciharus. Tidak perlu diragukan lagi, Danau Ciharus menyuguhkan panorama yang membuat mata betah memandang lama-lama. Di danau ini sering digunakan tempat berkumpul para penggiat motor trail, namun banyak juga mereka yang melakukan camping ceria di sisi danau Ciharus.

1234281_10201695847616453_132257188_n
camping di tepi Danau gambar via memoarsialin.wordpress.com

Berhati-hatilah saat memasuki jalan tanah menuju Danau Ciharus. Sebisa mungkin berjalanlah di jalur pinggir, sehingga menghindari tabrakan antara pendaki dan pengendara motor trail.

Sumber: wisatagunung.com

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id РJika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...