Home / Dunia / Wisata ke Batu Caves Malaysia

Wisata ke Batu Caves Malaysia

Batu-Caves-Malaysia-1680x1050-wide-wallpapers.net
Source: cibuka.com

WisataPriangan.co.id – Batu Caves merupakan salah satu tujuan wisata cukup populer di Selangor, yang berjarak sekitar 13 km dari Kualau Lumpur, Ibukota Malaysia. Di Batu Caves banyak terdapat kuil Hindu karena memang lokasi ini dijadikan sebagai tempat ibadah suci umat Hindu di Malaysia. Selain itu, hal menarik lainnya yakni adanya patung Dewa Murugan yang menjulang tinggi mencapai 43 meter yang konon merupakan patung Dewa Hindu yang tertinggi di dunia.

Batu Caves adalah bukit batu yang mempunyai banyak goa-goa dan kuil-kuil didalam goa-goa tersebut. Batu Caves terletak di bagian Utara dari Kuala Lumpur, Malaysia. Nama Batu Caves didapat dari Sungai Batu atau Batu River yang  mengalir melewati bukit tersebut. Goa tersebut merupakan salah satu kuil Hindu terkenal diluar India dan merupakan pusat dari Festival Thaipusam.

Batu Caves memiliki tiga gua utama dan satu gua kecil. Anda yang datang kesini juga berkesempatan untuk melihat ribuan kelelawar yang berada didalam gua, yang bagi sebagian orang cukup menggelikan bahkan menakutkan. Tempat yang paling menarik disini dan biasanya kerap dijadikan lokasi berfoto oleh pengunjung ialah kuil utama yang baru bisa dicapai setelah menaiki 272 anak tangga.

Sebagai tempat beribadahnya umat Hindu tentu sudah sewajarnya kalau tempat ini dijaga oleh para pendeta Hindu. Bagi Anda yang bukan beragama Hindu, biasanya pendeta juga akan mengajak untuk turut bersembahyang bersama di kuil, serta di dahi Anda akan ditempeli semacam cap atau tanda yang biasa kita saksikan dalam film-film India. Layaknya bersama artis, pengunjung juga bisa berfoto bersama sang pendeta yang ada di Batu Caves. .

Secara berkala, di Batu Caves kerap diadakan festival yang biasanya diadakannya sekitar bulan Februari. Festival yang dinamakan Thaipusam ini terbilang festival yang cukup menyeramkan karena kerap menggelar atraksi-atraksi yang aneh semisal orang yang kesurupan atau ada orang yang ditempeli paku ditubuhnya dan diseret-seret. Dan jagan heran ketika menggelar festival ini, Batu Caves akan menjadi lautan orang dimana mereka berdatangan dari berbagai penjuru.

Situs Religi

Kalau kamu berkunjung ke tempat ini, ada banyak hal menarik yang dapat kamu temukan seperti tiga gua utama dan yang paling besar bernama Gua Cathedral dimana kamu harus mendaki 272 anak tangga untuk mencapai Gua yang terbesarnya. Wah mendengarnya saja sudah lelah apalagi  menjalaninya. Tapi semua jerih payah itu tidak akan sia-sia. Karena begitu kamu sampai di Gua Cathedral, semua rasa lelah itu akan digantikan oleh rasa takjub saat kamu melihat Gua Cathedral dan pemandangan disekitarnya.

Begitu kamu turun kamu akan menemukan Gua Galeri Seni dan Museum Gua. Jangan takut kalau kamu datang tanpa ikut tur dan tidak ada yang menjelaskan tentang gua-gua tersebut. Karena pemerintah Malaysia juga menyediakan tur audio bagi para pengunjung yang menjelaskan tentang gua-gua tersebut.

Disini juga ada Gua Ramayana loh. Jadi terlihat jelas pengaruh kebudayaan India terhadap Batu Caves . Kalau kamu berjalan kearah Gua Ramayana kamu akan melihat patung si dewa kera putih atau Hanuman dan tidak tanggung-tanggung tingginya 15 meter. Tidak jauh dari Patung Hanuman ada juga kuil yang dipersembahkan untuk si monyet putih sakti tersebut yang ditahbiskan (disucikan/diberkati) pada bulan November 2001.

Keadaan Alam di Sekitar Batu Caves dan Kehidupan Alamnya

Jangan takut akan bosan di Batu Caves. Disana kamu bukan hanya akan menemukan batu-batu, gua, kuil dan patung-patung, tapi kamu juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna. Yang paling terlihat saat kamu sampai disana adalah komunitas para monyet. Jadi sebaiknya kamu bawa makanan supaya mereka tidak menyerang kamu dan merusak liburanmu. Kamu juga bisa melihat makhluk-makhluk penghuni goa disana seperti kelelawar dan laba-laba.

Di dasar goa masih banyak goa-goa yang bahkan belum tersentuh sehingga bisa terlihat banyaknya stalagmit-stalagmit yang terbentuk selama beribu-ribu tahun. Untuk menjaga keindahannya, maka akses untuk masuk ke bagian bawah gua pun dibatasi.

Wah banyak banget hal yang menarik dari Batu Caves  ini dan kalau kamu beruntung, mungkin saat kamu mengunjungi Batu Caves  ini mereka sedang merayakan Festival Thaipusam. Tentu saja hal ini akan menambah kepuasan saat berkunjung ke Malaysia.

Akses

Jaraknya sekitar 13 km saja dariKuala Lumpur, dan lebih mudah menggunakan taksi dengan biaya antara RM10 – RM15. Kalau naik bus rutenya dari Stasiun Titi Wangsa ambil Rapid KL rute U6. Atau kalau dari China Town Petaling Street Anda tinggal naik bus Nr 70 dan 349.

Sumber: panduanwisata, cibuka

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...