Home / Dunia / Temple of Dawn – Kuil Fajar “Wat Arun” Bangkok

Temple of Dawn – Kuil Fajar “Wat Arun” Bangkok

wat arun at twilight
wat arun at twilight

Wat Arun disebut juga sebagai Kuil Fajar atau Candi Fajar. Candi ini merupakan Candi Budha yang terletak di distrik Bangkok Yai, kota Bangkok, di tepi barat Sungai Chao Phraya. Nama panjang Wat Arun adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamavihara. Wat Arun dibangun pada masa Kerajaan Ayutthaya, yang dikenal dengan sebuat Wat Makok. Setelah Raja Rama II & Raja Rama IV berkuasa, Wat Makok kemudian diganti nama menjadi Wat Arun sampai sekarang.

Nilai historis, desain indah, dan pemandangan yang cantik menjadikan Wat Arun layak dikunjungi dengan sejenak naik feri menyeberangi Sungai Chao Phraya dari Istana Raja/Wat Pho. Dari sungai Chao Phraya, Wat Arun terlihat megah dan terlihat indah. Apabila senja maupun matahari terbit, keindahan Wat Arun tak tertandingi. Banyak momen yang bisa diabadikan pada dua waktu tersebut. Menikmati sebuah bangunan dengan tinggi sekitar 70 meter ini, bisa memberikan rasa senang, karena memang Wat Arun terkenal dengan sebutan “Temple of Dawn“, kuil atau candi yang indah saat terbenam matahari.

wat-arun-sunset3-1050x554

Bangunan aslinya adalah sebuah kuil sederhana. Pada abad 18, Raja Taksin membangun ibu kota di tempat ini dan membangun kuil untuk Patung Buddha Zamrud yang sakral itu. Ketika sang raja melihat bangunan ini menjadi yang pertama kali mendapatkan sinar matahari pagi, beliau menamainya “Kuil Fajar”; “Aruna” adalah dewi fajar India dan “wat” berarti kuil. Pada tahun 1782, Raja Rama I memindahkan ibu kota ke seberang sungai dan membawa serta patung tersebut. Menara bergaya Khmer di kuil ini ditambahkan oleh dua penerusnya pada awal abad 19.

Detail ornamen Wat Arun mengingatkan pada sebuah guci yang terbuat dari porselen dan keramik dari Tiongkok. Dinding candi ini berwarna-warni layaknya keramik dari Tiongkok. Berkeliling Wat Arun haruslah ektra hati-hati karena tangganya memiliki sudut yang sangat sempit dan memiliki tangga yang sempit dan cukup menukik. Namun, apabila telah sampai pada puncaknya, pemandangan yang sangat indah akan terlihat dengan jelas. Sebuah lukisan alami yang bisa dilihat dengan mata telanjang sebuah pemandangan aktivitas sungai Chao Phraya dan kota Bangkok.

Disekitar Wat Arun, terdapat tempat penyewaan baju tradisional Thailand, dan dapat digunakan untuk berfoto-foto ria. Dalam kompleks Wat Arun, terdapat beberapa kuil disekitar Wat Arun, bagunan tersebut sebetulnya merupakan tempat pemujaan terhadap Budha. Sedangkan, waktu ideal untuk berkunjung adalah sekitar sore menjelang tutup, disamping tidak panas, wisatawan juga dapat mengabadikan Wat Arun saat senja tiba.

Transportasi 

Mengunjungi Wat Arun, ada 2 moda tranportasi yang harus digunakan, yaitu BTS (Sky Train) dan Perahu. Sebelumnya, anda harus naik BTS sampai ke Saphan Taksin Station (Map diatas), yang bisa dilalui dengan transit terlebih dahulu di Siam Station. Kemudian, dari Saphan Taksin berjalanlah ke dermaga Than Thien yang berjarak kurang lebih 5 menit. Setelah itu naik ke boat berwarna orange/biru dengan tarif antara 15-40 Bath. Kemudian, setelah melalui sungai Chao Phraya berhentilah di N8 Wat Arun.

BTS MAP
BTS Maps

Sumber: bluepackerid.com

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...