Home / Dunia / 10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan

10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan

WisataPriangan.co.id – 10 tempat wisata alam ini adalah merupakan tempat wisata yang bisa disebut dengan Landmark yang paling terkenal dan harus anda lihat di Amerika Selatan, dan dari 10 lokasi ini tersebar di seluruh benua Amerika bagian selatan. masing-masing dari ke 10 nya memiliki karakteristik sendiri dan fitur unik yang pantas kami masukan di daftar 10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan.

Meski ke 10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan ini mempunyai karakteristik sendiri dan fitur tersendiri, tetapi mereka memiliki kesamaan nya dalam keindahan alam nya yang luar biasa, fenomena nya yang menakjubkan, dan pemandangan nya yang tak mudah dilupakan seumur hidup.

Lalu mana saja dan seperti apakah 10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan ini..?

1. Air terjun Iguazu – Argentina, Brasil dan Paraguay

Air Terjun yang terletak di perbatasan ArgentinaBrasil dan Paraguay ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia. Jurang Air terjun ini mencakup panjang 2 km dan memiliki aliran air rata-rata 1,3 juta liter per detik. Air terjun Iguazu terdiri dari sekitar 275 air terjun individu besar dan air terjun kecil.

Air Terjun Iguazu
Air Terjun Iguazu ( Source: new7wonders.com )

2. Perito Moreno Glacier – Argentina

Terletak 48 mil dari kota El CalafatePerito Moreno Glacier memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para turis asing, sebagian besar para wisatawan yang datang dari seluruh dunia di El Calafate memiliki tujuan wisata ke Perito Moreno Glacier.

Sekilas tentang Perito Moreno Glacier adalah merupakan sebuah tempat dimana tempat terbaik untuk melihat dataran es (gletser) tebal yang turun langsung dari pegunungan tertinggi yang dikelola oleh Torres del Paine National Park di Amerika Selatan, dan memiliki panjang 30km (19 mil).

Para wisatawan dapat melihat langsung dataran es ini di Danau Argentino menggunakan perahu kecil atau dari pinggir danau, para wisatawan yang beruntung dapat melihat potongan es besar yang runtuh dari tebing dataran es dan jatuh ke Danau Argentino, dan fenomena ini adalah pemandangan yang sangat luar biasa dan di tunggu-tunggu oleh para wisatawan dari seluruh mancanegara.

Jika pengunjung tak hanya ingin melihat atau menonton keindahan dataran es saja, maka pengunjung dapat mendaki dan berjalan-jalan di atas dataran es tersebut, atau bisa juga menggunakan helikopter.

perito-moreno-glacier-in-el-calafate
Perito Moreno Glacier, Argentina (source: viator.com)

3. The Salt Flats (Salar de Uyuni) – Bolivia

Dataran garam terbesar di dunia seluas 10.582 kilometer sekaligus cermin alam terbesar di dunia. Terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, di ketinggian 3.656 meter (11.995 kaki) di atas permukaan laut, Bolivia.

Dataran garam ini terbentuk oleh beberapa danau prasejarah, yang berubah bentuk sekitar 30.000 sampai 42.000 tahun yang lalu. Permukaannya tertutup lapisan garam setinggi beberapa kaki, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun.

Salar_de_Uyuni_bolivia
Salar de Uyuni (source: 10mosttoday.com)
Baca Selengkapnya tentang Salar de Uyuni

4. Torres del Paine National Park – Chile

Torres del Paine National Park berlokasi di Patagonia Chili selatan. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan, gletser, danau, sungai, dan gunung-gunung kecil Cordillera del Paine yang menjadi pusat taman nya. Taman nasional ini juga merupakan sebuah keajaiban yang menyatu dengan alam sekitar nya, alam yang mempesona berikut keindahan nya yang tiada banding.

Torres_del_Paine
Torres del Paine (source: 10mosttoday.com)

5. Hutan Amazon – Brasil dan 8 negara lainnya

Sebuah hutan hujan yang mempunyai luas nya mencakup 5.500.000 km persegi, hingga menyentuh 8 negara lainnya di Amerika Selatan selain Brasil adalah Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname dan Guyana Prancis.

