Home / Animal / 10 Hewan Paling Luar Biasa yang Hanya Dapat Ditemukan di Afrika

10 Hewan Paling Luar Biasa yang Hanya Dapat Ditemukan di Afrika

Dunia dipenuhi dengan beberapa makhluk terhebat yang dikenal manusia, dan sebagian lagi masih menunggu untuk ditemukan. Tentu saja, setiap benua memiliki keajaiban itu sendiri namun Afrika benar-benar memiliki beberapa hewan luar biasa yang hanya bisa ditemukan di sana. Jadi kami akan menuliskan daftar  10 hewan paling luar biasa yang hanya dapat ditemukan di Afrika.

Ya, seperti yang kita ketahui beberapa hewan seperti badak, singa dan zebra adalah hewan yang luar biasa dan patut kita lihat dan kagumi, tapi bagaimana dengan beberapa hewan langka yang bisa kita lihat dan layak di lestarikan?. Sebetulnya ada banyak hewan yang luar biasa dan tidak diketahui dunia secara umum, sehingga saat kita melihat mereka mungkin akan merasa bahwa kita melihat yang pertama kali nya.

Untungnya, ada banyak perusahaan satwa liar yang membantu melestarikan, mendidik untuk membuat nya tetap hidup serta memberikan pengetahuan untuk siapa saja yang mau melihatnya dari seluruh dunia tentang makhluk-makhluk menakjubkan ini.

10 Hewan Paling Luar Biasa yang Hanya Dapat Ditemukan di Afrika

1. Anjing Liar Afrika

Hewan langka yang satu ini cukup menarik. Dalam bahasa Latin, anjing liar afrika biasa disebut dengan serigala lukis (Painted wolf). Hal ini mengacu pada warna di tubuhnya yang tidak teratur Mereka memiliki tubuh berbintik-bintik yang menampilkan bercak pada bulunya yang berwarna merah, hitam, cokelat, putih, dan kuning. Setiap individunya memiliki pola warna yang unik tersendiri dan ukuran dari anjing jenis ini memiliki besar yang sama.

Berbeda dengan jenis anjing pada umum nya, anjing ini memiliki kaki yang lebih panjang dan hanya memiliki empat jari per kakinya. Selain itu anjing ini memiliki telinga yang cukup besar, dengan demikian anjing ini mempunyai kelebihan pendengaran nya lebih tajam dibanding pendengaran kita. Selain itu, telinga juga mempunyai tujuan tambahan dalam mengatur suhu tubuh mereka.

Anjing Liar Afrika
Anjing Liar Afrika (source: 10mosttoday)

2. Okapi

Okapi  adalah hewan eksklusif hutan hujan Republik Kongo. Sayangnya untuk makhluk cantik ini, dalam daftar yang terancam punah membuatnya cukup langka.

Hewan satu ini memiliki kesamaan belang kulit dengan zebra, dan okapi pun memiliki memiliki perkerabatan lebih dekat dengan jerapah. Kemiripannya dengan zebra dan jerapah menimbulkan dugaan adanya persilangan antara keduanya, tetapi walaupun adanya kesamaan ciri tertentu, hewan ini sebenarnya tidak secara dekat berkerabat dengan zebra.

Okapi Afrika
Okapi (source: Raul654 wikimedia)

3. Celurut gajah

Adalah hewan sejenis mamalia insektivora kecil asli Afrika yang tergolong familia Macroscelididae. Hewan ini dinamakan demikian karena memiliki moncong yang mirip seperti belalai gajah.

Celurut gajah tersebar luas di bagian selatan Afrika, dan dapat ditemukan di hampir semua jenis habitat, dari Gurun Namib hingga ke wilayah bebatuan yang bertebaran di Afrika Selatan serta hutan lebat. Salah satu spesies, celurut gajah Afrika Utara, hidup di wilayah semi kering, yakni di negara-negara pegunungan di ujung barat laut benua Afrika.

Celurut Gajah Afrika
Celurut Gajah Afrika (source: wikimedia)

4. Kudu Greater

Inilah hewan langka dan mengagumkan. Hewan ini berkaki empat memiliki per bentukan seperti rusa, namun Kudu dewasa memiliki tubuh yang besar dan kekar.

Kudu jantan mempunyai tanduk panjang dan unik, karena bentuk tanduk nya memanjang lurus namun sedikit melilit ke atas dan agak melebar ke samping, namun untuk betina tidak memiliki tanduk seperti halnya rusa betina.

