Home / Berita / 8 Negara Yang Berkembang dan Makmur Karena Pariwisata

8 Negara Yang Berkembang dan Makmur Karena Pariwisata

selandia-baru-hobbit
Alam di Selandia Baru (dok Thinkstock)

Industri Pariwisata kerap menjadi primadona di berbagai negara di dunia, karena mampu mendatangkan devisa. Di Indonesia misalnya, sektor pariwisata menjadi salah satu dari tiga penyumbang devisa terbesar selain minyak dan gas.

Maka tak heran jika tiap negara berlomba-lomba mengemas industri pariwisata, yang diarahkan untuk meningkatkan daya saing usaha lokal, membuka peluang ivestasi, hingga mengembang sumber daya manusia di sektor pariwisata. Seperti dilansir dari money.cnn.com, Jumat (9/11/2016 lalu), berikut 8 negara yang berkembang dan menjadi besar karena pariwisata.

1. Islandia

Menurut data World Travel and Tourism Council, kunjungan pariwisata Islandia melonjak karena adanya peningkatan promosi pariwisata, dan berhasil mendatangkan banyak wisatawan Tiongkok. Sektor pariwisata negara ini tumbuh 19,4 persen di tahun 2015, dan menjadikan perekonomian negara tersebut tumbuh menjadi lebih baik.

2. Jepang

Penurunan nilai Yen membuat Jepang kebanjiran wisatawan asal Tiongkok dan membuat kunjungan wisatawan mancanegara Jepang tersebut meningkat 49 persen. Memiliki beragam destinasi wisata alam dan budaya yang memukau, pariwisata Jepang terus berkembang dan menjadi salah satu negara Asia dengan pertumbuhan yang terus meningkat. Pada 2015, industri pariwisata Jepang tumbuh 4,4 persen.

3. Meksiko

Sejak diberlakukannya kebijakan visa AS untuk berkunjung ke Meksiko pada 2010, banyak wisatawan yang mampir ke Meksiko setelah berkunjung ke AS. Berbagai bangunan eksotis peninggalan budaya nenek moyang menjadi daya tarik Meksiko yang sayang untuk dilewatkan. Tahun 2015, pariwisata Meksiko tumbuh 6,9 persen.

4. Selandia Baru

Pemasaran pariwisata yang dikemas secara luar biasa menjadi faktor utama mengapa pariwisata Selandia baru menjadi primadona penyumbang devisa negara. Selain promosi yang gencar, Selandia baru juga memiliki beragam destinasi wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan asal Tiongkok dan Australia tercatat menjadi wisatawan mancanegara terbesar yang mengunjungi Negara Hobbit ini. Sektor pariwisata tumbuh 14,6 persen pada 2015.

5. Qatar

Peningkatan pesat ibukota Doha menjadi pariwisata Qatar berkembang dari tahun ke tahun. Mirip dengan Abu Dhabi dan Dubai, Doha menjadi kokta yang mampu menghubungi berbagai tempat di Qatar. Sebagai tuan rumah terpilih piala dunia 2022, pemerintah Qatar menjadikan investasi di bidang infrastruktur sebagai jalan untuk terus mengembangkan industri pariwisata.

6. Arab Saudi

Hotel dan resor menjadi salah satu andalan pariwisata Arab, terlebih negara ini kerap dikunjungi jutaan orang tiap tahun untuk ziarah agama. Pariwisata Arab setidaknya mendapat 18 miliar dolar AS per tahun dari kunjungan ibadah haji.

7. Thailand

Pertumbuhan pariwisata Thailand menjadi terbaik di kawasan Asia Tenggara. Pada 2015, industri pariwisata negara gajah putih ini meningkat 19,2 persen sehingga mampu menopang perekonomian nasional negara tersebut. Meski pernah terguncang bom pada Agustus tahun lalu, Thailand mampu meyakinkan wisatawan mancanegara bahwa negara mereka aman untuk dikunjungi.

8. Uganda

Negara Afrika biasanya identik dengan iklim panas dan suasana gersang. Namun Uganda menjadi negara yang berhasil mengemas pariwisata untuk menopang perekonomian negara. Wisata safari menyaksikan fauna eksotik menjadi populer dan mampu menggantikan kesan negara yang selalu dirundung kekerasan dan kekacauan politik. Pada 2015, sektor pariwisata Uganda bahkan meningkat 47,6 persen.

 

Lihat Juga

Thumbnails

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ...