Home / Techno / Ratusan Galaxy Ditemukan Dekat Bima Sakti

Ratusan Galaxy Ditemukan Dekat Bima Sakti

ratusan-galaxy-ditemukan-dekat-bima-sakti-f7N0qQFN9H
ilustrasi (foto: Techtimes)

Para astronomi dan peneliti menemukan ratusan galaksi dengan jarak 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Penemuan baru galaksi itu sebelumnya tersembunyi dan tidak dapat dilacak oleh para astronomi.

Dikutip Solopos dari Techtimes, Kamis (11/2/2016), tentu saja dengan penemuan baru galaksi-galaksi di Tata Surya akan menimbulkan pertanyaan bagaimana bisa ratusan galaksi yang memiliki jarak dekat dengan galaksi kita bisa bersembunyi dalam jangka waktu yang lama.

Penemuan baru ratusan galaksi ini dipublikasikan di Astronomical Journal, yang berisi tentang informasi detail dari ditemukannya ratusan galaksi dan beberapa gagasan tentang galaksi lain yang bersembunyi.

Peneliti sudah sangat yakin memang masih ada ratusan bahkan mungkin mencapai ribuan galaksi yang berdekatan dengan galaksi Bima Sakti, namun para peneliti tidak tahu lokasi tepat dari galaksi-galaksi tersebut.

Beberapa peneliti beranggapan banyaknya galaksi di luar sana yang tersembunyi karena galaksi Bima Sakti sendiri yang membutakan kita. Galaksi Bima Sakti adalah galaksi yang besar dan memiliki intensitas cahaya, gas, debu, bintang, dan angkasa yang banyak dan luas.

Semua unsur dalam galaksi kita tersebut menyatu dan membentuk suatu lingkaran raksasa yang sangat terang. Karena terangnya Bima Sakti, membuat cahaya dari galaksi galaksi lain tidak terlihat.

Untuk meminimalisir fakta ini dan dapat menemukan galaksi lain, para peneliti menggunakan teleskop radio untuk meneliti suatu zona baru yang dinamai Zone of Avoidance. Dengan teleskop radio itu peneliti bisa memetakan 883 galaksi dan 250 galaksi baru.

Lihat Juga

Thumbnails

Pesawat Luar Angkasa akan Tiba di Orbit Mars pada Oktober Mendatang

European Space Agency (ESA) mengonfirmasi bahwa ESA/Roscosmos ExoMars 2016 sedang dalam perjalanan menuju Mars. Badan ...