Home / Dunia / Mengenal Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat yang Misterius

Mengenal Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat yang Misterius

lake_tahoe_large
Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat yang Misterius (source: wiki)

WisataPriangan.co.id – Danau Tahoe adalah merupakan salah satu danau yang tertinggi (1898 m), terluas (497 km²) dan terdalam (501 m) di Amerika Serikat, meski kedalamanya masih kalah sama Danau Crater di Oregon (588 m). danau air tawar ini berada di pegunungan Sierra Nevada – Amerika Serikat, dan berada di perbatasan antara negara bagian California dan Nevada, yang dekat dengan Carson City.

Artikel terkait :  Daya Pikat Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat

Awal mula Danau Tahoe terbentuk oleh suatu patahan gugus geologis (normal) sekitar 2 hingga 3 juta tahun yang lalu. Patahan gugus geologis adalah suatu patahan dalam lempengan bumi yang menyebabkan gugusan tanah menaik atau menurun. Gugusan yang menaik menciptakan Carson Range di sebelah timur dan Sierra Nevada di sebelah barat. Dan gugusan yang menurun menciptakan Basin Danau Tahoe di antaranya. Sebagian dari puncak-puncak tertinggi dari Basin Danau Tahoe Basin yang terbentuk oleh proses ini adalah Puncak Freel dengan ketinggian 3320 m, Puncak Monument (3068 m) (Daerah Ski Heavenly Valley sekarang), Puncak Pyramid (3043 m) (di Gurun Desolation), dan Gunung Tallac (2967 m).

Salju yang mencair mengisi bagian selatan dan bagian terendah dari proses basin ini, dan kemudian membentuk awal dari danau ini yang ukurannya terbilang kecil pada saat itu, lalu dengan hujan yang turun memberikan air tambahan di danau ini. Danau Tahoe modern terbentuk oleh gletser-gletser yang mengalir pada Zaman Es (Zaman Es Besar dimulai sekitar satu juta tahun yang lalu). Banyak anak sungai yang mengalir ke dalam Danau Tahoe, namun air yang keluar hanya lewat Sungai Truckee, dan mengalir ke timur laut melalui Reno, Nevada dan berhenti di Danau Pyramid – Nevada.

lake tahoe carousel2
Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat yang Misterius (source: ironman.com)

Rata-rata presipitasi atau curah hujan yang turun yang ditampung di danau ini berkisar antara lebih dari 140 cm/tahun di daerah perbatasan dan di sisi barat basin hingga sekitar 67 cm/tahun di dekat danau di sebelah timur basin. Presipitasi kebanyakan jatuh dalam bentuk salju antara bulan November dan April, seringkali hujan badai yang tercampur dengan cairan salju yang menyebabkan banjir melanda dengan sangat besar.

dam-at-lake-tahoe
Distrik Irigasi Truckee-Carson (TCID) (source: mavensphotoblog.com)

Danau Tahoe meski sebuah danau alamiah yang berarti bukan danau buatan, digunakan sebagai penampungan air oleh Distrik Irigasi Truckee-Carson (TCID). Yang di atur dari saluran pembuangan yang berada di Sungai Truckee, di Tahoe City.

Danau ini memiliki panjang nya sekitar 35 km dan lebarnya 19 km, kemudian panjang garis pantainya 116 km dan luas permukaannya 495 km². Di sebagian besar sepanjang garis pinggir danau ini dikelilingi oleh jalan raya sehingga tepi danau dapat terlihat jelas.

Danau dengan Sejuta Misteri

Keberadaan Danau Tahoe ini yang merupakan danau kedua paling dalam di Amerikat, diselimuti berbagai misteri yang belum terungkap hingga sekarang. Salah satunya misteri legenda monster yang bernama ‘Tessie‘ yang kurang lebih mirip dengan Monster Loch Ness, yaitu Nessie. Makhluk misterius ini pernah disaksikan dan di abadikan oleh ahli kelautan yang terkenal yaitu Jacques Cousteau pada tahun 1970-an untuk penelitian keajaiban dan kedalaman danau tersebut. Pada saat menyelam ia melihat dan mengambil sebuah gambar dari apa yang oleh banyak orang diduga sebagai penampakan Tessie. Namun saat itu Costeau menolak untuk menunjukkan foto tersebut dan menyatakan, “dunia tidak siap untuk melihat apa yang ada di bawah sana.”

Satu hal lagi yang paling menakjubkan sekaligus mengerikan mengenai danau ini adalah kondisi yang tercipta akibat tekanan air dan kehampaan udara di dalamnya, mengakibatkan mayat-mayat yang tenggelam di danau ini akan tetap terjaga dengan baik dan tidak membusuk, dikarenakan kondisi di dasar danau ini hampa udara yang mengakibatkan bakteri tidak hidup di sana.

Begitu juga dengan mayat-mayat ini tidak mengapung karena tekanan air yang terjadi di danau danau yang begitu dalam, dengan kedalaman rata-rata 989 kaki, dan begitu dingin, dengan suhu tepat di atas titik beku. Hal ini mencegah pembentukan gas yang mencegah mayat mengambang ke permukaan air.  hmmm

Danau Kuburan Masal

Legenda juga menyebutkan bahwa para pembunuh Mafia setelah di eksekusi mayat-mayatnya di buang di danau ini, hingga beberapa nelayan bahkan menyebutnya The Grave (Kuburan Masal). Hal ini dikarenakan juga banyak penduduk setempat berbicara mengenai keberadaan mayat gangster yang sangat banyak di bawah sana, dengan mengenakan setelan bergaris-garis, dengan luka di wajah mereka dan lubang peluru di dahi mereka.

Baca Juga Daya Pikat Danau Tahoe Nevada – Amerika Serikat

Lihat Juga

Thumbnails

ini dia 5 Pantai Menakjubkan di Sekitaran Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, kekayaan alam dan budaya Surabaya sering diabaikan karena ...