Home / Tempat Wisata / Objek Wisata ALam Bukit Lawang di Sumatera Utara

Objek Wisata ALam Bukit Lawang di Sumatera Utara

bukit-lawang-tour
(Source: harmonirentalmedan.com)

WisataPriangan.co.id – Bukit Lawang adalah nama Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang adalah pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera yang legendaris yang memiliki medan licin dan lereng curam serta berlumpur, menjelajahi hutan di sini adalah petualangan yang menkjubkan. Perjalanan melalui hutan yang rimbun akan mendebarkan dan Anda akan masuk dalam dunia baru.

Menjelajahi hutan Sumatera dan rasakan petualangan outdoor ditemani orangutan selama Anda berada di desa di dalam hutan Bukit Lawang. Secara harfiah Bukit Lawang berarti “pintu ke bukit“, Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di selatan Taman Nasional Gunung Leuseur. Terletak sekitar 90 kilometer barat laut Medan, ibu kota Sumatera Utara.

Baca Juga Taman Nasional Gunung Leuser

Taman-Nasional-Gunung-Leuser2
Taman Nasional Gunung Leuser (Source: berbagitrip)

Hutan ini merupakan hutan lebat yang menarik hati para pengunjung dan peminatnya, orangutan merupakan daya tarik utama di sini. Bukit Lawang adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menemukan primata langka dan hampir punah. Melihat makhluk anggun berayun-ayun melalui ranting-ranting pohon. Hutan ini adalah salah satu komunitas terbesar orangutan,  lebih dari 5000 orangutan tinggal di sini.

Pusat rehabilitasi orangutan adalah tempat bagi orangutan yatim piatu yang dilatih hidup di alam bebas. Pusat ini telah beroperasi sejak tahun 1973 dan hingga kini telah menarik pengunjung dari seluruh dunia  untuk melihat sekilas makhluk menakjubkan.

Orangutan Sumatera
Orangutan Sumatera (Source: oomsyukri)

Jumlah orangutan di hutan ini telah menurun akibat perburuan liar, perdagangan satwa dan lingkungan yang rusak. Pusat rehabilitasi ini membantu orangutan kembali ke kehidupan alami mereka dengan menempatkan mereka melalui pelatihan yang intensif sebelum dikeluarkan ke alam liar. Ketika primata ini kembali hutan, pusat rehabilitasi terus menyediakan suplemen makanan dan pemeriksaan rutin.

Ketika Anda masuk ke dalam hutan Sumatera, Anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki. Perjalanan melalui hutan liar dan berlumpur, mencoba dan melihat sekilas satwa liar. Taman ini adalah tempat pelestarian beberapa flora dan fauna yang dilindungi, dan juga rumah bagi hewan Sumatera dan hewan di dunia yang paling eksotis yaitu gajah, harimau, beruang madu, macan tutul dan orangutan yang terkenal. Mendaki bukit untuk melihat pemandangan yang luar biasa dari lanskap spektakuler, Flora yang terkenal adalah bunga Rafflesia Arnoldi, yang diameternya dapat mencapai tiga meter.

Dan yang tak kalah menarik adalah wisata Tubing. Mungkin istilah ini asing bagi telinga kita, tubing adalah wisata air seperti arung jeram, namun perahu yang dipakai adalah ban, dan hanya bisa dinaiki satu orang untuk satu ban. Karena lokasi Bukit Lawang yang dekat dengan arus sungai Bahorok, dan arus sungai yang cukup deras, wisata ini cocok untuk anda yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin. Dengan biaya yang terjangkau, kita dapat menyewa ban dan satu orang pemandu untuk wisata ini.

Goa kelalawar bukit lawang
Goa Kelalawar Bukit Lawang (Source: klikhotel.com)

Satu lagi tempat yang dapat memicu adrenalin di Bukit Lawang adalah terdapat sebuah Gua Kelelawar, yang berisi ribuan kelelawar. Saat masuk gua, tidak ada pencahayaan alias gelap total. Disarankan membawa alat penerangan saat masuk Gua Kelelawar. Di dalam gua anda dapat merasakan sensasi nyanyian kelelawar, suara tetesan air dari sungai Bahorok, dan yang pasti bau kelelawar yang khas.

