Home / Tempat Wisata / Pantai Amal Tarakan – Berwisata Hingga Menikmati Fajar Pagi di Kalimantan Timur

Pantai Amal Tarakan – Berwisata Hingga Menikmati Fajar Pagi di Kalimantan Timur

WisataPriangan.co.id – Pantai Amal Tarakan sering dikunjungi berbagai lapisan masyarakat untuk sekedar refreshing menikmati keindahan pantai sambil bercengkerama atau melepas lelah sehabis bekerja dan  beraktifitas. Jadi sekalipun bukan masa liburan, pantai ini tetap ramai dikunjungi dan menjadi salah satu pantai kebanggaan masyarakat Tarakan.

Pantai ini berada di Kota Tarakan dan merupakan nama salah satu kelurahan yang ada di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal sebagai salah satu sumber minyak terbesar di Indonesia. Pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 11 km dari pusat kota dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Tarakan
(Source: travyde.com)

Pantai Amal Tarakan juga bisa disebut Pantai Amal Baru Tarakan tidak termasuk pantai berpasir putih seperti pantai di beberapa kawasan wisata di pulau Bali maupun pantai Indonesia lainnya. Namun, memiliki pesona pariwisata yang layak menjadi target dalam daftar kunjungan wisata Anda. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alam akan tampak secara jelas di pesisir pantai kawasan ini.

Tarakan sendiri menurut cerita rakyat berasal dari bahasa tidung Tarakyang artinya bertemu dan kata ngakan yang artinya makan. Secara harfiah dapat diartikan tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau.

Saat ini Pemerintah Kota Tarakan sedang mengadakan perluasan pantai, dengan perencanaan menjadikan Pantai Amal menjadi kawasan Mini Ancol di wilayah utara Kalimantan Timur.

Fajar pagi pantai amal tarakan
Fajar Pagi di Pantai Amal Tarakan (Source: jayanjayan.com)

Aktivitas

Pantai Amal menjadi tempat rekreasi yang paling menyenangkan di akhir pekan atau liburan. Mulai dari tempat berkumpul keluarga, bermain bola bersama teman, hingga menikmati pemandangannya yang akan membuaikan Anda.

Nikmati sepuasnya langit biru membentang jernih dengan iringan awan yang indah. Saat yang paling indah menikmati pantai ini adalah melihat matahari terbit. Di sini pasir pantainya berwarna coklat dan ombaknya juga tidak terlalu besar.

Pantai ini merupakan pelengkap dari pantai Amal di Tarakan, karena dari pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan terbenamnya matahari di ujung horizon seperti di Pantai kuta Bali. Sedangkan di Pantai Amal Anda puas menikmati panorama saat matahari terbit atau fajar pagi. Pantai ini terletak di Kelurahan Juata Laut, Tarakan.

Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa berenang di pantai ini. Tapi ingat, jangan terlalu ke tengah, karena bisa membahayakan diri sendiri nantinya. Walaupun pantai ini tidak memiliki ombak besar seperti pantai-pantai di Jawa, namun Anda tetap harus waspada. Setelah berenang pasti perut akan merasakan lapar. Nah disini terdapat hidangan khas yang disebut Kapah. Silahkan mencoba untuk mengetahui bagaimana rasanya.

Di malam hari ada banyak tempat hiburan malam di Kota Tarakan. Didominasi karaoke dan billyard, menjadikan Tarakan menjadi kota yang penuh hiburan malam.

Transportasi

Penerbangan ke Juata Tarakan tersedia melalui Batavia Air dan Sriwijaya Air. Dari Bandara Anda dapat menggunakan taxi atau angkutan umum untuk menuju Pantai Amal Tarakan. Pantai Amal tarakan berjarak 11 km dari pusat kota sekitar 20 menit melewati jalanan yang turun naik untuk mencapai Pantai Amal. Tentunya Anda tidak akan sulit untuk menuju ke Pantai Amal, Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar atau menggunakan jasa travel. Anda juga dapat menggunakan transportasi laut yaitu menggunakan speedboat dan transport laut lainnya.

Selamat Berlibur di Pantai Amal Tarakan….

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...