Home / Berita / Mengenal Provinsi Jambi Lebih Dekat

Mengenal Provinsi Jambi Lebih Dekat

Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukota-nya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.

icon jambi gentala
source: gentalaarasydotcom

Jambi adalah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Provinsi Jambi dengan total wilayah sekitar 5.343.700 hektar terdiri dari 9 kabupaten dan 1 kotamadya. Jambi juga merupakan nama sebuah kota di provinsi ini yang merupakan kota ibukota provinsi. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukota-nya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.

Topografi Provinsi Jambi berbeda-beda mulai dari wilayah daratan di sebelah Timur dan kabupaten Kerinci. Sumber daya alam dengan keanekaragaman hayati yang kaya terdapat di 4 taman nasional seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Berbak, Taman Nasional Bukit Dua Belas, dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Masing-masing taman nasional memiliki karakteristik dan tipe keanekaragaman hayati yang berbeda.

Dengan suhu udara berkisar antara 23 C s.d 31 C dan luas wilayah 53,435 km2 diantaranya sekitar 60% lahan merupakan kawasan perkebunan dan kehutanan yang menjadikan kawasan ini merupakan salah satu penghasil produk perkebunan dan kehutanan utama di wilayah Sumatera. Kelapa sawit dan karet menjadi tanaman perkebunan primadona.

JALUR MASUK

Setiap hari ada 6 penerbangan yang berangkat dan tiba di Jambi. Penerbangan dari Jakarta akan menghabiskan waktu satu jam, dari Palembang 15 menit dan dari Batam satu jam begitu juga dari Singapura. Perjalanan dengan menggunakan kapal laut atau kapal feri juga mudah, dari Batam hanya memakan waktu 5 jam dan 7 jam dari Malaysia. Untuk melihat dan merasakan perjalanan darat, memakan waktu 6 jam dari Palembang, 8 jam dari Padang dan 10 jam dari Bengkulu.

SEJARAH

Jambi merupakan pusat Kerajaan  Melayu Kuno. Jambi dipengaruhi kebudayaan Melayu sejak abad ke-7, namun dibayangi oleh kerajaan tetangga yang besar pada saat itu yaitu Kerajaan Sriwijaya. Yi Tsing menghabiskan waktu di Melayu dan dari catatannya dapat disimpulkan bahwa wilayah ini dulu disebut Chan Pi oleh Cina. Melayu lalu menjadi daerah kekuasaan Sriwijaya hingga Majapahit mengambil alih kerajaan ini. Berikutnya masyarakat Minangkabau Sumatra Barat mengklaim bahwa wilayah ini adalah miliknya setelah runtuhnya Majapahit. Abad ke-17, VOC bersekutu dengan Sultan Muhammed Nakhruddin dan membuat Belanda berhasil memonopoli perdagangan merica di wilayah ini hingga terbebas tahun 1901.

KULINER

Jambi memiliki makanan khas mirip seperti Sumatra Selatan. Jambi juga merupakan tempat terbaik untuk Anda mencicipi nanas goreng, jagung bakar dan makanan khas lainnya. Dan  tentu saja makanan khas Sumatra Barat yaitu nasi padang yang dapat dengan mudah ditemukan di sini.

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Jambi didominasi oleh ras Melayu, Jambi juga merupakan rumah bagi suku pedalaman Kubu, Anak Dalam atau lebih dikenal dengan sebutan Orang Rimba. Sebagian anggota suku ini ada yang masih menganut kepercayaan animisme dan menolak pengaruh asing dari luar. Sebagian lagi memutuskan untuk bergaul dengan masyarakat setempat dan meninggalkan adat istiadat.

Masyarakat Jambi merupakan masyarakat heterogen yang terdiri dari masyarakat asli Jambi, sebagian merupakan pendatang yang berasal dari Minangkabau, Batak, Jawa, Sunda, Cina dan India. Sebagian besar masyarakat Jambi memeluk agama Islam sebesar 90%, sedangkan sisanya merupakan pemeluk agama Kristen, Hindu dan Budha. Jambi juga merupakan tempat berasalnya kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu yang berdialek “o”.

Sumber: Pesona Indonesia

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...