Home / Tempat Wisata / Menikmati Keindahan Alam Kepulauan Banyak, Aceh Singkil

Menikmati Keindahan Alam Kepulauan Banyak, Aceh Singkil

Nikmati liburan Anda dengan keindahan alam nan sempurna yang dipadu dengan ketentraman yang tiada batas nya di Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, pesisir barat Aceh.

Menikmati Keindahan Alam di Kepulaun Banyak, Aceh Singkil
Kepulaun Banyak – Aceh Singkil (source: Panoramio)

WisataPriangan.co.id – Kepulauan Banyak adalah merupakan tempat yang mempunyai alam yang indah dipadu dengan ketentraman yang luar biasa, setiap kali orang yang mengunjungi nya merasa sangat puas dan ingin kembali mengunjungi nya, dikarenakan kepulauan yang penuh dengan keindahan ini jauh dari hiruk pikuk Ibukota dan berada di tengah laut lepas, sehingga pengunjung merasa tenang dan nyaman untuk menikmatinya.

Kepulauan Banyak merupakan sebuah kecamatan yang letaknya di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Wilayah laut yang luas membuat pulau-pulau di dalamnya memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pasir putih dan lambaian daun memperindah panorama.

Dan perlu diketahui, bahwa ada 99 buah pulau di gugus Kepulauan Banyak yang sebagian besar nya belum diberi nama, dan sangat layak dikembangkan menjadi objek wisata andalan, termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijau nya.

Pusat kecamatan Kepulauan Banyak terdapat di Pulau Balai, pulau yang merupakan nadi perekonomian dari Kepulauan Banyak, karena di sana terjadi transaksi ekonomi antar penduduk. Selain itu, Pulau Balai juga memiliki mempunyai fasilitas lengkap di banding pulau-pulau lain di Kepulauan Banyak.

Di Kepulauan Banyak ada beberapa pulau besar , diantaranya  Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak Besar. Sementara itu, ada empat bahasa yang berlaku di kepulauan ini: bahasa aneuk, bahasa jamee, bahasa holoban dan bahasa nias. Masing-masing bahasa digunakan oleh suku Aneuk Jamee, suku Haloban dan suku Nias.

Kegiatan

Sinar Matahari terpancar sepanjang hari menghangatkan hawa di sekitar Kepulauan Banyak. Songsonglah Matahari terbit yang cantik dan jangan lewatkan proses terbenam nya. Pulau Palambak adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan ini.

Kepulauan banyak memiliki beberapa titik untuk menyelam, untuk itu para penggemar wisata bahari tidak akan percuma menginjakkan kakinya di tempat ini. Diantaranya adalah Pulau Tallani, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Rata-rata perairan di sini berkarang dan memiliki air jernih sehingga dari permukaan laut saja terumbu karang sudah dapat terlihat dengan jelas.

Sejumlah gugusan pulau pun tercatat memiliki ombak tinggi rata-rata 5-6 meter, datangnya ombak mampu setiap satu menit sekali terutama saat musim angin barat antara April-Agustus. Area terbaik untuk berselancar ada di Pulau Bangkaru, pulau yang juga dijadikan pusat konservasi penyu hijau.

Ingin berpetualang mengayuh kayak? Cobalah menuju Pulau Palambak besar, kayaking bisa dilakukan di bagian belakang pantai yang memiliki ombak lebih tenang.

Desa-desa di Pulau Balai tidak kalah menarik dengan kehidupan para nelayan yang masih tradisional. Berkelilinglah dan cobalah berbaur dengan warga setempat. Pulau Tuangku lebih unik lagi menyuguhkan area treking berupa hamparan hutan. Anda dapat singgah di Kampong Haloban yakni tempat tinggal suku haloban. Selama perjalanan ke sana, Anda dapat melihat kancil, beo nias, babi hutan dan kupu-kupu beraneka warna. Temui juga Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet.

Tips dan Saran

Anda bisa menghubungi agen-agen perjalanan yang terdapat di Pulau Palambak Besar untuk mengorganisir perjalanan Anda. Selain itu, dilarang memakan kepiting yang berkeliaran di Kepulauan Banyak karena beracun.

Transportasi

Perjalanan ke Kepulauan Banyak dimulai dari Kabupaten Aceh Singkil yang bisa ditempuh melalui Medan. Anda bisa menggunakan jalur udara dari Bandara Kualanamu di Medan, menuju Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri di Aceh Singkil. Maskapai yang menyediakan layanan rute tersebut adalah Susi Air dan Nusa Buana Air.

Alternatif lain menaiki mobil travel selama kurang lebih 8 jam dari Medan. Terdapat kelas travel yang bisa Anda pilih, yakni non ac mulai dari 75-90 ribu atau pun full ac kurang lebih seharga Rp. 110 ribu.

Sesampainya di Aceh Singkil, lanjutkan perjalanan ke Pulau Balai dengan menggunakan kapal ferry selama 4 jam, tarifnya Rp. 50 ribu dengan jadwal perjalanan seminggu sekali setiap hari Selasa. Bisa juga menggunakan kapal warga dari Pelabuhan Jembatan Tinggi, tarifnya Rp. 50 ribu per orang, atau menyewa speed boat dengan tarif Rp. 1,2 juta. Speed boat juga bisa disewa untuk berkeliling pulau dengan harga yang variatif, mulai dari Rp. 300 ribu sekali jalan.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...