Hutan Amazon juga merupakan rumah bagi beberapa hewan luar biasa yang ada di muka bumi, juga hutan Amazon ini merupakan hutan terluas di dunia dan memiliki iklim tropis, sehingga termasuk ke hutan hujan tropis dan memiliki dua nama lain, yaitu ‘paru-paru dunia‘ karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi, dan ‘neraka hijau‘ karena setiap tahun sungai di hutan Amazon ini meluap.

amazonRainforest
Hutan Hujan Amazon (source: wiki)
Baca juga 10 Hewan yang mengagumkan di Amazon

6. Kepulauan Galapagos – Ekuador

Kepulauan Galapagos sebetulnya tidak berada di bagian Amerika Selatan, namun dianggap termasuk wilayah Amerika bagian selatan, kepulauan ini berada di antara Amerika tengah dan Amerika selatan, begitu juga lokasinya ini berada di lautan lepas, tepat berada di antara samudra pasifik bagian utara dan samudra pasifik bagian selatan.

Kepulauan Galapagos merupakan kepulauan pulau vulkanik di Samudra Pasifik, letaknya 926 km (575 mil) barat dari Ekuador. Galápagos Islands dan perairan di sekitarnya adalah taman nasional dan cagar laut biologis. Kepulauan ini terkenal di dunia dengan spesies endemik dan dipelajari oleh Charles Darwin. Pengamatan Darwin membantu untuk membentuk teorinya tentang evolusi melalui seleksi alam.

Kepulauan Galapagos - Ekuador
Kepulauan Galapagos – Ekuador (source: Alvaro Sevilla Design)

7. Gunung Fitz Roy – Argentina

Gunung Fitz Roy juga dikenal sebagai Monte Fitz Roy atau Cerro Fitz Roy, berada dekat dengan desa El Chalten di daerah es Patagonia bagian selatan. Gunung ini sangat terkenal khususnya di kalangan trekker atau para pecinta alam, dan selalu masuk dalam salah satu daftar wajib kegiatan pendakian, biasanya wisatawan memulai pendakian nya dengan titik awal di El Chalten kemudian menyusuri trek yang dikelilingi pemandangan indah dan mempesona. Beberapa lokasi yang menjadi favorit para pendaki atau pengunjung diantaranya adalah Laguna de Los Tres Lagoon, Torre, dan Cerro Elecrico.

Gunung Fitz Roy - Argentina
Gunung Fitz Roy – Argentina (source: wiki)

8. Gunung Roraima – Venezuela, Brasil and Guyana

Gunung yang berfungsi sebagai titik perbatasan tiga dari Venezuela (yang memegang sebagian besar), Brasil dan Guyana ini adalah merupakan salah satu keajaiban di Amerika Selatan, Roraima sangat terkenal dengan keunikannya, bahkan gunung ini juga menjadi inspirasi dalam film animasi karya Disney Pixar, yaitu “Up“.

Keunikan gunung yang berada di ketinggian 2.810 m (9.220 kaki) dari permukaan laut ini memiliki puncak yang datar dengan luasnya sekitar 31 km2, dengan tebing yang curam di setiap pinggiran nya yang lurus naik ke atas sekitar 400 meter (1.300 kaki).

Mount_Roraima
Gunung Roraima – Venezuela, Brasil and Guyana (source: Paulo Fassina)

9. Angel Falls, Venezuela

Air terjun yang terletak di dalam Taman Nasional Canaima ini merupakan salah satu air terjun tertingi di dunia, dengan ketinggianya mencapai 979 meter dan air yang jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter.

Angel Falls, Venezuela
Angel Falls, Venezuela (source: wiki)
Baca juga :Air Terjun Tertinggi Di Dunia Angel Falls

10. Lençóis Maranhenses National Park – Brasil

Terletak di timur laut Brazil, Lençóis Maranhenses National Park adalah dataran rendah yang penuh dengan bukit pasir, dan kadang-kadang pasir ini membanjiri tanah di sekitarnya, dataran pasir ini memiliki luas sekitar 1.500 km2. Daerah ini tidak ada tanaman yang tumbuh meski hujan turun dalam jangka waktu yang lama.

Justru hujan disini menyebabkan fenomena yang menakjubkan dimana air tawar menggenang di antara bukit-bukit pasir, seperti bercak gurun dengan laguna biru dan hijau, pada bulan antara Juli dan September laguna-laguna tercipta dengan sekala besar hingga terhubung satu sama lainnya lalu kemudian terhubung dengan sungai yang memungkinkan ikan-ikan masuk ke laguna tersebut.

Lençóis Maranhenses National Park - Brasil
Lençóis Maranhenses National Park – Brasil (source: Vitor 1234)

Nah itulah 10 Tempat Wisata Alam Paling Terkenal Di Amerika Selatan, semoga menambah wawasan anda dan inspirasi liburan anda di masa yang akan datang. Terima Kasih sudah membaca artikel ini.

Lihat Juga

Thumbnails

ini dia 5 Pantai Menakjubkan di Sekitaran Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, kekayaan alam dan budaya Surabaya sering diabaikan karena ...