Home / Tempat Wisata / Menikmati Pantai Buyutan – Pantai Tersembunyi di Pacitan

Menikmati Pantai Buyutan – Pantai Tersembunyi di Pacitan

Pantai-Buyutan-pacitan
Pantai Buyutan Pacitan (Source: penabiru.com)

WisataPriangan.co.id – Pacitan, Kota yang terletak di Jawa Timur ini dikenal dengan nama Kota 1001 Goa karena memang di sini terdapat banyak gua dan menjadikannya kota favorit bagi pecinta alam , Selain obyek wisata goa, kota ini juga mempunyai Pantai Klayar yang sudah cukup populer. Namun siapa sangka, kota ini juga mempunyai beberapa pantai cantik yang belum banyak orang mengetahuinya. Salah satu pantai cantik dan tersembunyi itu adalah Pantai Buyutan.

Pantai Buyutan terletak di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Klayar. Meski bersebelahan, namun belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini, sehingga suasananya masih cukup asri dan sepi. Bila datang ke pantai ini, jangan kaget karena letak pantainya berada di bawah tebing. Namun jangan khawatir, karena pantai ini mempunyai bibir pantai yang cukup panjang. Sehingga Anda bisa turun ke bawah untuk sekedar bermain air atau jalan-jalan menyusuri bibir pantai. Saat ini telah dibangun jalan setapak yang bisa Anda gunakan untuk turun dan menuju ke bibir pantai.

Pantai_buyutan_diatas_tebing
Pantai Buyutan dari Atas (Source: ynrwisnu.tumblr.com)

Pantai Buyutan mempunyai hamparan pasir pantai yang berwarna putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Dari bawah bibir pantai, Anda bisa merasakan sejuknya angin laut dan bisa bermain air. Di bibir pantai ini banyak terdapat karang yang bisa terlihat dengan jelas saat air sedang surut. Beberapa batu karang yang berukuran cukup besar juga terdapat di pantai ini.

Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu-batu karang yang beraneka bentuk, ada yg berbentuk mirip perahu, dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa. Konon menurut mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu.

Panorama pantai saat sunset atau sunrise lebih indah bila dilihat dari atas tebing yang hijau. Beberapa sudut di tebing ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi pemotretan atau pre-wedding.

Sunset Pantai Buyutan
Sunset Pntai Buyutan (Foto: Miftah)

Fasilitas

Belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini, sehingga tidak dijumpai penjual makanan/minuman di kawasan pantai. Begitu juga dengan penginapan. Bila mau menginap, Anda bisa mendirikan tenda di atas tebing atau menyewa penginapan di pusat kota Pacitan. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan/minuman sendiri.

Akses

Untuk menuju ke lokasi ini dapat melalui kota Yogyakarta atau Solo. Rutenya terdekatnya adalah :

Dari pusat kota Yogyakarta – Wonosari – Wonogiri – Ngadirojo – Batu – Donorojo – Widoro (waktu tempuhnya sekitar tiga jam perjalanan).

Bila dari Solo rutenya Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Ngadirojo – Batu – Donorojo – Widoro (waktu tempuhnya sekitar empat jam perjalanan karena jalannya memutar).

Rutenya hampir sama dengan rute untuk menuju ke Pantai Klayar, hanya saja sesampainya di Kecamatan Donorojo dan menemukan pertigaan Pasar Kalak, ambil arah ke barat (arah yang menuju ke Desa Widoro). Dari arah ini lurus terus hingga sampai di pertigaan dengan papan petunjuk arah ke Pantai Buyutan. Dan Anda tinggal mengikuti saja papan petunjuk arah tersebut.

Sumber: utiket.com

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...