Home / Animal / 5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

5 Hewan Unik yang Bertubuh Transparan

Jika yang Anda tau binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka Anda salah. Dunia binatang merupakan sesuatu yang menarik, unik dan terkadang sangat mengherankan. Dunia penuh dengan binatang unik dan menakjubkan dengan beragam spesies nya, tentu banyak hal unik dari dunia hewan yang sangat menarik untuk di ketahui. Seperti halnya beberapa hewan transparan yang memiliki teknik dan mekanisme khusus sebagai teknik berburu atau pertahanan diri.

Berikut 5 hewan unik yang bertubuh transparan

1. Kumbang Transparan

Disebut Tortoise Shell Beetle atau Kumbang Transparan, adalah spesies kumbang dalam keluarga kumbang daun yang berasal dari Amerika. Tubuh kumbang ini tidak sepenuhnya transparan, namun ia memiliki pelindung transparan untuk melindungi diri dari predatornya. Saat dalam situasi berbahaya atau mengancam dirinya, maka punggung yang ter lindungi nya akan memberikan tanda-tanda peringatan, sehingga ia bisa melindungi dirinya dari bahaya.

Kumbang transparan yang berukuran 5-7 milimeter ini, hidup mengkonsumsi berbagai dedaunan atau pun umbi jalar. Kumbang jenis ini memiliki warna orange ke emas dan metalik, sehingga mendapat julukan “ Goldbug”. Namun kumbang ini dapat berubah warna menjadi coklat ke merahan saat berada dalam sebuah ancaman. Dengan mengubah aliran cairan antara lapisan cuticle.

Kumbang Transparan (source: entnemdept.ufl.edu)

2. Tripang Transparan

Selanjutnya ada Sea Cucumber, yakni timun laut transparan atau sering di sebut juga Tripang. Adalah merupakan hewan “Invertebrata Holothuroidea” yang dapat dimakan. Tripang tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, Mulai dari zona pasang surut atau dangkal, sampai laut ter dalam samudera hindia dan samudera pasifik barat.

Tripang adalah hewan yang termasuk bergerak lambat, yang hanya memiliki kecepatan 2 cm per-menit, sambil menyapu atau memakan sentimen zat hara ke dalam mulut nya. Hewan yang hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu ini, berhasil ditemukan oleh para ilmuan di kedalaman 2750 meter.

Tripang transparan diyakini sebagai salah satu spesies hewan purba bertubuh lunak yang berevolusi dalam rangka bertahan hidup dan berkembang biak. Dengan tubuh sangat transparan yang sehingga organ dalam nya terlihat ini, tripang memanfaatkannya sebagai perlindungan diri dari berbagai predatornya.

Tripang Transparan
Tripang Transparan (source: huffgpost)

3. Ikan Lele Kaca

Glass Catfish atau disebut juga dengan Ikan Lele Kaca, merupakan ikan lele berukuran kecil yang berasal dari asia. Ikan lele kaca yang mempunyai nama ilmiahnya Kryptopterus Vitreolus ini, oleh masyarakat sering di buat hiasan untuk aquarium. Lele kaca ini banyak ditemukan di sepanjang sungai-sungai, di bagian selatan Tanah Genting Kra yang mengalir pada teluk Thailand. Maka tak heran jika dinamakan asli ikan air tawar endemik Thailand.

Ikan lele kaca yang juga sering disebut juga sebagai lele hantu atau panthom lele ini memiliki tubih transparan yang disebabkan oleh kekurangan pigmen pada tubuh mereka. Pada umumnya, ikan lele kaca bisa tumbuh sepanjang 6,5 cm, namun ada juga beberapa jenis yang bisa tumbuh hingga 8 cm.

Ikan lele kaca yang hanya dijadikan sebagai ikan hias di aquarium ini, memiliki perilaku yang berbeda dengan ikan lele pada umum nya. Jika pada umum nya ikan lele suka berenang di pertengahan dan permukaan air, maka ikan lele kaca lebih suka dengan tempat gelap untuk bersembunyi.

Ikan Lele Kaca
Ikan Lele Kaca (source: InfoIkan)

4. Katak Transparan

Selanjutnya ada katak kaca yang pada awalnya Para ilmuan dari organisasi lingkungan hidup konservation international, dalam penelitian keragaman hayati di hutan lindung Nanga Riksa Ekuador dekat perbatasan Peru. Menemukan katak kaca atau kristal, yang disebut Hyalinobatrachium Pellucidum. Jenis ampibi ini yang berukuran lebih kecil dari kuku jari, dan berkulit transparan sehingga organ dalam nya tampak dari luar.

Kulit transparan katak ini memberikan keuntungan bagi mereka, karena bisa sedikit terlindung dari predatornya. Katak kaca ini hidup di pepohonan dan di antara tanaman di hutan pegunungan Amerika tengah dan selatan yang lembab. Karena badan nya yang transparan, katak ini hampir tidak terlihat di antara dedaunan, apalagi jenis katak ini kebanyakan aktif di malam hari, yang semakin membuat mereka sulit di temukan.

Selama musim kawin katak ini hidup di sepanjang sungai, dimana mereka akan bertelur di dedaunan yang menggantung di atas air sungai. Dan setelah selesai musim kawin, katak ini akan kembali hidup di dataran tinggi pepohonan. Namun sayang, spesies unik ini berada dalam status yang terancam punah.

Katak Transparan
Katak Transparan (source: jurnal)

5. Larva Transparan (Leptocephalus)

Terakhir ada Leptocephalus atau Larva Transparan, yang dikenal sebagai slim head atau kepala ramping. Organ tubuh Leptocephalus berukuran kecil dan hanya memiliki tabung sederhana untuk usus. Semua Leptocephalus memiliki tubuh yang rata dan mengandung zat transparan seperti jelly di dalam tubuh, dan lapisan tipis otot dengan myomeres terlihat dari luar.

Kombinasi organ hewan ini mengakibatkan Leptocephalus menjadi terlihat sangat transparan. Leptocephalus juga kekurangan sel darah merah, sampai mereka bermetamorfosis menjadi tahap belut kaca dewasa atau “Glass Eel”.

Leptocephalus berbeda dengan larva ikan lainnya, karena mereka tumbuh dengan ukuran lebih besar  dan memiliki usia larva yang lebih lama, sekitar 3 bulan hingga lebih dari satu tahun.

Leptocephalus bergerak renang dengan gerakan Anguilliform yang khas, dan dapat berenang baik maju dan mundur. Untuk makanan nya sulit menemukan makanan untuk Leptocephalus, karena tidak ditemukan nya Zooplankton yang biasa menjadi makanan larva pada umum nya dalam usus nya.

Larva Transparan (Leptocephalus)
Larva Transparan (Leptocephalus) (source: saludeficaz)

Namun baru-baru ini ditemukan bahwa Leptocephalus memakan partikel-partikel kecil yang mengambang bebas dilaut yang sering disebut dengan salju laut. Larva Leptocephalus hidup terutama di kedalaman 100 meter dari permukaan laut saat malam hari dan sedikit lebih dalam saat siang hari dan dapat ditemukan di laut seluruh dunia.

Lihat Juga

Thumbnails

10 Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

WisataPriangan.co.id – Ubur-ubur, mereke berenang bebas di laut lepas, dengan corak rupa dan warna yang mengagumkan, berenang ...