Home / Dunia / 10 Lengkungan Batu Alami Terindah di Dunia

10 Lengkungan Batu Alami Terindah di Dunia

WisataPriangan.co.id – Sebuah batuan yang melengkung secara alami yang membawa kesan menakjubkan saat dipandang oleh mata biasanya terbentuk oleh alam itu sendiri, umumnya dibentuk oleh erosi dari batuan lunak yang terbawa air dan terbentuk dalam waktu yang lama. Seringkali dapat kita jumpai lengkungan batuan alami ini berada di sebuah tebing dimana terdapat laut atau sungai di dekatnya, bahkan ada juga terdapat di dekat sungai yang terhubung dekat dengan lautan.

Dan kemudian Cara lain lengkungan batuan alami ini terbentuk adalah dengan erosi yang terbawa oleh angin. Lengkungan alami ini yang selalu menjadi daya tarik banyak para wisatawan ini terkadang mereka terlihat dalam sebuah kelompok atau hanya cuma satu (satuan), kadang juga berada di dekat air atau di tengah padang pasir.

Nah berikut kita akan membahas 10 Lengkungan Batu Alami Terindah di Dunia, yang dapat membuat anda terpesona saat melihatnya.

1. Lengkungan di National Park, Utah, Amerika Serikat

Pertama yang kita sebutkan adalah Lengkungan batu alami yang berada di National Park, Utah, Amerika Serikat. Taman ini yang tanpa diragukan lagi merupakan sebuah keajaiban alam yang mempunyai banyak sekali lengkungan batuan alami, sekiranya ada sekitar 2000 lengkungan yang dapat kita jumpai di sini.

Taman Nasional yang dibuka pada tahun 1929 ini menerima lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya, dengan memiliki luas 31.031 ha, pengunjung dapat leluasa menikmati keajaiban alam ini secara bebas. Pengunjung juga dapat menikmati keajaiban alam ini dengan berjalan-jalan, berfoto, bersuka ria, atau mengemudi di antara lengkungan batuan alami ini.

Hal yang menarik lainnya di taman ini adalah sebuah lengkungan batuan yang sering di sebut juga dengan nama “Delicate Arch“, adalah merupakan sebuah lengkungan batuan unik, berbentuk sebuah lingkaran namun sedikit lonjong, berada di atas bukit dan dekat dengan sebuah tebing terjal. Delicate Arch ini juga merupakan salah satu tujuan wisata di Taman Nasional Amerika yang sangat terkenal.

Dari dekat Delicate Arch ini, pengunjung dapat melihat keindahan sunset secara langsung, bahkan dapat melihat jutaan bintang di langit atau bulan purnama secara nyata pada saat malam hari.

Delicate_arch_utah
Delicate Arch, Arches National Park (source: wiki)

2. Lengkungan di Étretat, Perancis

Étretat adalah merupakan sebuah kota kecil di pesisir pantai sebelah utara bagian barat Perancis, kota ini menjadi terkenal karena mempunyai 3 lengkungan batuan alami yang sangat menakjubkan di sebuah tebing yang terhubung langsung dengan lautan lepas, 3 lengkungan tersebut sering disebut dengan nama Porte d’Aval, Porte d’Amont dan Manneporte.

Tebing ini sangat ramai dikunjungi karena keajaiban alam dari lengkungan batu yang terbentuk secara alami ini dapat menarik perhatian siapapun yang melihat nya, bahkan para seniman terkenal pun sangat tertarik dengan lengkungan batuan alami ini, seperti seniman yang bernama Eugène Boudin, Gustave Courbet dan Claude Monet. Bahkan lengkungan batu alami tersebut sring muncul dalam beberapa lukisan karya dari Claude Monet.

natural_arch_etretat
The Arches of Étretat, Perancis (source: wiki)

3. Pont d’Arc, Perancis

Lagi dari Perancis, Lengkungan batu alami ini mempunyai bentuk yang sangat besar dan mengagumkan, terletak di kota Vallon Pont d’Arc, Perancis selatan. Lengkungan ini mempunyai lebar  60 meter dan tinggi 54 meter, sekaligus menghubungkan dua bukit yang terbelah oleh sungai.

Lengkungan Batu alami ini sebetulnya terbentuk oleh arus air Sungai Ardèche yang terus mengikis bagian bawah tepat di atas sungai tersebut, sehingga membentuk sebuah bulatan yang melengkung di atas sungai tersebut. Tempat ini baik dari sungai nya maupun dari lengkungan batuan alami ini menjadi tempat wisata pavorit para wisatawan yang sangat terkenal.

Banyak para wisatawan dan para penduduk setempat menikmati keindahan alami ini dengan menyusuri sungai dengan kayak dan menikmati moment indah saat melewati di bawah lengkungan batuan alami ini.

