Home / Tempat Wisata / Ini dia Air Terjun Buatan Manusia Terbesar di Asia

Ini dia Air Terjun Buatan Manusia Terbesar di Asia

air-terjun-buatan-manusia-di-cina-_160107045543-714
Air terjun buatan manusia di Cina

WIsataPriangan.co.id – Curug, ya begitu kata masyarakat Sunda memanggilnya, Curug yang berarti Air Terjun, adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian, lebih singkatnya : air yang mengalir dari ketinggian, sehingga membawa kesan tersendiri bagi orang yang melihat nya, air terjun seringkali di temukan di daerah pegunungan, hutan dan tempat tinggi lainnya.

Air terjun sendiri terbentuk secara alami yang di bentuk oleh alam itu sendiri, ada pula air terjun buatan manusia seperti halnya yang terkenal di Provinsi Yunnan, Cina. Air terjun dengan tinggi 12,5 meter dan lebar 400 meter, merupakan bagian dari proyek mengalihkan air dari Sungai Niulan ke Danau Dianchi. pengalihan ini dimaksudkan untuk mengurangi banjir yang sering terjadi di Sungai Niulan. Selain itu, dengan adanya air terjun buatan ini diharapkan bisa berfungsi sebagai cadangan air, saat keadaan darurat terjadi.

Air terjun buatan manusia terbesar pertama di Asia telah diciptakan. Meski buatan manusia, air terjun ini tak kalah menarik dengan air terjun alam. Air terjun ini dirancang seperti air terjun raksasa pada umumnya dan sekilas mirip dengan Air Terjun Niagara di Kanada.

Selain itu, juga terdapat taman yang terletak di sekitar air terjun, sehingga memberikan tampilan yang lebih alami dan indah. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi suasana rekreasi pada orang-orang yang datang berkunjung. Air terjun dibuka untuk umum dan pengunjung tak dipungut biaya apapun atau gratis.

Proyek air terjun ini sendiri selesai setelah dua tahun pembuatan. Setidaknya untuk menyelesaikan pembuatannya biaya yang harus dikeluarkan adalah 1,1 miliar yuan atau sekitar 170 juta dollar AS.

Sumber Kutipan: Republika.co.id

Lihat Juga

Thumbnails

Lakukanlah ini Jika Sedang Berlibur di Bali, karena semua nya murah hingga yang gratis

Jika Anda bukan orang yang percaya bahwa hal terbaik dalam hidup ini adalah kebebasan. Berikut ...