Home / Animal / 10 Hewan Luar Biasa yang ditemukan di Hutan Hujan Amazon Brasil

10 Hewan Luar Biasa yang ditemukan di Hutan Hujan Amazon Brasil

10 Hewan Luar Biasa yang di temukan di Hutan Hujan Amazon Brazil

WisataPriangan.co.id  Siapa yang tak kenal Amazon, adalah hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan, dan dikenal juga dengan sebutan Hutan AmazonAmazonia atau Amazon Basin. Hutan Amazon juga merupakan rumah bagi beberapa hewan luar biasa yang ada di muka bumi, juga hutan Amazon ini merupakan hutan terluas di dunia dan memiliki iklim tropis, sehingga termasuk ke hutan hujan tropis dan memiliki dua nama lain, yaitu ‘paru-paru dunia‘ karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi, dan ‘neraka hijau‘ karena setiap tahun sungai di hutan Amazon ini meluap.

Luas Hutan Amazon sendiri sangatlah besar, luasnya sekitar 5.5 juta kilometer persegi hingga menyentuh 9 negara Amerika Selatan, Brasil adalah rumah utama bagi Amazon (dengan 60 persen hutan amazon) sementara Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname dan Guyana Prancis semuanya memiliki beberapa bagian dari keajaiban alam ini.

Saat menjelajahi hutan Amazon, anda akan mendengar berbagai macam panggilan atau suara-suara dari bermacam-macam hewan dengan spesies berbeda-beda, meski anda tidak melihat mereka semua namun mereka pasti akan melihat anda di 2.124.000 mil persegi luas hutan Amazon ini.

Di hutan Amazon memungkinkan hewan-hewan dapat berkembang dengan sempurna dan menjadi penghuni tetap hutan Amazon tersebut, mulai dari berang-berang, katak beracun di sungai raksasa Amazon, serta hewan yang berwarna-warni berkeliaran di beberapa bagian yang paling tak tersentuh dan terisolasi. Tigapuluh persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini. Dan ini merupakan sebuah keajaiban dunia. Nah berikut mari kita simak 10 Hewan Luar Biasa yang di temukan di Hutan Hujan Amazon Brasil :

1. Jaguar Hitam

Jaguar adalah hewan sejenis kucing besar yang tergolong dalam genus Panthera, hewan ini merupakan kucing liar ketiga setelah harimau dan singa, dan juga diketahui mengisi beberapa bagian terpencil di Amerika Selatan. Jaguar Hitam adalah hewan yang sangat langka terlihat, namun mereka dapat di temukan di Hutan Amazon, Jaguar hitam merupakan dari hasil mutasi, akan tetapi sebagian dari mereka memiliki pola mirip macan tutul. Hewan ini juga termasuk hewan yang garang, namun ini adalah hewan yang sangat luar biasa dan merupakan salah satu dari keajaiban hutan Amazon.

2. Ikan Piranha

Ikan Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan salah satunya di hutan Amazon. Piranha juga merupakan salah satu ikan yang ditakuti di Amazon, untuk sebagian besar ikan ini tampak tidak berbahaya akan tetapi mereka mempunyai gigitan paling kuat untuk jenis hewan vertebrates (hewan bertulang belakang), ikan Piranha mempunyai gigi yang tajam dan di rancang untuk merobek dan mengoyak daging, sehingga sekumpulan dari mereka dapat merobek hewan bahkan manusia hingga mencabik di setiap perdetiknya. Jika anda berpikir bahwa ikan hiu yang terburuk, maka sekumpulan piranha ini jauh lebih buruk.

3. Laba-laba Raksasa Pemakan Burung (Goliath Birdeater Spider)

Kita semua pernah melihat film fiksi ilmiah yang menceritakan kisah laba-laba lebih dari ukuran besar. Nah laba-laba mimpi buruk tersebut adalah gambaran dari jenis laba-laba Goliath Birdeater. Goliath Birdeater Spider, adalah merupakan salah satu jenis laba-laba yang termasuk kedalam keluarga Tarantula Theraphosidae. Menurut beberapa ilmuwan jenis laba-laba ini dapat tumbuh hingga sebesar anak anjing, dan pernyataan ini karena para ilmuwan tersebut bpernah menemukannya saat perjalanan ke Guyana. Laba-laba ini jarang terlihat, namun dapat ditemukan di hutan Amazon.

4. Serangga Kepala Kacang (Peanut Head Bug)

Menilik dari namanya, serangga ini memang memiliki kepala mirip kacang tak berkulit. Luar biasa mengagumkan. Serangga bernama Latin Fulgora laternaria ini juga disebut lalat lentera dan serangga buaya.

