Home / Animal / 10 Hewan Paling Lambat di Dunia

10 Hewan Paling Lambat di Dunia

WisataPriangan.co.id – Sebagai mana kita tahu bahwa hewan cepat sering kita jumpai di kehidupan setiap hari nya, dalam periklanan pun kita sering kali melihat beberapa hewan dengan lincah dan berlari sangat cepat. Bagaimana dengan hewan yang lambat? sepertinya kita jarang menjumpai hewan seperti ini. Lalu hewan apakah yang paling lambat di dunia ini? mari kita simak 10 hewan paling lambat di dunia:

1. Siput Kebun / Siput Taman

Tidak mengherankan, hewan satu ini menjadi hewan paling lambat di dunia. Terkenal dengan nama sebutan siput kebun atau siput taman ini merupakan spesies siput tanah. Hewan ini bergerak dengan kecepatan maksimal 1,3 sentimeter per detik, dengan begitu dia bergerak sepanjang 78 cm per-menit, atau sekitar 47 meter (154 kaki) setiap per-jam nya. Dan bila dia berjalan selama 21 jam, dia hanya menempuh 1 km (0,6 mil) saja.

garden-snail-helix-aspersa

2. Kungkang/Sloth

Hewan paling lambat di dunia juga ada hewan lucunan manis, nama nya Sloth yang berarti malas. Mengapa namanya demikian? karena hewan ini mempunyai sifat yang terlihat seperti malas dan lesu. Hewan ini berjalan dengan kecepatan maksimal 2 meter (6,5 kaki) per-menit, yang berarti dia menempuh hanya sekitar 0,12 km per- jam, atau 0,07 mil per-jam nya.

sloth
(source: Christian Mehlführer)

3. Bintang Laut

Hewan ini sangat unik dan luar biasa, dan lebih cepat dibandingkan hewan siput dan sloth. Bintang laut juga memiliki sekitar 1500 spesies, namun sebagian besar dari mereka tidak bisa bergerak secara cepat Hewan yang berkulit seperti bintang ini bergerak pada kecepatan hanya 15 cm (6 in) per-menit. Akan tetapi hewan berbentuk bintang yang berada di pasir dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan rejan 2,8 meter (9 ft 2 in) per-menit. Itu berarti kecepatan hewan ini sekitar 0,168 kmph (sekitar 0,1 mph).

inspirasi-buntang-laut

4. Kura-kura Raksasa

Kura-kura memiliki gerak yang sangat lambat. Dengan berat kura-kura raksasa yang hampir mencapai 300 kg. Kura-kura jenis ini hanya mampu bergerak paling cepat sejauh kurang dari 1 meter per detik. Mungkin karena usianya yang lebih panjang dari usia manusia, binatang tersebut merasa tidak terburu-buru untuk bergerak. Sama halnya bila dibandingkan dengan manusia yang mempunyai berat sekitar 300 kg (660 lbs) maka bergerak pun akan terasa lambat.

Galapagos_giant_tortoise
(source: wiki)

5. Koala

Koala adalah binatang marsupial dari Australia yang merupakan hewan nokturnal, hewan satu ini sangat lucu sama halnya seperti hewan Sloth. Koala bergerak sangat lambat dan menghabiskan waktunya di siang hari untuk tidur di pohon.

koala
(source: Benjamint444)

6. Siput Telanjang

Hewan ini berjalan dengan perutnya dan mempunyai antena, dan hewan ini tidak dilengkapi dengan rumah pelindung seperti halnya siput tanah atau siput kebun. Siput ini bergerak sangat lambat. Kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari siput adalah 0,3 km / h (0,19 mph).

S-slug-on-lettuce
(source: allaboutslugs.com)

7. Kuda Laut

Ada 54 spesies kuda laut. Ukuran berbagai kuda laut 1,5 sampai 35,5 cm (0,6 sampai 14,0 in). Kuda laut adalah salah satu hewan laut yang paling lambat bergerak. Ia hanya memiliki kecepatan bergerak 0,001 mph. Kuda laut memiliki bentuk ekor yang melengkung ke dalam, seperti tunas tumbuhan paku, sehingga waktu ia bergerak menjadi terlihat lucu.

Black_Sea_fauna_Seahorse
(source: Wiki)

8. Gila Monster

Gila monster adalah kadal besar berbisa yang biasa ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko utara selatan. Ukurannya bisa mencapai 60 cm (2,0 ft) dan yang berat biasanya dalam kisaran 350-700 g (0,77-1,54 lb. Kadal rakasa ini memiliki kaki yang kuat dan cakar panjang yang digunakan untuk menggali. ia menghabiskan sebagian besar waktu mereka di liang bawah tanah. Mereka merupakan reptil yang lamban dan biasanya memakan tikus, kelinci, dan telur burung yang ditemukan di dalam tanah. Hewan ini juga dapat mengancam keselamatan manusia.

(Source: Wiki)
(Source: Wiki)

9. Manatee / Dugong

Manatee merupakan mamalia laut yang dikenal dengan sebutan sapi laut. Ukuran Panjang mereka mencapai hingga 13 kaki (4,0 m), dan berat mereka sebanyak 590 kg (1300 pound). Hwan ini berjalan sangat lambat, dikarenkan mereka bejalan menggunakan sirip kecil seperti dayung yang mendorong beban berat badan yang besar.

Manatee
(source: Ahodges7)

10. America Woodcock / Burung pelatuk kayu Amerika

Burung satu ini merupakan hewan paling lambat di dunia. Meskipun jauh lebih cepat daripada hewan-hewan yang ada di daftar ini, Burung ini memegang rekor kecepatan terbang paling lambat sekitar 5 mph (8 kmh) dari yang pernah tercatat kecepatan terbang untuk burung.

American_Woodcock
(source: Matt MacGillivray)

Lihat Juga

Thumbnails

5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

Jika yang Anda tau binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka Anda salah. Dunia binatang ...