Pont_dArc_france
Pont d’Arc, Perancis (source: wiki)

4. El Arco de Cabo San Lucas, Meksiko

Lengkungan batu alami ini terletak di titik paling selatan dari Baja California Peninsula, Meksiko, tepat  di kota Cabo San Lucas. Lengkungan ini tepat nya berada di ujung tebing bebatuan yang sangat indah dan pantai yang terhubung langsung dengan samudera pasifik.

Tempat wisata satu juga sangat populer di kalangan para wisatawan, namun untuk menuju ke tempat tersebut harus menggunakan kayak, kapal cepat, jet ski atau kapal komersial.

Cabo_San_Lucas_Mexico
El Arco de Cabo San Lucas, Meksiko (source: 10MostToDay)

5. La Portada, Chili

Lengkungan alami ini terletak di pantai Chili dan terdaftar sebagai salah satu dari 15 monumen alami yang yang dilindungi oleh negara. Lengkungan ini berada di tepian pantai yang air laut nya terhubung langsung dengan samudera pasifik.

La_Portada_chile
La Portada, Chili (source: wiki)

6. Gua Tianmen di Gunung Tianmen, Cina

Terletak di puncak Gunung Tianmen National Park, China. Lengkungan batu alami ini berada tepat di atas bukit gunung dengan mempunyai lebar sekitar 30 meter, dan sering di sebut juga dengan Gua Tianmen, karena memang mirip sekali dengan gua.

Untuk mencapai ke Gua Tianmen ini dapat di tempuh dengan berjalan kaki melalui tangga yang langsung ke tempat tujuan, atau melalui kereta gantung. Hal unik lainnya adalah gua ini sering dijadikan pertunjukan para pilot pesawat dengan melakukan atraksi melewati gua tersebut.

Tianmen_Mountain_china
Gua Tianmen, China (source: wiki)

7. Moon Hill, China

Satu lagi dari China, Terletak di Yangshuo bagian luar, Moon Hill adalah sebuah lengkungan batuan alami di atas bukit dengan ketinggian 230 meter (750 kaki), yang berbentuk bulatan besar dan mirip sekali dengan bulan yang muncul dari balik bukit, sehingga namanya disebut dengan Moon Hill, dan lengkungan tersebut memiliki ketinggian 50 meter.

Para pengunjung dapat mencapai lengkungan dengan mendaki sekitar 20 menit, dan berjalan melalui lengkungan, atau naik, kemudian berjalan lagi dan memanjat sampai ke puncak lengkungan. Puncak lengkungan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan dapat melihat seluruh kota di daerah tersebut.

Moon_Hill_china
Moon Hill, China (source: wiki)

8. Durdle Door, Inggris

Terletak di atas tanah milik pribadi, tetapi terbuka untuk umum, lengkungan ini terbentuk dari batu kapur, terletak di bagian distrik Dorset, Inggris. Lengkungan batu alami ini berada di tepian pantai dan tebing dari lengkungan batu alami ini memotong garis pantai tersebut, sehingga lengkungan ini mirip sekali dengan pintu yang dapat menuju ke garis pantai selanjutnya.

Durdle_Door_england
Durdle Door, Inggris (source: W. Lloyd MacKenzie)

9. Azure Window, Malta

Merupakan sebuah lengkungan batu kapur yang terbentuk secara alami di Pulau Gozo, Malta. Lengkungan batu ini memiliki ketinggian 28 meter (92 kaki), dan berada di tepian pantai yang air lautnya terhubung langsung dengan laut mediterrania dan memang Malta tepat berada di tengah lautan tersebut. Namun Lengkungan batu tersebut terkikis oleh air laut yang mengakibatkan lengkungan ini membentuk gua yang sangat besar, bahkan dari bagian batu tersebut seringkali berjatuhan, dan menurut para ahli kemungkinan lengkungan ini akan runtuh dalam beberapa tahun kedepan.

Tempat ini sering juga dijadikan tempat favorit bagi para wisatawan untuk melakukan penyelaman dan berenang di bawah lengkungan batuan alami tersebut.

Azure_Window_malta
Azure Window, Malta (source: wiki)

10. The Green Bridge, Wales

Adalah merupakan formasi batuan melengkung yang indah dan terletak di dalam Taman Nasional Pantai Pembrokeshire di Wales.

Green_Bridge_of_Wales_arch
The Green Bridge, Wales (source: wiki)

Nah itulah 10 Lengkungan Batu Alami Terindah di Dunia, dan ini merupakan sebuah keajaiban alam yang harus anda ketahui, atau mungkin merupakan sebuah referensi bagi anda untuk destinasi wisata alam luar negeri yang terbaik berikutnya.

Lihat Juga

Thumbnails

ini dia 5 Pantai Menakjubkan di Sekitaran Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, kekayaan alam dan budaya Surabaya sering diabaikan karena ...