Home / Animal / Ditemukan Jenis Baru Katak Pohon Kanibal

Ditemukan Jenis Baru Katak Pohon Kanibal

ditemukan-genus-baru-katak-pohon-kanibal-O2fOINfjBa

BEIJING – Sebuah penemuan spesies katak langka tak disengaja terjadi di bagian timur laut hutan India, China. Katak pohon itu disebut memakan telur jenisnya sendiri.

Dilansir dari Mongabay, Jumat (22/1/2016), cerita dimulai pada 1870 ketika seorang naturalis Inggris mengumpulkan dua katak kecil dari hutan sekitar Darjeeling, dan membawa mereka kembali ke Natural History Museum of London. Komunitas ilmiah menamai spesies itu Polypedates Jerdonii dan tidak pernah melihatnya lagi.

Namun pada 2007, sebuah tim yang dipimpin oleh herpetologis biologi terkenal Sathyabhama Das Biju dari Universitas Delhi telah survei hutan di timur laut negara bagian Nagaland. Mereka mencari amfibi yang tinggal di tanah, tapi kemudian mereka mendengar sesuatu yang mengalihkan fokus mereka ke atas. Biju, naturalis, menyatakan pada Associated Press, “Kami mendengar orkestra musik penuh yang berasal dari puncak-puncak pohon. Itu ajaib. Tentu saja kami harus menyelidikinya”.

‘Orkestra’ itu ternyata katak pohon yang para ilmuwan belum pernah lihat sebelumnya. Mereka menyebutnya mirip dengan P. Jerdonii (yang telah ditempatkan di beberapa genera selama bertahun-tahun) yang merupakan kata besar, dengan mata melotot, moncong luas, dan banyak anyaman antara jari kaki mereka.

Biju dan timnya menghabiskan beberapa tahun mengumpulkan dan meneliti katak ini dari beberapa negara bagian India utara dan di seberang perbatasan di China, membandingkan karakteristik fisik dan gen mereka untuk spesies katak pohon. Mereka juga mengamati perilaku katak ini dan menemukan bahwa katak itu meletakkan telur mereka di cekungan pohon, di mana air yang terkumpul. Tapi cekungan ini tidak mengandung cukup makanan untuk mengembangkan berudu, jadi bagaimana mereka bertahan hidup?

Misteri itu terpecahkan ketika para ilmuwan melihat lebih dekat pada perut berudu. Di dalamnya, mereka menemukan sisa-sisa telur. Para peneliti menduga katak betina, menjadi ibu yang luar biasa yang kembali ke cekungan mereka untuk menelurkan telur yang tidak dibuahi untuk anak-anak mereka untuk dimakan.

Makan telur atau yang disebut ‘oophagy’ bukan hal baru pada spesies katak pohon India. Berbagai spesies katak adalah oophagy, salah satu dari banyak adaptasi akal amfibi telah berevolusi untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras.

Beberapa berudu, seperti yang dimiliki katak spadefoot, bahkan makan satu sama lain. Namun oophagy katak pohon India, perbedaan karakteristik fisik katak pohon dan genetik, membantu para peneliti mengetahui bahwa mereka berhadapan dengan jenis yang sama sekali baru dari katak.

Saking uniknya, peneliti memberikan mereka genus sendiri: Frankie Alus. Para ilmuwan sejauh ini mengidentifikasi dua spesies dalam genus, yakni Franki Alus Jerdonii dan spesies satu lagi yang belum dinamai.

Lihat Juga

Thumbnails

5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

Jika yang Anda tau binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka Anda salah. Dunia binatang ...