Home / Animal / 10 Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

10 Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

WisataPriangan.co.id – Ubur-ubur, mereke berenang bebas di laut lepas, dengan corak rupa dan warna yang mengagumkan, berenang kesana kemari memberikan pemandangan yang mengagumkan di dalam air, namun untuk sebagian besar orang takut bertemu dengan ubur-ubur karena di anggap berbahaya, meskipun demikian ubur-ubur adalah hidangan populer di beberapa tempat daerah dan budaya.

Jenis dari ubur-ubur ini ada ratusan spesies yang berbeda-beda, bahkan hingga saat ini spesies baru dari ubur-ubur masih ditemukan. Ubur-ubur dapat ditemukan di setiap laut, dari permukaan hingga bagian terdalam dari lautan, dan juga ada beberapa spesies ubur-ubur yang hidup dan menghuni air tawar.

Ubur-ubur juga merupakan sebuah bukti hewan multi-organ tertua di dunia, karena mereka ada setidaknya 500 juta tahun yang lalu. Berikut daftar 10 spesies ubur-ubur paling cantik di dunia.

1. Black sea nettle (Chrysaora achlyos)

Juga dikenal sebagai ubur-ubur hitam, spesies ini berbentuk sangat indah, namun hanya dapat ditemukan di Samudera Pasifik. Ubur-ubur ini bell (tubuh) dengan diameter bisa mencapai satu meter dan mempunyai mulut lengan dibagian bawah nya dengan panjangnya sampai 5 atau 6 meter.

Ubur-ubur dari jenis Black sea nettle ini adalah karnivora dan biasanya memakan zooplankton dan ubur-ubur lainnya.

Black_Sea_Nettle

2. Lion’s mane jellyfish (Cyanea capillata)

Lion’s mane jellyfish (ubur-ubur surai singa) yang juga dikenal sebagai ubur-ubur rambut ini adalah merupakan spesies terbesar dari ubur-ubur. Jenis  ini mampu mencapai diameter bell (tubuh) dengan ukuran 2,5 meter (8,2 kaki) dan tentakel spesimen yang lebih besar dapat mencapai  37 m (120 kaki) atau lebih. Spesies terbesar yang ditemukan mencapai panjangnya 120 kaki (37 m).

Ubur-ubur Surai Singa umumnya menggunakan tentakel mereka untuk menangkap mangsa, sementara anemon laut dapat menangkap tentakel mereka, yang kemudian menjadi kusut, terkoyak dan dikonsumsi.

Kebanyakan sengatan dari jenis ubur-ubur ini menyebabkan rasa sakit dan merah-merah pada bagian setempat yang bersifat sementara. Namun dalam kondisi normal, dan pada orang sehat, sengatannya tidak menyebabkan kematian.

Lions_mane_jellyfish

3. White Spotted Jellyfish (Phyllorhiza punctata)

Juga dikenal sebagai Bell Terapung , ubur-ubur yang indah ini merupakan spesies yang dapat di temukan di samudera pasifik bagian barat, mereka suka berenang dari Australia hingga ke Jepang.

Jenis ubur-ubur ini mempunyai diameter bell rata-rata mencapai 45-50 cm (18-20 in). Mereka memiliki sengatan ringan atau non-terlihat yang dapat disembuhkan dengan cuka.

White_Spotted_Jellyfish

4. Purple Striped Jelly (Chrysaora colorata)

The Purple Striped Jelly juga dikenal sebagai Mauve Stinger. Jenis ini sering di temukan di lepas pantai California di Teluk Monterey, dan juga ubur-ubur ini mempunyai diameter hingga 70 cm (27,6 inci). Sengatan ubur-ubur ini sangat menyakitkan bagi manusia, tetapi lumayan jarang jika sampai berakibat fatal.

Purple_Sstriped_Jelly

5. Cannonball Jellyfish (Stomolophus meleagris)

Ubur-ubur yang satu ini dikenal sebagai Ubur-ubur Kepala Kubis, bel spesies ini bisa mencapai 25 cm (10 inci).

Cannonball_Jellyfish

6. Jelly Blubber (Catostylus mosaicus)

Jenis ubur-ubur Jelly Blubber ini sering ditemui di sepanjang pantai timur Australia, mereka dapat mencapai diameter bell hanya 35 cm (14 in). sengatan bisa menyakitkan tetapi umumnya tidak menimbulkan risiko serius bagi manusia.

Jelly_Blubber

7. Diplulmaris Antartika

Ubur-ubur jenis ini hanya ditemukan di Antartika, dan spesies ini hanya bisa tumbuh lebar sampai 4 cm.

Diplulmaris_Antarctica

8. Crossota Sp

Crossota Sp adalah medusa merah yang ditemukan dari bagian bawah paling dalam Kutub Utara.

Crossota

9. BlueButton (Porpita porpita)

Meskipun terlihat mirip dengan ubur-ubur, Blue Button sebenarnya koloni polip hydrozoan. Mereka hidup di permukaan laut dan melayang secara pasif. Ia memiliki mulut tunggal terletak di bawanya, yang digunakan untuk memakan mangsa dan tempat pengeluaran kotoran.

Blue_Button

10. Atolla Jellyfish (Atolla wyvillei)

Jenis ini juga dikenal sebagai Coronate Medusa atau Ubur-ubur Alarm, spesies ini tinggal jauh di dasar lautan di seluruh dunia.

Uniknya jenis ini bisa mengeluarkan cahaya seperti kedipan lampu saat mereka terkena serangan predator, dari kedipan lampu ini berguna untuk menarik perhatian para predator lainnya supaya memangsa yang sedang memangsa mereka.

Atolla_Jellyfish

Nah itulah 10 Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia, semoga menjadikan perngetahuan bagi anda. Terimakasih sudah membaca.

Lihat Juga

Thumbnails

ini dia 5 Pantai Menakjubkan di Sekitaran Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, kekayaan alam dan budaya Surabaya sering diabaikan karena ...