Kegiatan

Treking di malam hari adalah favorit para pengunjung. Kebanyakan pengunjung memilih perjalanan dua hari untuk dapat memiliki kesempatan melihat orangutan dan satwa liar lainnya di habitat alami mereka. Petualangan ini berbahaya bagi wisatawan yang sendirian melakukan treking di hutan sehingga setiap perjalanan harus dibimbing oleh seorang pemandu yang berpengalaman. Pastikan Anda memberitahu pemandu jika ingin melihat tanaman atau hewan tertentu. Harga untuk perjalanan treking termasuk makanan dasar, biaya pemandu, izin dan peralatan berkemah. Pastikan Anda juga meminta pemandu Anda untuk mengunjungi gua kelelawar. Anda harus berangkat pagi-pagi agar Anda tidak melewatkan saat-saat yang mendebarkan dan langka di dalam hutan.

Jika Anda tidak ingin melakukan treking di malam hari, Anda dapat meminta pemandu untuk membawa Anda dalam perjalanan selama beberapa jam. Ada juga sejumlah perjalanan singkat sekitar Bukit Lawang yang tidak memerlukan pemandu atau izin.

Rasakan arus Sungai Bohorok dengan menggunakan perahu karet. Kegiatan ini harus dilakukan di bawah pengawasan pemadu berpengalaman karena arus di sini sangat kuat.

Berdekatan dan memberi makan orangutan merupakan pengalaman yang luar biasa. Waktu makan ada dua tahap yaitu jam 08:30 dan 15:00; Anda juga bisa memberi mereka makan susu, pisang dan makanan lainnya yang diberikan oleh pusat rehabilitasi. Semua kegiatan dalam Taman Nasional Gunung Leuser harus dilakukan dengan izin dan bimbingan staf pusat rehabilitasi.

Jika Anda menyukai tantangan, cobalah mendaki ke puncak Gunung Leuseur (3404 meter). Perjalanan ini memakan waktu sekitar 10-14 hari. Desa kecil Angasan adalah titik awal pendakian. Lima hari pertama akan dihabiskan treking melalui hutan hujan dimana primata langka seringkali dapat dilihat. Kondisi Anda harus sehat dan disertai oleh pemandu.

Akomodasi

Setelah berkeliling di Bukit Lawang, anda dapat kembali ke kota Medan, atau jika sudah terlalu malam, anda dapat singgah di salah satu penginapan yang dekat dengan pusat kota, ada bebebrapa penginapan hotel dengan harga sewa kamarnya relatif murah. Jadi, sempatkanlah untuk berkunjung ke Bukit Lawang untuk melihat keunikannya jika anda berwisata ke Medan.

Dan untuk perihal kuliner, Sebagian besar penginapan memiliki restoran, sehingga Anda bisa meminta pemilik penginapan untuk menyediakan makanan. Sepanjang sungai, ada beberapa kafe kecil. Anda bisa menikmati salad buah, nasi goreng dan makanan ringan hingga makanan seperti Pizza lokal juga tersedia.

Transportasi

Untuk menuju tempat wisata Bukit Lawang, kita dapat menempuh melalui perjalanan udara dengan menggunakan pesawat terbang ke Bandara darat dari kota Medan melalui Bandara Kualanamu dan dari Medan menggunakan mobil atau bus untuk sampai ke Bukit Lawang. Bus sering berangkat dari terminal Pinang Baris (terletak di Jalan Gatot Subroto). Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 80 km. Kondisi jalan menuju kawasan Bukit Lawang sangat baik dan sudah beraspal

Jika Anda bepergian dalam kelompok atau ingin kendaraan yang lebih nyaman, Anda dapat menyewa mobil dengan perjalanan yang sudah diatur. Selamat berlibur di Wisata Bukit Lawang.

Sumber: Pesona Indonesia

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...