Home / Animal / 10 Hewan Yang Berjalan Paling Lambat Di Dunia

10 Hewan Yang Berjalan Paling Lambat Di Dunia

WisataPriangan.co.id – Hewan Di dunia ini Sangat beragam dari mulai yang besar sampai yang terkecil Tinggi sampai dengan terpendek. Nah berikut ini kami akan mengulas 10 hewan yang berjalan paling lambat di dunia. Apa sajakah hewan-hewan tersebut?

1. Bekicot

Bekicot

Bekicot merupakan salah satu hewan dengan kelimpahan spesies yang cukup besar. Hewan ini merupakan salah satu siput darat yang memiliki cangkang. Di Indonesia dikenal ada dua macam jenis bekicot yaitu Achatina fulica dan Achatina variegata. Menurut Mead (1961) dan Purchon (1968), A.fulica yang semula berasal dari Afrika Timur telah masuk di Indonesia lewat Kalimantan sejak tahun 1939. Sedangkan untuk jenis A. variegata masuk ke Indonesia bersama-sama dengan masuknya tentara Jepang (Amiruddin Aidin Beng, dkk., 1982). Bekicot Merupakan hewan paling lemot sedunia menurut kami. Bergerak dengan kecepatan puncak 1,3 sentimeter per detik

2. Kukang

kukang

Kukang merupakan primata imut pemalas yang ukuran tubuhnya sekitar 20-30 cm. Di Indonesia terdapat tiga spesies kukang yaitu kukang jawa, kukang sumatera, dan kukang kalimantan.

Meski pemalu dan terkesan santai, namun tidak sembarang waktu kita dapat melihat kukang. Pasalnya, kukang merupakan satwa nokturnal alias aktif di malam hari. Sehingga, ia akan tidur pulas saat fajar menyingsing dan bangun kala petang menjelang. Saat malam lah, kukang beraksi mencari makan atau bermain.

Kukang pemalas ini berjalan dapat mencapai kecepatan tertinggi 2 meter (6,5 kaki) per menit, itu 0,12 km/jam, atau 0,07 mil per jam.

3. Bintang Laut

Bintang Laut

Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echino dermata,

Tubuh bintang laut terdiri dari bagian oral (yang memiliki mulut) dan Aboral (yang tidak memiliki mulut). Hewan ini banyak dijumpai di pantai. Ciri lainnya adalah alat organ tubuhnya bercabang ke seluruh lengan. Mulut terdapat di permukaan bawah atau yang disebut permukaan oral dan anusnya terletak di permukaan atas atau disebut juga permukaan aboral.

Bintang Laut bergerak pada tingkat hanya 15 cm (6 in)/menit.

4. Kura-Kura

Kura Kura Galapagos

Kura-kura adalah hewan bersisik dan berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Hewan ini sangat mudah dikenali karena keunikannya, yaitu selalu membawa tempurung atau bisa juga dibilang rumah kura – kura tersebut. Tempurung tersebut terbagi menjadi 2 bagian Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah yang menutupi perut disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting. sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

5. Koala

Koala

Koala adalah salah satu hewan yang dilindungi. Betapa menyenangkannya bisa memiliki hewan ini. Akan tetapi, menjadikan koala sebagai hewan peliharaan bisa membuat anda dihukum Di Australia, siapa pun yang memelihara koala akan mendapat hukuman penjara. Koala adalah salah satu dari beberapa mamalia yang memiliki sidik jari manusia. Sangat sulit membedakan keduanya bahkan di bawah mikroskop.

Hewan ini terkenal sebagai hewan yang suka sekali tidur. Koala mampu tidur hingga 18 jam setiap harinya. Saat tidak tidur, koala menggunakan waktunya untuk makan atau berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Mereka juga bisa melompat hingga sejauh 150 kaki (45,72 meter) diukur dari puncak pohon.

 

6. Siput Telanjang

Siput Telanjang

Siput telanjang ini ditemukan sepanjang Pantai Pacific. Populasinya menjangkau dari utara Seperti Alaska Selatan dan California. Konsentrasi yang paling banyak siput telanjang ditemukan California. Siput talanajang Pisang memerlukan suatu lingkunganlembab untuk hidup.

Kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari siput telanjang adalah 0,3 km/h (0,19 mph)

7. Kuda Laut

Kuda-Laut

Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Mereka adalah ikan yang bergerak lambat di dunia dengan kecepatan tertinggi sekitar 5 ft (1,5 m) per jam!

8. Monster Gila

GilaMonster

Monster Gila adalah kadal jenis keluarga varan. Gila rakasa adalah satu-satunya kadal berbisa asli dariAmerika Serikat dan salah satu dari hanya dua spesies yang dikenal dari kadal berbisa di Amerika Utara, tapi karena bergerak sangat lambat, itu menimbulkan sedikit ancaman bagi manusia.

Kulitnya tebal, ekornya pendek, dan tubuhnya gemuk. Monster gila memiliki ekor yang gemuk dan berisi lemak yang menjadi cadangan makanan. Monster gila juga dapat dikenali dari motif gelang-gelang kuning atau jingga. Berbeda dengan sebagian besar kadal lainnya, monster gila memiliki pupil berbentuk bundar. Monster Gila hidup di balik batu atau di dalam tanah untuk menghindari terik matahari dan udara yang sangat panas, karena monster gila hidup di gurun pasir. Monster gila tergolong kadal yang sangat beracun. Kelenjar racunnya terletak di rahang. Racun itu digunakan saat monster gila akan mengigit mangsa seperti halnya komodo. Untuk mencium bau mangsanya, monster gila menggunakan lidahnya.

9. Manatee / Ikan Duyung

Duyung

Manate, juga dikenal sebagai sapi laut, adalah mamalia laut Ukuran mereka dapat mencapai hingga 13 kaki (4,0 m) panjang, dan berat mereka adalah 590 kg. Duyung harus berenang dengan sirip kecil untuk menggerakan tubuhnya di air. Tidak heran mereka bergerak sangat lambat.

10. Woodcock Amerika

american-woodcock1

Woodcock Amerika adalah burung paling lambat di dunia. Meskipun jauh lebih cepat daripada hewan lain di daftar ini, Burung ini memegang rekor untuk kecepatan terbang paling lambat yang pernah tercatat untuk burung – 5 mph (8 kmh).

(Aris)*

Lihat Juga

Thumbnails

5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

Jika yang Anda tau binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka Anda salah. Dunia binatang ...