Home / Berita / 10 Tempat Yang Mempunyai Iklim Mikro Menarik Di Dunia

10 Tempat Yang Mempunyai Iklim Mikro Menarik Di Dunia

WisataPriangan.co.id – Iklim Mikro atau juga di tulis mikroiklim dan dalam bahasa lainnya Microclimates merujuk kepada keadaan iklim bagi suatu kawasan kecil atau iklim tempatan. Iklim satu lokasi adalah satu rantaian merujuk kepada sistem iklim yang lebih besar, maka perubahan dalam sesuatau iklim akan mengakibatkan perubahan kepada sistem iklim yang lebih besar.

Ada nya pembangunan membawa kesan ke atas sistem iklim mikro. Pembangunan mengubah iklim mikro suatu kawasan, kesan utama adalah terhadap imbangan sinaran tenaga dan gangguan terhadap kitaran hidrologi. Penebangan pokok mengakibatkan kuantiti sinaran tenaga yang diserap oleh tanah lapang meningkat. Ini menyebabkan peningkatan suhu permukaan tanah dan suhu udara. Pembalikan sinaran tenaga bertambah hingga menyebabkan suhu udara meningkat.

Berikut 10 tempat yang mempunyai iklim mikro menarik di dunia:

1. San Francisco, California

San Francisco dikenal karena banyak iklim mikro yang dibuat oleh beragam topografi kota. Kondisi cuaca dapat bervariasi sebanyak 9°F (5°C) dari blok ke blok! Misalnya, lingkungan Noe Valley biasanya lebih hangat dan cuaca yang lebih cerah dari pada daerah sekitarnya, meski berhadapan langsung dengan samudera pasifik, namun karena bukit-bukit di sekitarnya memblokir beberapa kabut dingin dari samudera Pasifik.

C1E88A4D-CACC-4E4D-9CA4-952E252713D2
San Francisco (source:sothebyshomes.com)

2. Kosta Rika

Kosta Rika memiliki 12 iklim mikro yang berbeda dan sangat bervariasi, mulai dari panas, lembab dan dingin. Suhu sebagian besar ditentukan oleh ketinggian, topografi dan geografi keseluruhan daerah.

mengunjungi-kosta-rika
Kosta Rika (source:merdeka.com)

3. Pulau Saint Helena, Inggris Raya

Pulau Saint helena adalah merupakan sebuah pulau paling terpencil di dunia, dan merupakan wilayah Inggris Raya paling luar, selain itu pulau ini menjadi terkenal karena pulau ini menjadi rumah bagi Napoleon Bonaparte selama pengasingan nya, sekaligus tempat di mana ia meninggal dan di mana ia awalnya dimakamkan. Iklim di seluruh pulau kecil ini bervariasi, seperti suhu di ibukota Jamestown biasanya 5-6°C (9,0-10,8°F) lebih tinggi daripada di tengah pulau (Longwood: Rumah Napoleon). Dan Jamestown juga menerima curah hujan yang sedikit daripada di tempat yang lebih tinggi dan pantai di sebelah selatannya, di mana hal ini juga terasa lebih dingin.

Jamestown_Saint_Helena
Saint Helena (Mejuto)

4. Sydney, Australia

Selama musim panas di Sydney, ada perbedaan iklim di antara pantai Sydney dan pinggiran kota pedalaman, walaupun perbedaan nya bisa menjadi relatif ringan atau sedikit. Saat cuaca sedang ektrem, suhu bagian pantai kota bisa mencapai 24°C (75°F), sedangkan suhu kota bagian dalam nya (sekitar 30 km/19 mil) mencapai 36°C (97°F). Hal ini dikarenakan angin pantai tidak menembus cukup jauh ke bagian pedalaman.

sydney
Sydney (source: Rodney Haywood)

5. Sevilla, Spanyol

Suhu pada musim panas di daerah pesisir Andalusia Spanyol memiliki rata-rata sekitar 30°C (86°F), sedangkan suhu kota yang sedikit dalam dari pesisiran seperti halnya Sevilla, pada saat musim panas daerah ini memiliki suhu yang sangat panas mencapai rata-rata 36°C (97°F).

38-1
Sevilla (Source: eropa.panduanwisata.id)

6. Casablanca, Moroko

Casablanca-Maroko, merupakan sebuah kota atau daerah yang dekat dengan gurun sahara dan juga berada di tepian pantai samudera atlantik, hal ini bisa menjelasakan pada saat musim panas daerah ini bisa dibilang cukup dingin dan memiliki suhu rata-rata 23°C (73°F) hingga 26°C (79°F) meski dekat dengan gurun sahara yang memiliki rata-rata suhu melebihi 38°C (100,4°F) – 40°C (104°F).

coast_of_casablanca
Casablanca (source: Elgaard)

7. Amman, Yordania

Amman memiliki iklim mikro yang ekstrim, dengan cuaca yang berbeda di hampir setiap daerahnya. Daerah seperti pinggiran utara dan barat kota yang dikenal jauh lebih dingin dari pada di pusat kota.

Amman_Jordan
Amman (source: Zeynel Cebeci)

8. Santiago, Chili

Variasi iklim di Santiago sangat mempengaruhi tidak hanya suhu, melainkan juga mempengaruhi hujan. Daerah elevasi yang lebih rendah seperti halnya daerah bandara udara menerima curah hujan 20% kurang dari pusat kota.

Santiago_chile
Santiago (source: Javmoraga)

9. Leeds, Inggris Raya

Leeds adalah salah satu kota paling kering di Inggris, dan seperti kota-kota lainnya yang memiliki beragam variasi dalam topografi yang saya sebutkan di sini, Leeds juga memiliki iklim mikro. Variasi ketinggian antara pusat kota dan daerah kota lain di sekitarnya, menyebabkan variasi di suhu nya terlihat beberapa derajat.

Millennium_Square_Leeds
Leeds (source: Mtaylor848)

10. Calgary, Kanada

Caglary dikenal memiliki iklim mikro dengan perbedaan cuaca yang mencolok. Yang disebabkan oleh perbedaan ketinggian yang besar lebih dari 1.000 ft (300 m) di dalam kota. Misalnya, suhu di pusat kota berbeda dari daerah kota di bagian barat dan utara.

calgary_canada
Calgary (source: Robert Walker)

Lihat Juga

Thumbnails

10 Lokasi Pokemon Go paling Epic di Dunia – WisataPriangan

Inilah 10 tempat-tempat Pokemon Go yang menakjubkan dan epic di dunia. WisataPriangan.co.id – Pada beberapa bulan yang ...