Home / Tempat Wisata / Menikmati Air terjun Cunca Rami Yang Indah – Flores

Menikmati Air terjun Cunca Rami Yang Indah – Flores

Sejuknya Menikmati Air terjun Cunca Rami Yang Indah - Flores
Air terjun Cunca Rami – Flores (source: indonesia kaya dot com)

WisataPriangan.co.id – Pesona Air terjun Cunca Rami untuk sebagian orang belum mengetahui tempat indah ini.  Lokasi nya berada di dalam kawasan Hutan Mbeliling. Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini adalah atraksi ekowisata utama bagi hutan yang berfungsi sebagai sumber air bagi daerah sekitar termasuk Labuan Bajo.

Apabila Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Flores bagian Barat, sempatkan waktu Anda untuk menyambangi dan berenang di Air Terjun Cunca Rami. Air terjun ini adalah satu dari tiga air terjun di tengah hutan tropis Flores yang eksotis dan alami di kawasan Manggarai Barat.

Pesona Air terjun Cunca Rami Yang Indah

Berjarak sekira 30 kilometer dari Kota Labuan Bajo, ibukota Manggarai Barat yang sekaligus pintu masuk untuk menikmati keindahan alam Flores. Perjalanan berkendara menuju Desa Cunca Lolos adalah sekira 1 jam. Dari desa ini, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki (trekking) selama kurang lebih 1 jam.

Nama Cunca Rami berasal dari kata “cunca” yang artinya “air terjun”, dan “rami” yang artinya “hutan”. Jadi Cunca Rami berarti air terjun yang dikelilingi hutan kecil di sekelilingnya, dan berada di kawawan hutan Mbeliling.

Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar. Air terjun ini sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 m dengan tiga tingkatan. Selain itu terdapat kolam alami yang menampung aliran air yang jatuh ke bawah.

Kolam air terjunan ini berukuran dengan diameter sekitar 5-7 m dan berkedalaman sekktar 12 m. Yang biasanya dijadikan tempat untuk berenang oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini. Airnya yang jernih dan bersih serta pemandangan sekitar yang banyak ditumbuhi pepohonan yang hijau menjadikan tempat ini mempunyai pesona tersendiri.

Kegiatan berenang memang menjadi favorit sebagian banyak orang di sini. Selain menyenangkan, kegiatan ini pun merupakan olah raga menyehatkan. Selain itu Anda pun dapat menikmati kolam renang alami yang sumber airnya melimpah dari air terjun yang indah.

Menuju Air terjun Cunca Rami Yang Indah

Jika ingin berkunjung ke obyek wisata satu ini persiapkan fisikmu karena jalur menuju Air Terjun Cunca Rami berupa trekking di Hutan Mbeliling dengan melalui jalan yang menurun sepanjang 2 km dan memakan waktu antara 45 menit – 1 jam.

Sedangkan saat kembali pulang menuju Desa Cunca Lolos dari air terjun ini, jalur trekking yang kamu lalui justru menanjak dengan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Namun gak usah khawatir, pemandangan sepanjang perjalanan jalur trekking ini cukup indah dan sejuk karena hijaunya pepohonan akan menemanimu.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...