Home / Tempat Wisata / Wisata Pulau Flores yang Menyimpan Rahasia Terbaik di Dunia

Wisata Pulau Flores yang Menyimpan Rahasia Terbaik di Dunia

Flores-Beautiful
(Source: 8elapantrip.com)

WisataPriangan.co.id – Flores adalah pulau besar yang indah sekaligus menakjubkan. Sedikit orang yang tahu bahwa nama asli pulau ini adalah Nusa Nipa (Pulau Ular). Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Flores merupakan pulau yang panjang seluas 14.300 km² dan menyimpan rahasia terbaik dunia, menunggu siapapun untuk datang dan menjelajahinya.

Flores didiami oleh banyak sekali etnis sehingga terdapat ratusan dialek dalam bahasa sehari-sehari di sini. Suku bangsa Flores juga merupakan campuran etnis Melayu, Melanesia, dan Portugis. Karena pernah menjadi Koloni Portugis, maka interaksi dengan kebudayaan Portugis sangat kental, baik terwujud melalui genetik, agama, dan budaya

Kata Flores baru dikenal setelah Portugis datang ke pulau ini. Mereka menyebut pulau ini sebagai Cabo de Flores yang artinya Tanjung Bunga. Sejak empat abad yang lalu, nama ini tidak berubah dan dikenal luas masyarakat Indonesia hingga sekarang.

Flores, bersama Alor dan Panar merupakan gugusan cincin gunung api yang secara geologis tidak stabil. Setiap tahun hampir terjadi gempa. Akan tetapi, di balik geografisnya yang menjadi bagian dari rangkaian gunung api, Flores menyembunyikan keindahannya di balik bayangan hingar bingarnya Bali yang mendunia, dan hal itu tak mengurangi daya tarik Flores untuk mengundang wisatawan datang kesana.

Gunung api berderet terbentang di pulau sepanjang 450 km ini menciptakan bukit-bukit yang membentuk huruf V. Permukaan tanah membumbung berujung tajam memamerkan kemegahan bukit dan kaki gunung dimana di sanalah berdiam berbagai kelompok suku (ama). Warisan budaya dari zaman batu suku di Flores akan mencengangkan siapapun yang datang.

Saat ini banyak wisatawan hanya mengenal Labuan Bajo sebagai jalan pembuka di ujung barat Flores. Setelah itu biasanya wisatawan lebih tertarik untuk menyeberang ke Pulau Komodo, Rinca dan Padar. Padahal, jika anda mau melongok ke arah timur Labuan Bajo, maka daratan Flores siap menyambut Anda dengan hamparan bukit, gunung, dan lembah menghijau yang mempesona.

Flores menyuguhkan beragam atraksi yang takan pernah habis. Anda dapat menikmati wisata bahari dan berenang di lautannya yang membiru jernih atau di danau dan air terjun yang masih alami, menyelam di salah satu titik dari 50 tempat bawah air spektakuler, bermain kayak diantara pantai mangrove dan tebing terjal. Di daratnya, Anda dapat menjelajahi gua misterius dan disambut hangat masyarakat setempat melalui upacara ritual. Budaya dan keramahannya sudah cukup membenamkan kesan mendalam dan semuanya terangkum di Flores yang akan membuat Anda memiliki kesan mendalam sepulang dari sana.

Nah, apabila itu belum cukup maka Anda dapat menerobos belantara pepohonan dan curamnya bukit untuk melihat langsung kehidupan masyarakat adat dari zaman batu. Ya, desa tradisional di Flores akan terus bertahan dari gerusan zaman yang dapat mencerabutkan nilai-nilai nenek moyang. Di sini dibina kearifan lokal dari rumah adat, cara menenun, meramu makanan, hingga sistem adat kekeluargaan yang amat di junjung tinggi. Itu semua diikat atas dasar kesamaan tempat tinggal atau kampung.

Pulau Flores dikelilingi pantai berpasir putih, bahkan ada yang pasir pantainya berwarna pink. Di bawah lautnya Anda akan menemukan kehidupan bawah air paling eksotik di dunia. Menyelaminya akan membawa Anda bertemu manta besar, lumba-lumba dan ikan duyung. Untuk waktu tertentu paus dapat dilihat saat bermigrasi melalui pantai timur Flores.

Baca Juga: Pink Beach, Taman Nasional Komodo

Pulau Flores tidak tersentuh selama berabad-abad, dahulu dihuni manusia dan hewan prasejarah dimana yang kini meninggalkan jejak memfosil. Di bagian ujung timur Flores, Larantuka terkenal dengan ritual minggu Paskah meneruskan warisan budaya Portugis yang dibawa 500 tahun lalu. Sedangkan di Lembata, penghuni pulau memburu paus dengan menggunakan tangan berbekal tombak, melompat dari perahu kecil lalu menghujamkannya ke tubuh paus.

