Home / Techno / Penemuan Rumah di Zaman Perunggu

Penemuan Rumah di Zaman Perunggu

rumah-di-zaman-perunggu-ditemukan-4dHujZrD25

CAMBRIDGESHIRE – Peterborough Pompeii telah ditemukan oleh arkeolog di Cambridgeshire, Inggris. Temuan itu telah terkubur dalam dan telah ditemukan di ujung Must Farm Quarry di Whittlesey.

Penggalian yang dijalankan oleh Cambridge University Cambridge Archaeological Unit itu, akan mengungkapkan bagaimana orang hidup ribuan tahun lalu di Bronze Age atau Zaman Perunggu. Peterborough Pompeii telah menjadi penemuan yang luar biasa, yang menurut para ahli bisa mengubah pemahaman tentang Zaman Perunggu, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, Rabu (13/1/2016).

Tempat tinggal itu ditemukan di tambang batu bata, yang dibangun di atas panggung di sungai dan hancur dalam kebakaran 3.000 tahun lalu. Sisa-sisa bangunan itu jatuh ke air dan lumpur, sehingga sisa-sisa itu terkubur jauh di dalam tanah.

Dana yang dibutuhkan untuk menggali situs itu sebesar 1,1 juta poundsterling itu didanai oleh lembaga warisan bersejarah Inggris, dan pemilik tambang Forterra. Situs yang muncul itu di antaranya jar dengan makanan di dalamnya, mangkuk kayu, tulang hewan, tekstil, dan manik-manik kaca.

Mark Knight, direktur situs penggalian, mengatakan, “Kami secara efektif untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris akan masuk ke dalam sebuah bangsal lokomotif Zaman Perunggu. Kami akan masuk ke dalam rumah Zaman Perunggu, kami akan melihat apa yang ada di sana, apa yang mereka kenakan, apa yang mereka makan pada saat itu,” katanya.

Di samping itu, sebuah tengkorak manusia juga ditemukan, namun Mr Knight mengatakan penggalian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah ada banyak sisa-sisa orang yang meninggal dalam kebakaran, atau adakah tengkorak musuh atau nenek moyang yang terungkap.

Tim juga berharap mengetahui apakah kebakaran itu merupakan unsur kesengajaan musuh atau memang kecelakaan. Mereka juga akan menyelidiki hal ini dengan bantuan ahli api untuk membandingkan dengan kota Romawi Pompeii di Italia Selatan.