Home / Berita / Kegiatan Aktivitas Wisata di Bulan Ramadhan

Kegiatan Aktivitas Wisata di Bulan Ramadhan

kegiatan_ngaji
Belajar mengaji bersama kakek (source: kameradroid.com)

Di Bulan Suci Ramadhan banyak cara bagi kita untuk menikmati perjalanan wisata, begitu pun juga banyak tempat wisata yang mudah di jangkau untuk kita untuk menikmati liburan sambil berpuasa. Saat Ramadhan mungkin anda dapat mengurangi beberapa aktivitas yang biasa kita lakukan, dan salah satunya adalah jalan-jalan atau pun liburan. Namun, bukan berarti pada saat kita melakukan ibadah puasa kita tidak melakukan segala aktivitas sampai dengan waktu buka puasa (waktu magrib)

Ada banyak kegiatan aktivitas wisata di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan, seperti wisata rohani dilingkungan rumah atau pun kantor dan rumah-rumah ibadah masjid, dan bila sore hari kita bisa melakukan wisata ngabuburit di lokasi yang bisa kita pilih. Adapun tempat wisata yang bisa dikunjungi pada bulan puasa Ramadhan seperti yang di kutip dari direktori-wisata adalah sebagai berikut :

1. Tempat Wisata Belanja Di Bulan Ramadhan

Tempat wisata belanja seperti pasar atau supermarket yang menyediakan berbagai macam kuliner sajian untuk menu buka puasa baik jajanan pasar tradrisional hingga bahan kebutuhan lainnya untuk dipersiapkan buka dan sahur atau pun belanja untuk keperluan mejelang hari raya Idul Fitri yang dapat dicicil.

2. Tempat Wisata Rohani Di Bulan Ramadhan

Salah satu cara untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan , kita bisa melakukan aktivitas kegiatan rohani seperti mengunjungi masjid untuk melakukan ibadaha dan itikaf, seain itu kita bisa menambah pengetahuan agama atau pun sejarah tentang masjid. Atau kita bisa mengunjungi sebuah rumah penampungan anak-anak yatim piatu dan dhuafa yang bisa kita kunjungi untuk menyantuni atau melakukan suatu kegiatan bersama dengan mereka.

3. Tempat Wisata Kuliner Ramadhan

Waktu menjelang bulan suci Ramadhan, biasanya akan banyak timbul tempat wisata kuliner yang menyajikan beragam jenis kuliner. Dari jenis jajanan pasar tradisional maupun modern. Pasar ini biasanya dibuka menjelang sore hari hingga malam. Banyak lokasi pasar kuliner yang menyediakan paket harga Ramadhan untuk ditawarkan kepada para pelanggan nya. Sambil menikmati jalan-jalan sore di bulan suci Ramadhan atau yang dikenal dengan nama ngabuburit, kita bisa memilih banyak menu untuk santapan hidangan untuk berbuka puasa.

Banyak cara untuk melakukan aktifitas wisata di Bulan Ramadhan, baik di dalam kota maupun di luar kota. Yang terpenting segala suatu kegiatannya liburan yang bersifat positif dan bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan itu akan dibalas berlipat ganda. Yuk, buat kegiatan jalan-jalan di ramadhan ini untuk saling berbagi dan bermanfaat.

(Indra Kusumah)

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...