Home / Tempat Wisata / Keindahan Pantai Lembah Putri yang Terlupakan

Keindahan Pantai Lembah Putri yang Terlupakan

lembah putri

WisataPriangan.co.id – Pantai Lembah Putri adalah salah satu pantai di deretan kawasan wisata pantai selatan. Berjarak sekitar 13 km sebelum Pantai Pangandaran dan tidak jauh 5 km setelah Pantai Karang Nini. Lokasi nua berada di dusun Lembah Putri, desa Putra Pinggan, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Kondisi alam di pantai ini masih alami. Pantainya terbentang luas dan berhadapan dengan Samudra Hindia di selatan Pulau Jawa.

Keindahan Pantai Lembah Putri ini memang masih kalah populer dengan Pantai-pantai lainnya di wisata Pangandaran. Pemandangan pantai indah Lembah Putri juga mempunyai panorama yang mempesona namun masih jarang pengunjung yang datang ke pantai ini sehingga keasriannya masih terjaga.

lembah_putri-03_mini

Panorama pantai yang indah dan hawa pegunungan yang sejuk menyatu dipantai ini, suatu perpaduan yang layak dinikmati. Batu bertuliskan ‘Lembah Putri’ terpampang di sebelah kiri jalan menuju Pantai Pangandaran. Eloknya alam Pantai Lembah Putri dapat dinikmati dengan jelas dari pendopo yang ada di atas bukit, untuk ke sana mesti menaiki sejumlah anak tangga yang mirip miniatur Tembok Cina. Miniatur Tembok Cina ini nampaknya dibuat untuk menjadi trademark tempat ini. Dibuat dari batu alam berwarna hitam kecoklatan dengan tinggi sekitar 1 meter, ia memiliki undakan yang jarak antara undakan lumayan lebar.

Pendopo tersebut juga didirikan dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun rapi. Luas pendopo tersebut sekitar 100 mdan beratapkan beton sehingga Anda dapat merasakan pemandangan yang lebih menarik dari atap pendopo tersebut. Pengunjung dapat melihat lebih jelas lagi hamparan laut lepas yang biru. Semilir angin pantai yang menyejukkan jiwa. Ribuan nyiur di pinggir pantai melambai mengikuti arah angin. Deburan-deburan ombak yang bergemuruh serta suasana alam yang dapat membuat hati Anda tenang.

Selain melihat pemandangan, pengunjung juga bisa menjelajahi bukit di sekitar pantai. Di barat pantai ada muara Sungai Ciputra Pinggan. Pengunjung juga bisa mengunjungi Goa Ronggeng yang konon memiliki cerita mistis. Sebagian orang mengaku pernah mendengar suara musik dan gamelan ronggeng dari tempat ini. Menurut kepercayaan adat setempat, dulunya wilayah Putra Pinggan ada kerajaan dan berhubungan dengan kisah Dewi Rengganis. Dia kerap menjalankan kesenian Ronggeng Gunung yang asli daerah Pangandaran.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...