Meski miliki wajah menyeramkan, ia tidak mengigit. Malah, ia hanya menyedot nutrisi dari tumbuhan melalui bagian mulut yang mirip sedotan. Kepalanya yang mirip reptil ternyata berguna juga untuk melindungi diri. Jika tidak mempan, fauna ini masih punya titik mata di sayapnya. Jika masih tidak berguna juga menghadapi predator, ia juga bisa mengeluarkan bau menyengat.

Hewan aneh yang berjenis serangga ini bisa tumbuh dengan panjang 85-90 mm. Mereka memiliki sayap sehingga tidak akan terlalu mengejutkan saat melihat mereka beterbangan di sekitar Amazon.

5. Katak Kaca (Glass Frog)

Katak Kaca, juga disebut sebagai katak transparan atau kristal karena kita dapat melihat melalui dagingnya yang transparan. Katak jenis ini termasuk hewan yang terancam punah dan dapat ditemukan di Amerika bagian tengah dan selatan terutama di hutan Amazon. Kulit dari katak berjenis Pellucidum Hyalinobatrachium berbentuk transparan dengan begitu kita dapat melihat organ-organ mereka ketika membalik tubuh dari katak jenis ini. Jenis amfibi ini berukuran lebih kecil dari kuku jari dan berkulit transparan sehingga organ dalamnya tampak dari luar, dan memungkinkan anda dapat melihat hati merah yang berdetak dari luar.

6. Lumba-lumba Sungai Amazon (Amazon River Dolphin)

Di Hutan Amazon terkenal juga merupakan rumah bagi hewan-hewan yang menyeramkan, namun disini juga ada beberapa jenis hewan yang ramah dan tidak menyeramkan salah satunya adalah lumba-lumba Sungai Amazon. Lumba-lumba ini memiliki jiwa bebas dan mereka memiliki keperibadian yang menyenangkan dan juga mereka telah menjadi salah satu pribumi dari hutan Amazon,.

7. Berang-berang Raksasa (Giant Otter)

Siapa yang tidak suka terhadap hewan menggemaskan yang seperti berang-berang ini. Berang-berang ini merupakan mamalia karnivora Amerika Selatan, bentuknya lucu imut berbulu seperti musang, kepala seperti kucing karena memiliki kumis, gigi taring, dan telinga mungil. Mereka umumnya memiliki warna hitam dan ada warna putih di bagian dada nya dan mempunyai ukuran tubuh yang besar.

Hewan ini dapat di temukan di lembah Amazon, dan juga menyukai tempat yang bersih, sungai yang belum tersentuh untuk bertahan hidup. Berang-berang raksasa ini suka berburu ikan dan tentunya berjemur. Namun pencemaran di hutan Amazon yang menyebabkan hewan ini menghilang, dan jarang terlihat.

8. Kadal Yesus (Jesus Christ Lizard)

Nama asli kadal ini adalah Common basilisk , kadal ini sering disebut Kadalnya Yesus Kristus (Jesus Christ Lizard) . Kadal ini merupakan salah satu hewan yang benar-benar dapat berjalan di atas air, kombinasi kecepatan dan tubuh yang ringan memungkinkan hewan ini dapat berjalan dengan kecepatan di atas permukaan air. Kadal yesus ini merupakan hewan luar biasa dari huatan Amazon.

9. Anaconda 

Jika Anda pernah melihat film Anaconda, kemungkinan Anda tidak akan ingin bertemu salah satu dari ular predator tersebut dalam kehidupan nyata. Anaconda adalah merupakan ular terbesar di dunia dalam ukuran berat dan panjang, hewan ini merupakan hewan predator terganas di dunia yang bisa menelan hampir mangsa apapun di dunia ini, mereka dapat di temukan di seluruh kawasan hutan Amazon.

10. Burung Tukan (Toucan)

Burung tukan adalah burung yang hidup di hutan hutan tropis. Ada 37 jenis burung tukan, banyak di antaranya yang hidup di hutan-hutan Amerika Tengah dan Selatan salah satunya di hutan Amazon. Burung tukan hidup dalam kawanan kecil di puncak pohon. Burung ini tampangnya mirip dengan burung rangkong, tapi beda keluarga.

Burung ini merupakan burung yang sangat luar biasa indah, burung yang berparuh besar dengan warna yang melimpah membuat burung ini tampak cerah dan hidup dan merupakan hewan luar biasa dari Amazon.

Lihat Juga

Thumbnails

5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

Jika yang Anda tau binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka Anda salah. Dunia binatang ...