Home / Sejarah / Pesona Wisata Menarik di Baturaden

Pesona Wisata Menarik di Baturaden

Pesona wisata Baturaden di Banyumas, Jawa Tengah terkenal sebagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan lokasi wisata Baturaden terletak tepat di kaki Gunung Slamet, sebuah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini membuat keadaan udara di kawasan wisata Baturaden menjadi sangat sejuk, cenderung akan menjadi dingin di saat malam hari.

Dengan panorama alamnya yang indah, kawasan wisata Baturaden dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang favorit. Merasakan kesejukan udara, berjalan di kebun yang hijau, menjelajah hutan pinus, mandi di air panas, berenang di kolam renang hotel yang bergaya bungalow merupakan serangkaian kegiatan yang patut Anda coba di tempat wisata Baturaden ini.

Saat Anda berada di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto dari ketinggian, juga Pulau Nusa Kambangan serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Tidak hanya itu, Anda dapat mengunjungi sejumlah spot wisata Baturaden yang menarik, di antaranya mulai dari Pancuran Pitu, Wana Wisata, Taman Bitanin hingga Teater Alam Baturaden.

Taman Bitanin di Baturaden adalah taman yang memiliki sejumlah tanaman dan bunga yang tergolong langka, misalnya bunga Havana, Daun Dewa, Antarium Lipstick, Palem Paris, dan Widoro Laut.

Tempat Menarik di Baturaden

Pernahkan Anda mendengar legenda rakyat dalam kisah Lutung Kasarung yang terkenal itu? Legenda Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berangkat dari keadaan di Baturaden. Inilah sebab mengapa legenda Lutung Kasarung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari profil wisata Baturaden di Jawa Tengah.

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Di areal wisata Baturaden juga terdapat tempat pemandian air panas, ini mungkin sesuatu yang Anda ingin kunjungi. Anda dapat mengunjungi Pancuran Pitu untuk menikmati air panas Baturaden. Suhu air di Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius. Mandi air panas di Baturaden diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas yang ada di sana. Untuk keperluan terapi penyembuhan, Anda dapat mengunjungi Pancuran Telu yang berada di dalam kawasan wisata Baturaden tersebut.

Pancuran-Pitu-di-Baturaden
Pancuran Pitu di Baturaden via initempatwisata.com

2. Wana Wisata Baturaden

Selain pemandian air panas di Baturaden, Anda dapat mengunjungi lokasi perkemahan. Jika Anda ingin bermalam di Baturaden, Anda dapat mendirikan tenda di Wana Wisata tersebut. Wana Wisata Baturaden merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau para sahabat. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Baturaden. Jarak ini tidaklah jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Wanawisata-Baturraden
tempat berkemah di Wana Baturaden via anekatempatwisata.com

3. Telaga sunyi

Jika anda ingin menikmati ketenangan dengan panorama alam yang menakjubkan dan suasana alam yang asri, di Baturaden ada sebuah kolam dengan air nya yang jernih dan tenang, dilengkapi udara yang sejuk dan dilengkapi dingin nya udara pegunungan sehingga bisa membawa ketenangan dan menyejukan, patut anda kunjungi saat berada di Baturaden ini.

Telaga-Sunyi-di-Baturaden
Telaga Sunyi di Baturaden via initempatwisata.com

4. Taman Kaloka Widya Mandala

Anda mungkin akan tertarik untuk datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini adalah kebun binatang di Baturaden. Terdapat sebuah museum di sana yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kerangka satwa khas Indonesia. Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Baturaden dalam sebuah rombongan keluarga atau sahabat, maka taman ini akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan.

Kebun-Raya-Baturaden
pintu gerbang Kebun Raya Baturaden via initempatwisata.com

5. Grebeg Syura

Wisata di Baturaden tidak hanya menampilkan pesona alam yang luar biasa dengan keindahan panoramanya, di Baturaden juga ada wisata budaya, yang disebut dengan Grebeg Syura. Wisata budaya ini merupakan sebuah acara yang telah menjadi tradisi masyarakat setempat. Juga, ada pertunjukan musik Calung, tari tradisional Lengger, pertunjukan Kuda Lumping yang beraroma mistis, serta kegiatan mengunjungi situs-situs suci, lazimnya adalah kuburan yang disebut juga sebagai kenduren oleh masyarakat di sana.

Jika Anda ingin mengetahui wisata budaya yang ada di kawasan wisata Baturaden ini, maka cobalah datang di bulan pertama dalam kalender tahun Islam. Anda akan dapat menyaksikan wisata budaya Grebeg Syura ini.

Grebek-Syura-di-Baturaden
Acara Grebek Syura di Baturaden via initempatwisata.com

6. Teater Alam Baturaden

Di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang unik. Pada sebuah teater yang merupakan pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, Anda dapat menonton tayangan-tayangan film dengan sensasi seperti sedang naik pesawat terbang. Pesawat ini berdiri tepat di samping pintu masuk Baturaden. Tayangan film-film tersebut berisi potensi pariwisata di Banyumas serta kekayaan alam dan budaya Indonesia. Juga tersedia tayangan muatan lokal bagi siswa-siswi sekolah. Pada umumnya, setiap tayangan film berdurasi sekitar 10 menit hingga 15 menit per sesi.

Teater-Alam-Baturaden
Teater Alam Baturaden via initempatwisata.com

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...