Kegiatan

Rancanglah kegiatan Anda sedemikian rupa sehingga dapat menjelajah Flores secara menyeluruh. Awali perjalanan dari Labuan Bajo menuju Ruteng, Bajawa, Ende, Detusoko, Kelimutu dan berakhir di Maumere. Wisatawan biasanya mengincar Taman Nasional Kelimutu untuk dijadikan tujuan utama wisata di Flores. Namun, jika Anda lebih menyukai tantangan dan wisata bahari, maka ke Taman Nasional Komodo adalah agenda yang tak boleh terlewatkan.

Tidak melulu wisata alam, cobalah berinteraksi dengan masyarakat tradisional di Flores. Bercengkerama dengan para pembuat kain tenun, melihat kehidupan masyarakat sehari-hari, dan menonton atraksi tarian adalah hal yang amat mengesankan. Masyarakat Flores terkenal akan keramahannya.

Berbelanja

Belanja kain tenun ikat, cenderamata (patung komodo, gerabah, gantungan kunci, kaos), dan makanan khas adalah pilihan bagi anda yang ingin membawa kenangan di Flores bagi keluarga dan sahabat di rumah. Banyak toko souvenir dan penjaja souvenir asongan yang menjual berbagai barang yang Anda butuhkan.

Kuliner

Flores memiliki restoran-restoran yang terkenal enak, lengkap dengan masakan khasnya. Anda dapat menikmati berbagai makanan khas Flores saat berkunjung di satu kota ke kota yang lain. Sirih pinang adalah makanan yang bias ditawarkan masyarakat lokal saat Anda berkunjung ke desa tradisional.

Berkeliling

Anda dapat menjelajah Flores dengan menerobos hutan belantara, mendaki bukit-bukit curam, serta menjadi saksi kelestarian budaya adat dari zaman batu. Desa-desa tradisional menawarkan keaslian budaya yang terus menerus dipertahankan ditengah gelombang arus modernisasi. Anda masih bisa melihat langsung karifan budaya lokal melalui sistem adat kekeluargaan, rumah tradisional, tradisi menenun kain ikat, dan tarian-tarian tradisionalnya.

Anda dapat menyelami kehidupan di Flores dengan mengandalkan seorang pemandu lokal yang akan mengantarkan anda jalan-jala berkeliling Flores. Nikmati suguhan budaya yang unik dan tiada duanya di dunia karena tiap budaya lokal di Flores adalah suatu kekayaan yang hanya dimiliki masyarakat dan alam Flores.

Transportasi

Anda dapat menuju Flores dengan melakukan penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, dll. dengan menggunakan pesawat tujuan Labuan Bajo. Untuk menjelajah daratan Flores, sewalah mobil. Perjalanan dengan kaki alias trekking hanya untuk anda yang menyukai petualangan, tentunya dengan didampingi pemandu wisata untuk menunjukkan jalan mana yang harus Anda tempuh.

Untuk menuju pulau-pulau di Taman Nasional Komodo, anda dapat memanfaatkan speedboat atau perahu untuk menyeberang menuju tempat tujuan Anda.

Akomodasi

Berbagai hotel berbintang tersedia di Labuan bajo, Maumere, Ruteng, dan Moni. Alternatif penginapan lainnya adalah hotel kecil sederhana dan guesthouse. Ada pula pilihan menginap di atas kapal pinisi, khusus bagi Anda yang menggunakan jasa paket tur dari Bali.

Tips

Orang Flores biasanya cenderung menyapa dengan sebutan kekerabatan, seperti: Om, Tante, Kakak, Adik, atau kadang mengaku sebagai saudara. Mereka sangat menghargai perbedaan politis, agama, dan etnis apabila telah diikat dalam satu kesatuan tempat tinggal atau kampung. Rasa kesatuan inilah yang kadang membuat orang luar Flores menganggapnya bersifat etnosentris tetapi nyatanya tidak sekentara itu.

Saat Anda menjelajah Flores maka salah satu fungsi penting pemandu adalah kemampuan mereka berbicara dengan bahasa lokal. Bahasa daerah di Flores beragam hingga lebih dari 5 bahasa. Kadang orang di satu daerah di Flores tidak memahami bahasa daerah di bagian Flores yang lain. Namun demikian, solusi terbaik bagi Anda saat berkomunikasi dengan mereka adalah tetap dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Sumber: Pesona Indonesia

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...