Home / Sejarah / Inilah 10 Kota Hilang Yang Masih Menjadi Misteri

Inilah 10 Kota Hilang Yang Masih Menjadi Misteri

WisataPriangan.co.id – Sebuah Kota hilang merupakan kota yang sebelumnya pernah berpenghuni Yang kini lokasinya telah dilupakan. Nah apa saja dan dimana saja kota hilang tersebut? Berikut kami telah merangkum 10 kota hilang yang masih menjadi misteri untuk anda.

1. Machu Picchu, Peru

Machu_Picchu

Sebuah kawasan yang terletak di 400 mdpl Propinsi Urubamba, Peru, tepatnya sekitar 70 km barat laut Cusco. Machu Picchu adalah tempat berupa bangunan batu sempit, tidak rata dan berundak-undak. Dibangun sekitar tahun 1450, Machu Picchu merupakan simbol Kerajaan Inka. Daerah ini hanya didiami selama 100 tahun oleh sekitar 1200 orang. Tempat tersebut kemudian ditinggalkan ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukkan Inka. Itu sebabnya destinasi ini sering disebut dengan the lost cities od the Incas.

2. Angkor, Cambodia

Angkor_Wat

Angkor Wat Adalah sebuah kuil yang berada di Angkor, Kamboja, dibangun sejak pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II masih berdiri kokoh hingga kini. Bangunan terdiri dari lima menara tinggi menjulang dengan candi-candi kecil di sekitarnya.

Seperti halnya Candi Borobudur dan Prambanan, Angkor Wat juga tersohor sebagai situs warisan dunia dengan kemegahan dan keeksotikannya. Tidak ada yang menyangka jika di dalam hutan belantara yang terasing ternyata terdapat sebuah bangunan megah dan bersejarah.

3. Pompeii, Italy

Pompeii_and_Vesuvius

Letusan gunung Vesuvius mengubur pemukiman Romawi Pompeii, Herculaneum, Oplontis dan Stabiae. Ketahui tak hanya kronologi kisahnya, tetapi juga kehidupan Romawi 79 M. Tak hanya letusan yang dahsyat itu mengubur pemukiman, tetapi juga ada awan superpanas gas beracun dan abu, dan fakta bahwa kota yang terkubur ini akhirnya ditemukan kembali setelah 1.600 tahun.

4. Petra, Jordan

Petra-4_663_382

Misteri seputar Kota Petra di Yordania Selatan masih menanti untuk diungkap. Terletak di tengah-tengah ngarai di lokasi padang gurun yang lembab, Petra dulunya pernah merupakan sebuah kota pusat perdagangan sekaligus ibukota dari Kerajaan Nabatean. Orang-orang Nabatea berasal dari Arab bagian Barat Laut. Mereka tinggal di wilayah Yordania tetapi berpindah-pindah sampai membentuk kerajaan abad 312 SM.

Saat Roma menyerang dan menduduki kota itu pada 106 M, keruntuhan Petra dimulai. Serangkaian gempa bumi yang melanda, serta munculnya jalur-jalur perdagangan baru memaksa Petra mencapai titik nadir di masa Kekaisaran Byzantine pada sekitar pertengahan abad 700 M.

Kemudian kota dibiarkan kosong dan terbengkalai selama beberapa abad. Reruntuhan kota yang terkubur di bawah tanah akhirnya ditemukan oleh seorang wisatawan Eropa yang menyamar dalam pakaian Beduin untuk berbaur masuk ke dalam masyarakat lokal, pada awal tahun 1800.

Di tahun 1985 UNESCO mendeklarasikan Taman Arkeologi Petra sebagai situs World Heritage, dan pada 2007 ia lalu dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

5. Tikal, Guatemala

tikal

Tikal adalah sebuah kota kuno dari peradaban Maya, terletak di hutan hujan di Guatemala. Kota ini berkembang sebagai ibukota kerajaan kuat sampai ditaklukkan oleh Teotihuacan pada abad ke-4 Masehi. Setelah itu ditaklukkan, secara bertahap menurun sampai akhirnya seluruhnya ditinggalkan pada akhir abad ke-10. Hari ini, kota ini salah satu situs arkeologi terbesar dari peradaban Maya dan dikenal dengan banyak candi berbentuk piramida, termasuk Kuil Besar Jaguar – salah satu dari piramida paling terkenal di dunia.

