Home / Berita / Kapal Berisi Harta Karun Bernilai USD1 miliar

Kapal Berisi Harta Karun Bernilai USD1 miliar

ditemukan-kapal-berisi-harta-karun-aOAtJHMyhx

WisataPriangan.co.id – Pada abad ke-18 kapal Spanyol yang berisi harta seperti emas, perak, dan perhiasan menjadi obyek perdebatan dengan Kolombia, Spain, dan perusahaan penyelamatan yang berbasis di Amerika Serikat.

Mereka mencoba untuk memilah siapa yang memiliki kapal dengan penuh harta tersebut. San Jose, saat ini mungkin dianggap sebagai kapal karam paling berharga sepanjang masa. Presiden Kolombia Juan Manuel Santos memperkirakan nilai penemuan sekira USD1 miliar.

Presiden Kolumbia melaporkan pekan lalu bahwa salvages Kolombia telah menemukan kapal harta karun Spanyol San Jose di perairan Kolombia. Arkeolog dan salvages mengetahui perkiraan lokasi kapal tenggela, sejak lebih dari 300 tahun lalu.

Sebagaimana dilaporkan National Geographic, Minggu (13/12/2015), Kolombia memperebutkan kepemilikan San Jose dengan Sea Search Armada, perusahaan salvage yang berbasis di Bellevue, Washington. Salvegers telah mengatakan, mereka menemukan lokasi kapal lebih dari 30 tahun lalu, dan telah membantah pemerintah Kolombia yang mengklaim kapal itu miliknya.

San Jose, kapal harta karun Spanyol telah diserang dan ditenggelamkan oleh kapal perang Inggris pada Juni 1708. Spanyol dan Inggris merupakan musuh dalam jalinan kompleks politik Eropa yang kemudian dikenal sebagai War of Spanish Succession. Pertarungan itu meletus ketika Charless II, King of Spain meninggal tanpa pewaris pada 1700.

San Jose berisikan dengan emas, perak, dan batu permata dari koloninya di Amerika Selatan, ditenggelamkan di Laut Karibia sekira 16 mil lepas pantai Kolombia oleh Inggris segera, setelah kapal itu meninggalkan pelabuhan Cartagena.

Lihat Juga

Thumbnails

Studi Terbaru Berhasil Mengungkap masa Kelahiran Dinosaurus

Para Ilmuan berhasil mengungkap masa kelahiran Dinosaurus Studi terbaru berhasil mengungkap masa kelahiran Dinosaurus yang ...