Hewan satu ini sangat mengagumkan dan termasuk hewan cepat di Afrika. Kudu sering sekali terlihat di dekat semak-semak dikarenakan untuk perlindungan dari ancaman bahaya yang mengintai mereka.

Kudu jantan afrika
Kudu Jantan Afrika (source: wikimedia)

5. Gerenuk

Adalah sejenis antelop yang dapat ditemukan di Tanduk Afrika dan kawasan Danau Besar di Afrika Timur. Gerenuk sering di sebut Bazel Jerapah, karena memiliki leher dan kaki panjang namun tidak sepenuhnya panjang seperti jerapah.

Selain itu, Gerenuk jantan memiliki tanduk yang unik, meski tidak panjang namun sangat tajam dan agak melengkung ke bagian depan, dan untuk betina tidak memiliki tanduk.

Gerenuk juga sering kali terlihat berdiri tegak seperti kucing yang suka berdiri, hal ini karena mereka suka memakan dedaunan yang langsung dari batang pepohonan.

Gerenuk Jantan Afrika
Gerenuk Jantan (source: 10mosttoday)

6. Galago

Galago adalah jenis primata kecil keluarga Lorisidae yang berasal dari hutan hujan Afrika. Galago hidup di pohon dan aktif mencari makan pada malam hari. Mangsanya adalah serangga, burung kecil, dan buah-buahan. Ukuran terbesarnya menyerupai bajing atau tupai. Galago terkenal sebagai peloncat yang handal, dan loncatan nya dapat mencapai 2 meter dari dahan ke dahan.

Galago memiliki mata besar yang menggemaskan, dan juga jari-jari tangan dan kaki mereka seperti manusia. Galago juga sering di sebut sebagai bayi semak, karena jeritan yang mereka keluarkan saat menghadapi bahaya.

Galago Afrika Lucu
Galago Afrika

7. Musang Afrika

Musang ini terlihat lucu, karena hewan satu ini memiliki corak di sekeliling mata, dan terlihat mirip seperti Rakun. garis hitam dan bercak warna secara acak dan memiliki bulu yang tebal dan lurus membuat hewan satu ini sangat lucu.

Musang Afrika Lucu
Musang Afrika (source: wikimedia)

8. Shoebill (Burung Paruh Sepatu)

Nama binatang ini sebenarnya tidak memerlukan penjelasan tapi tampilan di wajahnya cukup tak ternilai harganya. Warna abu-abu yang indah di bulu-bulu nya cukup spektakuler untuk dilihat.

Hewan ini sangat unik, memiliki paruh yang besar namun badan nya kecil, burung ini sedikit terlihat seperti bangau, namun jenis nya sangat berbeda. Selain itu burung ini mempunyai jambul unik, meski sedikit namun ini sangat menawan dan terlihat gagah.

Burung Paruh Sepatu
Burung Paruh Sepatu (source: 10mosttoday)

9. Burung Jenjang Mahkota Abu-abu (Gray-Crowned Crane)

Nama nya cukup panjang, meski begitu penamaan yang serasi untuk jenis burung yang satu ini. burung ini cukup unik, dan terlihat sangat menawan, memiliki tubuh seperti bangau, namun berparuh kecil. Burung ini juga terlihat sangat menawan nan cantik karena memiliki mahkota unik sesuai penamaanya.

Burung ini bersarang di habitat yang lebih lembab, mereka juga dapat ditemukan di rawa, daerah bercocok tanam, dan dataran berumput dekat sungai dan danau di Uganda maupun Kenya. Saat ini burung jenis ini menghadapi ancaman yang disebabkan oleh pengeringan rawa, penggembalaan, serta polusi pestisida.

Burung Jenjang Mahkota Abu-abu
Burung Jenjang Mahkota Abu-abu (source: 10mosttoday)

10. Colobus Hitam Putih

Ini adalah salah satu monyet paling menarik yang mungkin belum pernah Anda temui. Monyet ini suka tinggal di pepohonan, oleh karena itu monyet jenis ini jarang sekali terlihat berada di tanah.

Monyet ini memiliki warna hitam dengan pekat dengan warna putih bagian wajah, dan rambut putih memanjang di bagian sisi mereka hingga pinggulnya, membuat mereka terlihat seperti memakai mantel.

Colobus Hitam Putih
Colobus Hitam Putih Afrika (source: awf)

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...