Home / Berita / Aktivitas Liburan Ringan saat Puasa Ramadhan

Aktivitas Liburan Ringan saat Puasa Ramadhan

ngabuburit-taman-raflesia-ciamis
Ngabuburit di Taman Raflesia Ciamis – Jawa Barat (source: shannypersonalblog)

Wisata-Priangan.co.id – Ramadhan adalah merupakan bulan suci bagi umat Islam, dimana pada sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Al-quran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

Pada Bulan suci Ramadhan yang berjalan selama -/+ 30 hari, bukan berarti menjadi penghalang bagi kita untuk berdiam diri dan mengurangi aktivitas kita, justru pada bulan yang suci ini banyak sekali hikmah dan pertolongan langsung dari Yang Maha Esa, bila kita bisa melakukan aktivitas maupun liburan dengan cerdas.

Delman Domba Alias Deldom Alun Alun Taman Raflesia Ciamis
Salah satu Kegiatan menarik ngabuburit di Taman Raflesia – Ciamis, dengan menaiki Deldom (Delman Domba).

Aktivitas Liburan Ringan yang Menyenangkan saat Puasa Ramadhan

Pertama, liburan tidak melulu berarti pergi ke suatu tempat. Liburan juga bisa dinikmati di rumah. Mengajarkan keterampilan kepada si kecil, mengundang tetangga untuk pengajian di rumah, atau bedah buku seputar dunia islam insya Allah merupakan aktivitas liburan yang bermanfaat.

Kedua, berbelanja bersama keluarga untuk kebutuhan puasa dan persiapan Lebaran kiranya juga merupakan aktivitas yang menggembirakan. Berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan modern membuat Anda tidak perlu berpanas-panasan. Anda bisa memperhitungkan waktu sehingga dapat berbuka puasa di tempat itu.

Ketiga, sejumlah komunitas islami biasanya menggelar program-program wisata Ramadhan. Misalnya, wisata hati ustad Yusuf Mansyur di Tanggerang dan wisata rohaninya AA Gym di Bandung. Sambil liburan Anda juga bisa menambah amalan dan pahala pada bulan suci Ramadhan ini.

Keempat, jalan-jalan di ruang publik saat ngabuburit juga bisa menjadi aktivitas ringan yang menyenangkan. Ngabuburit atau menunggu datangnya waktu berbuka puasa biasanya dilakukan 1 atau 2 jam menjelang waktu berbuka. Pada sore hari di kawasan ramai tertentu atau bahkan di kawasan pariwisata, biasanya di padati warga yang hanya sekedar ngabuburit, melepas lelah kerja seharian sambil menunggu waktu datangnya berbuka puasa.

Kelima, toko buku kerap dijadikan pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu pada bulan puasa. Anda tidak harus membeli buku. Banyak toko buku yang memperbolehkan pengunjung untuk membaca di tempat.

Keenam, bagi kaum perempuan saat liburan adalah kesempatan untuk menyalurkan hobi yang mungkin banyak tertunda karena kesibukan kerja. Membuat kue atau belajar membuat kue bisa jadi salah ide aktivitas. Kuenya sekaligus bisa jadi stok sajian Lebaran.

Ketujuh, bersih-bersih rumah. Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri kita bisa mempercantik tampilan rumah untuk menyambut datangnya tamu pada hari kemenangan. Membersihkan rumah bersama keluarga kiranya dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Lihat Juga

Thumbnails

Lakukanlah ini Jika Sedang Berlibur di Bali, karena semua nya murah hingga yang gratis

Jika Anda bukan orang yang percaya bahwa hal terbaik dalam hidup ini adalah kebebasan. Berikut ...