Home / Tempat Wisata / Pantai Sayang Heulang – Pantai yang Menawan dan Istimewa di Garut

Pantai Sayang Heulang – Pantai yang Menawan dan Istimewa di Garut

ombak-sayang-heulang-garut

WisataPriangan.co.id – Wisata pantai di daerah Garut yang selalu menjadi tujuan banyak pengunjung ketika musim libur tiba, salahsatunya adalah pantai Sayang Heulang. Pantai ini memang sudah lama menjadi objek wisata pantai di Garut yang terkenal akan keindahan pantai dan ombaknya yang besar. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jarak tempuh dari kota Garut ke Pantai ini dengan menggunakan mobil atau motor dengan kecepatan 40 km/jam memakan waktu sekitar 3 jam karena sepanjang jalan khususnya setelah Kecamatan Cikajang sampai pameungpeuk banyak tikungan tajam dan jurang yang dalam.Jadi,bagi yang belum tahu medan,tidak direkomendasikan membawa kendaraan dengan kecepatan lebih dari 4o km/jam.

Pantai Sayang Heulang memiliki panjang mencapai 3,5 km dengan luas lokasi kepariwisataannya sekitar 10 hektar. Lahan yang ada di lokasi ini cukup subur sehingga memudahkan untuk ditanami tanaman khas pantai seperti kelapa, tumbuhan merambat, dan lainnya. Pada bagian tepi pantai ditanami tanaman pandan laut sedangkan pada daerah yang lebih dalam lagi ke daratan dimanfaatkan sebagai daerah pertanian produktif yang ditanami kacang tanah, kelapa dan lain-lainnya.

Namun untuk Area pantai nya, Pantai Sayang Heulang memiliki panjang lebih dari 2 km dan lebar tepi pantai kurang dari 50 meter. Kualitas lingkungan dan kebersihan sekitar Pantai Sayang Heulang cukup terjaga dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kondisi pesisir pantai yang terlihat bersih tanpa sampah berserakan.

Pantai Sayang Heulang memiliki pasir putih kecoklatan dengan pantai karang yang airnya jernih, di pinggir pantai ditumbuhi pepohonan khas laut yang rimbun sehingga pengunjung bisa menyaksikan deburan ombak besar dan tinggi di Pantai Sayang dengan suasana sejuk dan nyaman.

Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga ombaknya besar dan ketinggian ombak yang stabil sehingga menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri layaknya Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Jika air laut sedang surut, dan berada dalam batas tertentu kita bisa bermain air di pinggir pantai sambil hunting foto dan menangkap ikan-ikan hias yang terjebak di sela-sela karang.

Keistimewaan Pantai Sayang Heulang adalah ombaknya stabil dan memiliki dua tipe pantai, yakni tipe pantai berkarang dan tipe pantai tidak berkarang. Momen yang sangat ditunggu wisatawan di Pantai Sayang Heulang adalah ketika sunrise dan sunset, di pantai menawan ini kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Para wisatawan yang datang ke pantai ini disuguhkan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain volley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut.
Areal disekitar pantai juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun dan iringan petikan gitar yang indah  di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini  merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah terlupakan.

Di pantai ini terdapat lokasi perkemahan yang dapat dimanfaatkan bagi para pecinta alam yang hendak menikmati indahnya malam di pantai sambil melihat nelayan yang mencari ikan di laut. Bagi wisatawan luar kota yang tidak membawa tenda untuk berkemah tidak perlu kawatir karena di lokasi wisata ini tersedia penginapan. Di pantai ini juga terdapat sarana pemancingan ikan yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan yang mempunyai hobi memancing.

Akses menuju Pantai Sayang Heulang

Jarak Pantai Sayang Heulang dari pusat kota Garut yaitu sekitar 88 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam. Rute perjalanan menuju Pantai Sayang Heulang, sama persis dengan rute menuju Pantai Santolo.

Ada beberapa rute perjalan yang dapat digunakan untuk tiba di Sayang Heulang Garut, diantaranya adalah melalui terminal Garut – Cikajang – Pantai Sayang Heulang menggunakan moda transfortasi yang ada seperti elf atau minibus jurusan Garut Pameungpeuk, atau jurusan Bandung – Pameungpeuk.

Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Pantai Sayang Heulang. Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Pantai Rancabuaya – Pantai Sayang Heulang. Wisatawan dari Bandung juga bisa melewati jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Di pinggir jalan raya Pameungpeuk, terlihat gapura penanda Pantai Sayang Heulang berupa patung burung elang (heulang). Jalan dari gapura menuju kawasan pantai lumayan jelek, namun teduh karena di sepanjang pinggir jalan ditumbuhi pepohonan yang rimbun.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...