Home / Animal / Ini Dia, 10 Kadal Terkeren Di Dunia

Ini Dia, 10 Kadal Terkeren Di Dunia

Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal yang dalam bahasa inggris di sebut juga Lizards atau kerabat kadal juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah yang disebut dalam bahasa inggrisnya skink, suku Scincidae, atau umumnya anggota infraordo Scincomorpha.

Jadi, secara umum kadal ini mencakup jenis-jenis yang bertubuh kecil seperti kadal pasir (Lygosoma), sampai ke biawak Komodo (Varanus komodoensis) yang bisa mencapai panjang lebih dari 3 m. Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia (Sauria), bagian dari bangsa hewan bersisik (Squamata).

Anak bangsa Lacertilia pada umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, dan pelupuk mata yang dapat dibuka tutup. Meskipun demikian, sebagai kekecualian, ada pula anggota-anggotanya yang tidak memiliki sebagian ciri itu. Contohnya adalah ‘ular kaca’ (glass snake atau glass lizard, suku Anguidae) yang tak berkaki.

Nah itulah sekilas penjelasan tentang kadal yang dikutip dari Wikipedia, Sudah jelas bukan. Selanjutnya kita akan membahas kadal-kadal yang terkeren di dunia ini, dibilang begitu karena memiliki keunikan nan endemis tersendiri, Berikit 10 Kadal terkeren di dunia ini :

1. Iguana Darat Galapagos (Conolophus subcristatus)

Merupakan spesies endemik di kepulauan Galapagos, dan sekitar 5.000 hingga 10.000 spesies iguana ditemukan di pulau ini, pada dahulu kala populasi kehidupan iguana darat di pulau ini sangat besar, sampai seorang peniliti dunia yang bernama Charles Darwin saat berada di pulau galapagos ini mengungkapkan dengan mengatakan “…ketika kami berada di Pulau itu, kami kesulitan mencari tempat yang bebas dari lubang-lubang mereka untuk mendirikan tenda di situ.”. Dia kemudian mengatakan tentang Iguana darat ini sebagai jenis “binatang buruk rupa, dari warna oranye dengan kekuningan dibawah nya, dan warna merah kecoklatan di atas nya: dari sudut permukaan wajah mereka mempunyai penampilan yang luar biasa”. Iguana ini tumbuh dengan panjang 1-1,5 meter (3-5 kaki) dan berat 11 kg (25 pon), dan diperkirakan mereka memiliki jangka hidup anatara 50-60 tahun-an.

galapagos_land_iguana
Iguana Darat Galapagos (source: Haplochromis)

 

2. Bunglon Parson (Calumma parsonii)

Bunglon Parson merupakan spesies bunglon yang sangat besar nan endemik di hutan Madagaskar bagian timur dan utara, dengan panjang rata-rata 68 cm (27 inch).

Parsons_Chameleon
Bunglon Parson

 

3. Red-headed Rock Agama/Agama batu kepala merah (Agama agama)

Ditemukan di sebagian besar Sub Sahara, Afrika. Agama adalah suatu genus kadal pemakan serangga berekor panjang. Genus agama terdiri atas sedikitnya 37 spesies yang tersebar di seluruh Afrika. Ukuran panjang tubuhnya bervariasi, dari 12,5 hingga 30 cm, dan beraneka warna. Spesies ini dapat dilihat saat tengah panasnya hari di bebatuan atau dinding. Pada musim berkembang biak/kawin, jantan menampilkan tanda warna-warni menakjubkan, kepala, leher dan ekor mengubah oranye terang, dan tubuh berubah biru gelap. Di luar musim berkembang biak, jantan berwarna coklat polos. Sumber utama makanan adalah serangga

Red_headed_Rock_Agama
Agama Batu Kepala Merah

 

4. Kadal Taman Oriental/Asia (Calotes versicolor)

Kadal yang berwarna unik ini biasa ditemukan di Asia. Spesies ini juga dikenal di beberapa bagian dunia. Kadal jantan memiliki tenggorokan berwarna merah cerah saat masa kawin yang membuatnya dinamakan kadal Bloodsucker (Penghisap Darah). Penamaan yang kurang tepat karena sebenarnya kadal ini hanya memakan serangga.