6. Teotihuacan, Mexico

Teotihuacan

Teotihuacan merupakan sebuah situs kuno yang terletak di lembah Teotihuacan, berjarak hanya 30 mil dari Mexico City. Teotihuacan memiliki arti Kota Para Dewa atau tempat dimana manusia menjadi dewa. Meskipun para arkeolog telah lama terpesona dengan situs ini, namun budaya maupun sejarah Teotihuacan sebagian besar masih menjadi misteri.

Peradaban ini meninggalkan reruntuhan bangunan dan piramida dalam jumlah besar, selain Piramida juga terdapat istana serta kuil-kuil. Tak ada teks tertulis dari Teotihuacan yang tersisa, tetapi penyebutan Teotihuacan dapat diketahui dari teks di situs Maya, yang menunjukkan pemimpin Teotihuacan sebagai pengembara.

7. Puma Punku, Bolivia

Tiwanaku_gate_of_the_sun

Puma Punku merupakan nama dari sebuah kompleks candi besar yang terletak di dekat Tiwanaku, Bolivia. Bagian dari sebuah situs arkeologi besar ini dikenal sebagai Tiahuanacu.
Berdirinya candi ini dilansir Amusing Planet masih menjadi sebuah misteri. Para arkeolog percaya bahwa kompleks ini mungkin telah dibangun oleh kekaisaran Tiwanaku sebelum hadirnya Kekaisaran Inca yang berkembang antara 300 dan 1000 SM.

8. Palenque, Mexico

Palenque

Sebuah kota peninggalan suku Maya di bagian selatan Mexico ,Palenque bertanggal tariq masehi sekitar tahun 300 sampai 700,Tempat ini menawarkan keindahan kuil kuno pada masa itu ,patung dan ukiran batu yg sangat indah yg mungkin paling menakjubkan yg pernah ada. Puing-puing kota ini juga menawarkan banyak hal untuk mempelajari seni arsitektur kuno dari suku maya yg terkenal memiliki peradaban cukup tinggi pada masa itu.Apa bila Agan ada kesempatan sebaiknya kunjungi tempat ini sebuah kuil piramid yg bernama Pacal Votan , yg merupakan obsservatorium astronomi dan istana besar yg cukup megah dari kota kuno ini.

9. Troy, Turkey

Walls_of_Troy

Troy merupakan kota legenda yang merupakan pusat dari berbagai sejarah modern seperti tempat kediaman Pahlawan Yunani Achilles dan kota dimana terjadinya Perang Kuda Trojan (Trojan Horse). Nama Troy sendiri dikenal melalui Syair Homer dalam sebuah sajak paling terkenal saat itu yakni lliad.

Keberadaan Troy sebagai kota peradaban kuno yang hilang ini sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga akhirnya di tahun 1871 tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja. Ada alasan mengapa Troy sering dikenal sebagai kota yang temboknya tidak dapat dikalahkan, Itu karena Troy sendiri dibangun diatas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat.

Sekarang hanya reruntuhan kota yang tersisa dari kota legendaris ini, Namun nama Achilles dan Kuda Trojan tetap dikenal dunia.

10. Atlantis

Atlantis

Atalantis, atau Atlantika (dalam Kebudayaan Yunani disebut juga pulau Atlas) adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Critias. Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar “di seberang pilar-pilar Herkules”, dan memiliki angkatan laut yang menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra “hanya dalam waktu satu hari satu malam”.

Atlantis umumnya dianggap sebagai mitos yang dibuat oleh Plato untuk mengilustrasikan teori politik. Meskipun fungsi cerita Atlantis terlihat jelas oleh kebanyakan ahli, mereka memperdebatkan apakah dan seberapa banyak catatan Plato diilhami oleh tradisi yang lebih tua. Beberapa ahli mengatakan bahwa Plato menggambarkan kejadian yang telah berlalu, seperti letusan Thera atau perang Troya, sementara lainnya menyatakan bahwa ia terinspirasi dari peristiwa kontemporer seperti hancurnya Helike tahun 373 SM atau gagalnya invasi Athena ke Sisilia tahun 415-413 SM.

 

(Aris)*

Lihat Juga

Thumbnails

10 Kota Wisata yang Paling Menarik di Korea Selatan

WisataPriangan.co.id – Korea Selatan, merupakan sebuah negara Republik yang dikenal juga dengan sebutan negeri Gingseng dan yang ...