Home / Tempat Wisata / Curug Cikaso – dengan Tiga Aliran Air Terjun yang Menakjubkan

Curug Cikaso – dengan Tiga Aliran Air Terjun yang Menakjubkan

curug-cikaso-1

WisataPriangan.co.id – Curug cikaso atau dikenal juga dengan sebutan Curug Luhur merupakan Air terjun yang berada di Sukabumi bagian selatan. Curug ini memiliki panorama yang tak terlukiskan kata-kata. Namun sayang karena posisinya terhalang oleh lembah sehingga diperlukan perjuangan yang ekstra untuk mencapai curug ini. Curug Cikaso sendiri berada di Cibitung, Kecamatan Surade Sukabumi.

Nama aslinya sebenarnya Curug Luhur namun karena curug ini airnya berasal dari anak Sungai Cikaso maka kemudian banyak orang yang menyebutnya dengan Curug Cikaso. Air terjun ini terbilang unik karena lebarnya mencapai 100 meter sedangkan ketinggiannya hanya 30 meter. Keseluruhan curug ini memiliki tiga saluran air yang kesemuanya mengalir ke sebuah kolam penampungan tepat berada dibawanya. Dua aliran curugnya nampak secara jelas sedangkan yang satunya lagi agak terhalang oleh tebing. Warna air di kolam penampungannya biru kehijauan yang dipengaruhi oleh ganggang yang ada dibawahnya.

Ketiga aliran air terjun yang ada disini memiliki nama masing-masing yakni Curug Asepan di sebelah kirinya, Curug Meong yang ada di tengahnya dan Curug Aki di bagian kanannya. Aliran air di kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud, Kab. Sukabumi. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, namun dengan adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 m. Ketiga curug tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Keindahan dan kesejukan suasana di sekelilingnya akan membuat setiap orang betah berlama-lama disini.

Bersantai dan menyegarkan diri di aliran curug jadi bagian penting tentunya. Tidak ada ruginya pergi ke Curug Cikaso. Selain murah, pemandangan yang disajikan juga benar-benar luar biasa. Hanya saja perlu adanya perbaikan sarana dan prasarana di setapi sudut tempat wisata, agar pengunjung yang hendak datang dapat merasakan kepuasan. Selain itu tanggung jawab kebersihan dari traveller harus selalu tertanam, agar keindahan yang alami tersebut tidak rusak dan terjaga sebagaimana mestinya.

Akses

Air terjun ini berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 km dari Palabuhanratu.

Rute umum menuju Curug Cikaso diawali dari Surade yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso. Curug Cikaso juga terletak tidak jauh dari Wisata pantai Ujung Genteng dimana terdapat penangkaran penyu kawasan Jawa Barat.

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar Cinagen, Jampang Kulon lalu masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan. Sedangkan jalur kedua yaitu dengan memutar berkeliling selama 6 jam, dimulai dari pertigaan Cibarehong, Surade ke arah SMAN 1 Surade lalu masuk ke kiri, sekitar 3 km dari pertigaan Cibarehong.

Kondisi jalan menuju air terjun ini cukup menyulitkan, oleh karena itu sebelum menuju ke Curug Cikaso perlu dipastikan terlebih dahulu kelayakan kondisi kendaraan yang digunakan, dikarenakan banyaknya badan jalan yang berlubang, serta medan jalan yang berat, dimana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...