Home / Tempat Wisata / Menikmati Danau Ranau yang Cantik dan Mempesona ini di OKU Selatan

Menikmati Danau Ranau yang Cantik dan Mempesona ini di OKU Selatan

danau-ranau1_20150518_232249

WisataPriangan.co.idDanau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terbentuk akibat gempa bumi yang dahsyat dan letusan gunung vulkanik. Sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Berbagai jenis tanaman termasuk semak belukar yang secara lokal dikenal sebagai Ranau, tumbuh di tepi danau dan sisa-sisa gunung menjadi Gunung Seminung, yang berdiri menjulang di samping danau yang memiliki air bersih ini.

Danau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Karena itu, secara geografis topografi, Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah. Tidak heran jika di kawasan danau ini cuacanya sangat sejuk.

Danau ini menjadi objek wisata andalan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dengan tipelogi daerah perbukitan. Di kabupaten ini, Danau Ranau menempati sebagian wilayah Kecamatan Banding Agung, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Akses

Dari Kota Muaradua yang menjadi ibukota Kabupaten OKU Selatan, danau ini hanya berjarak sekitar 55 Km. Dan jika menggunakan transportasi jalur darat, waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Palembang, butuh waktu sekitar 9 jam perjalanan menggunakan mobil.

Berkeliling

Untuk berkeliling di sekitar danau yang memiliki luas 44 km2 ini, pengunjung bisa menggunakan perahu motor, yang dikenal dengan Ketek. Tingkat harganya bervariasi mulai dari Rp100.000,00 sampai Rp250.000,00 tergantung pada tujuan Anda. Untuk melihat air terjun, Anda harus menggunakan angkutan darat.

Di kawasan Danau Ranau terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pulau Marisa yang terletak di tengah-tengah danau. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat atau pun para wisatawan yang datang. Tak hanya itu, di sana juga terdapat air terjun, dan penginapan. Pulau ini juga memiliki air terjun dan sawah yang luas, dan sebagian besar lahan ditutupi oleh hutan dan dihuni oleh beberapa primata.

Jika ingin ke pulau ini, di dermaga Banding Agung dan dermaga Pusri telah tersedia perahu motor dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Pulau itu berdekatan dengan lokasi tempat pemandian sumber air panas yang mengandung belerang. Masyarakat setempat percaya, mandi di sana bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit.

Belanja dan Kuliner

Setelah berkunjung ke Pulau Marisa, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di sekitar danau. Di sana Anda akan melihat hamparan sawah luas yang menghijau dan berhektare-hektare kebun kopi milik warga setempat.

Danau Ranau terkenal dengan ikan-ikannya yang berukuran besar, Anda pun bisa menangkap ikan di danau dan membakarnya di tepi danau, sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa dan menikmati kesejukan udara di Danau Ranau. Kegiatan ini sangat mengasyikan, coba saja. Dan jika Anda tidak mau repot-repot menangkap ikan secara langsung, Anda bisa membeli ikan langsung dari nelayan lokal seperti ikan mujair (Sarotherodon mossambicus Peters), Kepor (Banded Daun Ikan), Kepiat (Puntius Waandersi), dan ikan Harongan. Harga yang ditawarkan oleh nelayan yang jauh lebih murah daripada harga di pasar lokal.

Akomodasi

Bagi yang ingin bermalam di Danau Ranau, tidak perlu khawatir. Meskipun terpencil, tempat wisata ini telah mulai dikembangkan, di sana ada Villa Pusri, Mes Air Terjun, beberapa hotel dan penginapan lain. Dan jika Anda ingin tinggal di tempat yang lebih murah, Anda bisa menyewa sebuah kamar di rumah penduduk dengan harga yang cukup murah per malamnya.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id РJika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...