Home / Berita / NASA Sebut Ada Asteroid yang Mendekati Bumi

NASA Sebut Ada Asteroid yang Mendekati Bumi

nasa-sebut-ada-asteroid-yang-mendekati-bumi-wuwDjahkG7
NASA Sebut Ada Asteroid yang “Mendekati” Bumi (Foto: CNet)

Agensi antariksa NASA menyatakan untuk kali pertama asteroid ditemukan lebih dekat dengan Bumi. Asteroid 2013 TX68 akan mendekati Bumi dalam jarak terdekatnya pada 5 Maret 2016. Asteroid tersebut berukuran panjang 30 meter dan jarak 14 juta kilometer (km), padahal jarak aman ada pada jarak 17 juta km.

Dengan sedikitnya data tentang lintasan asteroid, NASA telah membuat sejumlah orang paranoid. Namun mereka menyebut bahwa tidak mungkin 2013 TX68 menabrak Bumi dan menjadi akhir dunia.

Dalam rilisnya, badan antariksa itu meyakinkan bahwa tidak ada kemungkinan objek ini bisa menabrak Bumi selama ia terbang pada lintasannya. Namun, ada kemungkinan dalam 1 banding 250 juta, jika benda itu menabrak Bumi pada 2017, dan peluang lebih kecil untuk lewat di 2046 dan 2097.

“Kemungkinan tabrakan di salah satu dari tiga kesempatan perlintas masa depan terlalu kecil untuk jadi kekhawatiran nyata,” kata Paul Chodas, manajer NASA Pusat Studi NEO (Neos). “Saya sepenuhnya mengharapkan pengamatan masa depan untuk mengurangi probabilitas bahkan lebih.”

Bahkan jika 2013 TX68 benar-benar menabrak planet Bumi, manusia mungkin tidak akan punah. Asteroid itu hanya kira-kira dua kali ukuran meteor yang meledak di langit Rusia tiga tahun yang lalu. Event itu hanya membuat ribuan jendela di kota Chelyabinsk menutup sebelum batu tersebut mendarat di sebuah danau beku di luar kota, dan tidak menyebabkan kerusakan lainnya.

Mungkin ancaman yang lebih nyata adalah gagasan bahwa asteroid bisa menabrak satelit yang mengorbit Bumi.  Asteroid ini juga akan menghentak Bumi beberapa saat.

Sumber: Okezone

Lihat Juga

Thumbnails

Nadine Chandrawinata ditunjuk Sebagai Duta Wisata Bahari Oleh WTP

Nadine Chandrawinata selama ini sangat menyukai hal-hal berbau laut, seperti renang, diving, dan sejenisnya. Karena ...