Home / Dunia / Palau: Negeri Terpencil Di Samudra Pasific

Palau: Negeri Terpencil Di Samudra Pasific

Keindahan pulau palau, Dari Drone

WisataPriangan.co.id Р Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Nama untuk kepulauan ini dalam Bahasa Palau, Belau, sepertinya berasal dari kata dalam bahasa Palau untuk “Kampung”, Beluu,[3] atau dari Aibebelau yang berarti “Balasan tak langsung”, yang berhubungan dengan pembuatan makhluk mitos.

Kepulauan Palau yang indah dengan lingkungan hidup yang bagus,
Formasi perairan laut dan batu karang di Palau

Palau adalah negara kecil kepulauan tropika yang terletak di sekitaran khatulistiwa, yang menyebabkan di kepulauan kecil ini terdapat beberapa blok hutan hujan tropika yang kaya akan beragam jenis fauna. 10 buah pulau di negara ini dijadikan cagar alam dan 3 buah lainnya dijadikan taman wisata dan taman berburu.

Palau memiliki pemerintahan konstitusional dalam asosiasi bebas dengan Amerika Serikat. Compact of Free Association telah dimasukkan ke dalam dengan Amerika Serikat pada tanggal 1 Oktober 1994, juga menandai kemerdekaan Palau.

Palau memiliki tiga cabang pemerintahan. Presiden secara langsung terpilih dan melayani jangka empat tahun. Presiden dan Wakil Presiden berjalan di tiket terpisah. Dewan Kepala, terdiri dari para kepala tradisional tertinggi dari setiap negara, yang bertindak sebagai penasehat kepada Presiden pada hukum adat dan adat istiadat.

Cabang legislatif, Olbiil Era Kelulau (Palau Kongres Nasional), terdiri dari dua kamar, Senat dan House of Delegates. Semua legislator melayani dengan jangka waktu empat tahun.

Sistem peradilan terdiri dari Mahkamah Agung, Pengadilan Umum, dan Pengadilan Tanah. Mahkamah Agung memiliki divisi percobaan dan banding dan dipimpin oleh Ketua. Hakim diangkat untuk istilah kehidupan oleh Presiden dengan persetujuan dari Palau Kongres Nasional.

Setiap dari 16 Palau negara juga memilih gubernur sendiri dan legislatif.

Transportasi dari Bandara Internasional Palau yang terletak di Koror terdapat penerbangan langsung yang melayani penumpang dan kargo dari dan ke Guam dan Manila, Filipina. Di negara ini tidak ada jaringan rel dan kereta api. Hampir setengah dari panjang keseluruhan panjang jalan di Palau belum diaspal dan baru berupa jalan tanah. Aturan mengemudi di negara ini yaitu setir kanan dan batasan maksimum kecepatannya hanya 40 km/jam.

Palau juga mengandalkan transportasi laut antar pulau. Negara ini memiliki beberapa buah pelabuhan feri atau pelabuhan penyeberangan yang daya jangkaunya adalah seluruh negeri. Palau tercatat memiliki 12 pelabuhan, dengan yang terbesar adalah pelabuhan di kota Koror.

sumber: Wikipedia

Lihat Juga

Thumbnails

11 Alasan Mengapa Harus Mengunjungi “FIJI”

Fiji adalah negara kepulauan yang berada di Pasifik Selatan. Negara ini memiliki lebih dari 300 ...