Home / Tempat Wisata / Woow..!! Kebumen Memiliki Obyek Wisata Curug Silancur Yang Mengagumkan

Woow..!! Kebumen Memiliki Obyek Wisata Curug Silancur Yang Mengagumkan

Curug Silancur WisataPriangan.co.id
Pesona Curug Silancur yang jatuh menghantam bebatuan (Source: Ragil)

Kebumen Memiliki Obyek Wisata Curug Silancur Yang Mengagumkan

Kebumen memiliki banyak pesona alam luar bisa yang patut untuk di kunjungi. Selain itu, obyek pariwisata di Kebumen ini sedang mengalami peningkatan. Tak hanya dari segi pariwisata laut saja, Kebumen memiliki banyak tempat pariwisata darat, mulai dari taman alun-alun, Goa, hingga tempat rekseasi dan air terjun pun ada di sini.

Salah satu obyek wisata yang mulai dikenal di kalangan masyarakat saat ini adalah Curug Silancur. Curug ini berada di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Objek wisata yang satu ini memiliki potensi pariwisata yang begitu luar biasa. Keindahan alam khas dari pedesaan tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Desa Wadasmalang adalah desa yang dahulu pernah menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Kebumen pada saat perang kemerdekaan. Sehingga membuat desa ini sangat istimewa dalam hal sejarah dari NKRI.

Di curug ini, selain kita bisa menikmati air terjun yang memiliki debit ukuran air terjun yang besar. Kita juga bisa berpanen durian saat musim panen sudah datang. Sehingga tidak jarang banyak yang penyuka buah durian berpesta dengan mengunjungi wisata ini. Karena kita bisa mendapatkan buah durian dengan harga yang murah tentunya.

Perjalanan Ke Curug Silancur

Keberadaan curug yang termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung itu, saat ini sudah cukup popular. Terutama di kalangan remaja. Namun untuk bisa sampai ke tempat tersebut, anda perlu sebuah perjuangan untuk mencapainya. Karena harus melakukan perjalanan dengan melalui jalan setapak yang hanya bisa kita tempuh dengan hanya berjalan kaki. Saat berkunjung kita harus ekstra berhati-hati. Karena untuk akses jalan yang berada di lereng perbukitan di ketinggian sekitar 220 mdpl.

Selain banyak dipenuhi dengan rumput liar. Sebagian jalan juga sedikit berbatu. Sehingga hanya cukup untuk dilewatioleh satu orang saja. Kita juga Bisa memilih menyusuri hulu dari Sungai Kedungbener. Dengan ditemani oleh wisata untuk berburu bahan batu akik. Sehingga bisa menyalurkan keinginan tersendiri saat berkunjung di sini.

Yang jelas, perlu stamina yang ekstra untuk bisa mencapai curug dengan ketinggian sekitar 25 meter tersebut. Walaupun curug ini hanya berjarak sekitar 400 meter. Dari tepi Jalan Wadasmalang- Pujegate. Namun untuk rute yang akan kita tempuh naik turun.

Keindahan Curug Silancur

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, dijamin tidak menyesal, karena rasa lelah tersebut akan terobati setelah kita menyaksikan panorama air terjun yang menawan. Dengan kejernihan air yang terasa begitu sejuk di kaki maupun untuk cuci muka. Saat melihat keindahan air terjun, rasa lelah seolah terbayar lunas. Curug ini terlihat membentuk sebuah garis putih tinggi menjulang. Bersamaan, terdengar suara gemericik air.

Tidak seperti curug pada umumnya yang memiliki penampungan air di bawahnya, air di curug itu jatuh menghantam batuan besar hingga menghasilkan percikan air yang segar. Jika terik matahari dalam keadaan sempurna, percikan air yang terbawa angin terlihat berwarna-warni seperti pelangi.

Akomodasi Curug Silancur

Namun keindahan curug satu ini, potensi wisata alam nya masih belum dikelola secara baik. Misalnya, tidak ada petunjuk jalan atau rambu yang bisa menunjukkan lokasi air terjun itu secara tepat. Sehingga untuk berkunjung ke wisata ini, kita harus bertanya kepada orang yang berada di sekitar wisata ini. Ataupun bersama orang yang pernah berlibur di sini

Sebagai petunjuk, agar tidak tersesat pengunjung bisa berhenti di tepi jalan Wadasmalang – Pujegan. Atau tepatnya di belokan Kebogemulung. Dari lokasi tersebut, kita kemudian berjalan dengan berjalan kaki. Selain air terjun, Desa Wadasmalang juga memiliki sumber mata air hangat.

Akses ke Curug Silancur

Dari Kota Kebumen, kita bisa ambilah jalan yang menuju Pemandian Air Panas. Jika lewat Sruni setelah pertigaan Sruni, kita ambil kiri . Lalu lanjutkan hingga bertemu sebuah petunjuk arah ke desa Wadaslintang di dekat pertigaan Sawangan. Lurus saja atau ambil jalan yang mengarah ke Pemandian Air Panas Krakal. Kemudian, kita akan mendapati sebuah pertigaan kecil yang berada tepat didepan balai desa Krakal.

Lalu kita ambil ke kanan. Kita akan melewati Pasar Krakal. Lurus saja hingga kita menemui pertigaan lagi. Setelah masjid Jerotengah di dekat jembatan. Ambil ke kiri dan ikuti jalan raya tersebut hingga melewati SDN 2 Plumbon, lanjutkan terus ke utara anda akan melewati jembatan dan jalan yang diapit dua sungai di kanan kiri. Lurus saja hingga menemui kelokan dengan tebing batu alam di kanan jalan. Curug berada di dasar jurang.

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...