Home / Berita / Oksigen Atomik Ditemukan di Mars

Oksigen Atomik Ditemukan di Mars

oksigen-atomik-ditemukan-di-mars
Mars (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA – Para ilmuwan tak berhenti menemukan sesuatu yang baru di Mars. Terbaru, para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA mendeteksi adanya oksigen atomik di Mars.

Para peneliti NASA menemukan oksigen atomik di sekitar Planet Merah menggunakan Stratospheric Observatory fo Infrared Astronomy (SOFIA). Oksigen atom ditemukan oleh peneliti di bagian atas atmosfer Mars, yang dikenal sebagai Mesosfer.

Penemuan ini merupakan terobosan besar bagi para astronom dan akan memberikan gambaran tentang bagaimana mengenali gas dan kemungkinan untuk membuka rumah baru umat manusia. Meski begitu, para ilmuwan berharap bisa menemukan lebih banyak oksigen, seperti diberitakan Express, Rabu (11/5/2016).

“Oksigen Atomik di atmosfer Mars ini sangat sulit untuk diukur. Untuk mengamati panjang gelombang, diperlukan infrared untuk mendeteksi oksigen atom, peneliti harus berada di atas sebagian besar atmosfer Bumi dan menggunakan instrument yang sensifif, dalam hal ini spectrometer. SOFIA menyediakan kedua kemampuan itu,” kata ilmuwan proyek SOFIA.

SOFIA sejatinya pesawat raksasa dengan besar diameter 254 centimeter dengan teleskop di atasnya, yang bisa melayang di atas atmosfer Bumi.

Lihat Juga

Thumbnails

Ternyata Gunung Berapi di Venus Masih Aktif

Aktivitas vulkanis di Venus tak aktif sejak jutaan tahun yang lalu. Namun penelitian terbaru mengungkapkan ...