Home / Techno / NASA Tangkap Objek “X” Besar di Pluto

NASA Tangkap Objek “X” Besar di Pluto

nasa-tangkap-objek-x-besar-di-pluto-U32BF4NPsU

CALIFORNIA – Pada gambar terbaru Pluto yang diberikan pesawat luar angkasa NASA New Horizon, para astronom melihat sebuah lekukan “X”, yang menandakan tempat beberapa aktivitas permukaan di planet kerdil itu.

Gambar itu ditransmisi ke Bumi pada 24 Desember 2015 dari jantung planet terjauh dalam tata surya. Menurut NASA, gambar baru mencakup tampilan resolusi tinggi Pluto, yang memanjang ke pusat “Sputnik Planum”, yang juga disebut icy plain.

Meskipun icy plain lebih rendah dibandingkan dengan sebagian besar daerah sekitarnya, icy plain tidak benar-benar datar ketika permukaannya dipisahkan menjadi sel-sel selebar 10 mil hingga 25 mil. Gambar ini merupakan bagian dari serangkaian gambar yang diambil New Horizons yang diambil sekira 25-280 kaki per piksel.

Sebagaimana dilaporkan IBTimes, Senin (11/1/2016), para ilmuwan percaya bahwa pola sel adalah hasil konveksi termal lambat dari nitrogen yang didominasi es di Sputnik Planum. Setelah menghangat oleh panas internal Pluto beberapa mil di bawah permukaan, nitrogen padat ini naik ke gumpalan besar, sebelum mendingin dan tenggelam lagi untuk mengulangi siklus.

“Ini bagian dari tindakan Pluto seperti lampu lava, jika Anda bisa membayangkan lampu lava selebar dan bahkan lebih dalam dibanding Hudson Bay,” kata William McKinnon, wakil ketua New Horizons Geologi, Geofisika dan tim Imaging dari Washington University di St. Louis, Missouri dalam sebuah pernyataan.

Para ilmuwan mengamati beberapa model komputer dengan New Horizon untuk menentukan, gumpalan ini membalikkan nitrogen padat secara bertahap dan menggabungkan selama jutaan tahun.

“Fitur ‘X’ kemungkinan salah satu dari (aktivitas) ini,” kata NASA.

Pada Juli tahun lalu, New Horizon memperoleh foto permukaan Pluto, mengungkapkan pegunungan baru yang terletak di tepi kiri bawah dari Pluto, wilayah berbentuk hati yang disebut “Tombaugh Regio”.

Sumber: okezone

Lihat Juga

Thumbnails

Pesawat Luar Angkasa akan Tiba di Orbit Mars pada Oktober Mendatang

European Space Agency (ESA) mengonfirmasi bahwa ESA/Roscosmos ExoMars 2016 sedang dalam perjalanan menuju Mars. Badan ...