Oriental_garden_lizard
Kadal Taman Oriental

 

5. Iguana Hijau (Iguana iguana)

Iguana hijau ini sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan Austria, Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Iguana ini mempunyai panjang tubuh dari mulai kepala hingga ekor nya sekitar 1,5 meter (4,9 kaki), dengan berat badan 20 pound (9,1 kg).

Green_iguana
Iguana Hijau

 

6. Bunglon Lesser (Furcifer minor)

Furcifer minor, spesies bunglon dalam keluarga Chamaeleonidae, kadal endemik yang asalnya dari Madagascar ini terancam punah karena habitatnya perlahan mulai menghilang.

lesser_chameleon_Furcifer_minor
Bunglon Lesser

 

7. Tokay Gecko/Tokek Rumah (Gekko gecko)

Merupakan sebuah tokek yang berasal dari sebagian besar daerah Asia. Tokek sendiri habitat aslinya adalah pohon hutan hujan dan tebing, tetapi mereka dapat ditemukan di sekitar manusia juga, tepatnya pada dinding dan langit-langit rumah. The Tokay Gecko adalah spesies Gecko terbesar kedua, dengan mencapai panjang sekitar 11-20 inci (28-51 cm) untuk jantan, dan 7-19 inci (18-48 cm) untuk betina, dan bobot hanya 150-400 gram (5,3-14 onz). Mereka mempunyai ciri khas dalam penampilan, dengan tubuh kebiruan atau keabu-abuan, dan bintik-bintik mulai dari warna kuning/kuning muda ke merah terang.

Tokay_Gecko
Tokek Rumah

 

8. Bunglon Jackson (Trioceros jacksonii)

Adalah bunglon Afrika yang pertama kali ditemukan pada tahun 1896. Mereka kadang-kadang disebut “bunglon bertanduk tiga” karena sang jantan memiliki tiga tanduk coklat, yaitu tanduk tersebut berada satu di bagian hidung dan satu di bagian atas setiap mata. Warna bunglon ini adalah hijau/hijau muda tapi seperti semua bunglon, mereka dapat mengubah warna dengan cepat. Ukuran dewasa bunglon ini adalah 12 inci (30 cm) dan mereka merupakan jenis pemakan serangga, terutama serangga kecil.

Jacksons_chameleon
Bunglon Jackson

 

9. Bunglon Panther (Furcifer pardalis)

Bunglon ini hidup di bagian timur dan utara Madagaskar, ukuran bunglon Panther Jantan ini tumbuh dengan panjang rata-rata 17 inci (45cm). Sedangkan untuk ukuran betina sekitar setengah dari ukuran jantan.

panther_chameleon_Furcifer_pardalis
Bunglon Panther

 

10. Thorny dragon/Kadal Berduri (Moloch horridus)

Kadal Australia yang tumbuh hingga 20 cm (8,0 inci) panjang, dan dapat hidup sampai 20 tahun. Sebagian besar kadal berduri ini berwarna kamuflase untuk penyamaran nya dari para predator, dengan warna nuansa cokelat dan abu-abu. Seluruh bagian tubuh kadal ini ditutupi dengan duri berbentuk kerucut dan juga memiliki “kepala palsu” berduri di bagian belakang lehernya. Kepala palsu tersebut berguna untuk mengelabui para predator nya yang memungkinkan para predator tersebut beranggapan telah memakan kepalanya.

Thorny_devil
Kadal Berduri

Lihat Juga

Thumbnails

Lakukanlah ini Jika Sedang Berlibur di Bali, karena semua nya murah hingga yang gratis

Jika Anda bukan orang yang percaya bahwa hal terbaik dalam hidup ini adalah kebebasan. Berikut ...